Pengertian dan Jenis-Jenis Segitiga

Mungkin Anda tidak asing dengan yang namanya segitiga. Contoh penerapan segitiga yang sering Anda jumpai adalah penggaris yang berbentuk segitiga. Apa sih sebenarnya segitiga itu? dan ada berapa jenis-jenis segitiga? Nah pada psotingan ini akan membahas mengenai pengertian segitiga dan jenis-jenis segitiga.

Pengertian Segitiga

Untuk memahami pengertian segitiga, coba perhatikan gambar segitiga di bawah berikut ini.

Perhatikan sisi-sisinya, ada berapa sisi-sisi yang membentuk segitiga ABC? Sisi-sisi yang membentuk segitiga ABC berturut-turut adalah AB, BC, dan AC.

Sudut-sudut yang terdapat pada segitiga ABC sebagai berikut.

  1. sudut A atau sudut BAC atau sudut CAB.
  2. sudut B atau sudut ABC atau sudut CBA.
  3. sudut C atau sudut ACB atau sudut BCA.

Jadi, ada tiga sudut yang terdapat pada sudut ABC. Dari uraian di atas dapat disimpulkan sebagai berikut. Segitiga adalah bangun datar yang dibatasi oleh tiga buah sisi dan mempunyai tiga buah titik sudut. Segitiga biasanya dilambangkan dengan “ Δ”.

Sekarang, perhatikan gambar di atas. Pada gambar tersebut menunjukkan segitiga ABC.

  1. Jika alas = AB maka tinggi = CD (CDtegak lurusAB).
  2. Jika alas = BC maka tinggi = AE (AEtegak lurusBC).
  3. Jika alas = AC maka tinggi = BF (BFtegak lurusAC).

Jadi, pada suatu segitiga setiap sisinya dapat dipandang sebagai alas, dimana tinggi tegak lurus alas. Dari uraian di atas dapat disimpulkan sebagai berikut. Alas segitiga merupakan salah satu sisi dari suatu segitiga, sedangkan tingginya adalah garis yang tegak lurus dengan sisi alas dan melalui titik sudut yang berhadapan dengan sisi alas.

Jenis-Jenis Segitiga

Jenis-jenis suatu segitiga dapat ditinjau berdasarkan

  1. panjang sisi-sisinya;
  2. besar sudut-sudutnya;
  3. panjang sisi dan besar sudutnya.
  1. Jenis-jenis segitiga ditinjau dari panjang sisinya

(i) Segitiga sebarang

Segitiga sebarang adalah segitiga yang sisi-sisinya tidak sama panjang. Pada gambar di bawah ini, AB  BC ≠ AC.

(ii) Segitiga sama kaki

Segitiga sama kaki adalah segitiga yang mempunyai dua buah sisi sama panjang. Pada gambar di bawah di bawah, segitiga sama kaki ABC dengan AB = BC.

(iii) Segitiga sama sisi

Segitiga sama sisi adalah segitiga yang memiliki tiga buah sisi sama panjang dan tiga buah sudut sama besar. Segitiga ABC pada di bawah ini merupakan segitiga sama sisi. Coba kalian sebutkan tiga buah sisi yang sama panjang dan tiga buah sudut yang sama besar.

  1. Jenis-jenis segitiga ditinjau dari besar sudutnya

Untuk mengetahui jenis-jenis segitiga ditinjau dari besar sudutnya, Anda harus tahu jenis-jenis sudut. Secara umum ada enam jenis sudut (silahkan baca: jenis-jenis sudut), yaitu

1) sudut lancip (0° < x < 90°);
2) Sudut siku-siku (90°);

3) sudut tumpul (90° < x < 180°);
4) Sudut lurus (180°)

5) sudut refleks (180° < x < 360°).

Berkaitan dengan hal tersebut, jika ditinjau dari besar sudutnya, ada tiga jenis segitiga sebagai berikut.

(i) Segitiga lancip

Segitiga lancip adalah segitiga yang ketiga sudutnya merupakan sudut lancip, sehingga sudut-sudut yang terdapat pada segitiga tersebut besarnya antara 0° dan 90°. Pada gambar di bawah ini, ketiga sudut pada Δ ABC adalah sudut lancip.

(ii) Segitiga tumpul

Segitiga tumpul adalah segitiga yang salah satu sudutnya merupakan sudut tumpul. Pada Δ ABC di bawah ini, sudut ABC adalah sudut tumpul.

(iii) Segitiga siku-siku

Segitiga siku-siku adalah segitiga yang salah satu sudutnya merupakan sudut siku-siku (besarnya 90°). Pada gambar di bawah ini, Δ ABC siku-siku di titik C.

  1. Jenis-jenis segitiga ditinjau dari panjang sisi dan besar sudutnya

Ada dua jenis segitiga jika ditinjau dari panjang sisi dan besar sudutnya sebagai berikut.

(i) Segitiga siku-siku sama kaki

Segitiga siku-siku sama kaki adalah segitiga yang kedua sisinya sama panjang dan salah satu sudutnya merupakan sudut siku-siku (90°). Pada gambar di bawah ini, Δ ABC siku-siku di titik A, dengan AB = AC.

(ii) Segitiga tumpul sama kaki

Segitiga tumpul sama kaki adalah segitiga yang kedua sisinya sama panjang dan salah satu sudutnya merupakan sudut tumpul. Sudut tumpul Δ ABC pada Gambar di bawah adalah sudut B, dengan AB = BC.

Demikianlah mengenai pengertian dan jenis-jenis segitiga. Postingan berikutnya akan membahas mengenai sifat-sifat. Bagaimana sifat-sifat segitiga pada umumnya dan bagaimana sifat-sifat segitiga istimewa? dan apa itu segitiga istimewa?

Baca Juga :  Notasi Himpunan, Anggota Himpunan, dan Menyatakan Himpunan