Cabang-Cabang Matematika

Cabang Matematika

Cabang utama matematika adalah aljabar, teori bilangan, geometri dan aritmatika. Berdasarkan cabang-cabang ini utama ini cabang-cabang lain telah ditemukan. Sebelum munculnya zaman modern, studi matematika sangat terbatas.

Namun seiring berjalannya waktu, matematika telah berkembang sebagai topik yang luas dan beragam. Perkembangan di bidang Matematika terus memberikan kontribusi yang besar pada bidang teknologi. Oleh karena itu, lebih baik disebut sebagai Ratu Ilmu Pengeahuan.

Dari sistem bilangan awal hingga bidang penelitian modern ilmu komputasi dan probabilitas, sejumlah bidang baru telah berkembang dengan basis matematika. Dengan perluasan ruang lingkup dan penggunaan subjek, ada kebutuhan yang sesuai untuk mengklasifikasikan berbagai cabang matematika.

Apa Saja Cabang Matematika?

Matematika dapat dikelompokkan secara luas ke dalam cabang-cabang berikut:

Aritmatika: Ini adalah yang tertua dan paling dasar di antara cabang matematika lainnya. Ini berkaitan dengan angka dan operasi dasar – penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, di antaranya.

Aljabar: Ini adalah sejenis aritmatika di mana kita menggunakan jumlah yang tidak diketahui bersama dengan angka. Aljabar sangat penting untuk dipelajari. Kuantitas yang tidak diketahui ini diwakili oleh huruf alfabet Inggris seperti X, Y, A, B, dll. Atau simbol. Penggunaan huruf membantu kita untuk menggeneralisasi rumus dan aturan dan juga membantu Anda menemukan nilai hilang yang tidak diketahui dalam ekspresi dan persamaan aljabar.

Geometri: Ini adalah cabang matematika paling praktis yang berhubungan dengan bentuk dan ukuran figur dan sifat-sifatnya. Elemen dasar geometri adalah titik, garis, sudut, permukaan, dan padatan.

Berikut adalah beberapa cabang matematika lain yang akan yang dipelajari di kelas yang lebih tinggi.

Trigonometri: Berasal dari dua istilah Yunani, yaitu trigon (berarti segitiga) dan metron (berarti pengukuran), itu adalah studi tentang hubungan antara sudut dan sisi segitiga.

Analisis: Ini adalah cabang yang mempelajari studi tentang laju perubahan dalam jumlah yang berbeda. Kalkulus membentuk dasar analisis.

Berikut ini pengelompokan cabang matematika

Matematika Murni terdiri dari : Teori Bilangan, Aljabar,  Geometri, Hitung, Kombinatorik, Topolog,

Analisis Matematika

Matematika Terapan terdiri dari : Kalkulus; Statistik dan Probabilitas; Teori Himpunan, Trigonometri

Baca Juga :  Proporsi