Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil Trimester 1 – 3

Di tengah masa kehamilan, menemukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil kadang tidak mudah khususnya jika sudah memasuki trimester ketiga. Hamil merupakan salah satu momen yang paling membahagiakan bagi seorang ibu. Akan tetapi di tengah suka cita kehamilan tersebut, ibu hamil juga kerap mengalami beberapa masalah. Salah satunya adalah kesulitan menemukan posisi tidur yang tepat dan bisa membuat nyaman. Padahal selama masa kehamilan, ibu wajib istirahat cukup demi tumbuh kembang janin yang lebih baik.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, sebanyak 78 persen ibu hamil mengalami masalah ketika akan tidur dengan nyaman. Kondisi ini terjadi karena bertambahnya ukuran janin dalam kandungan sehingga membuat ibu hamil kesulitan untuk menemukan posisi tidur yang nyaman. Agar bisa tidur dengan nyenyak, kamu perlu tahu apa saja posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda maupun hamil tua sekalipun. Jika kamu ingin tahu lebih jelas, simak ulasan kami berikut ini.

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

posisi tidur yang baik untuk ibu hamil di trimester 1 sampai 3

Kondisi kandungan yang semakin membesar, kadang membuat ibu hamil kesulitan untuk menemukan posisi tidur yang nyaman dan bisa membuat nyenyak. Ibu hamil membutuhkan tidur yang cukup demi kesehatan ibu dan janinnya. Akan tetapi jika posisi tidur tidak nyaman, pastinya akan menimbulkan gangguan tidur yang bisa berbahaya baik bagi ibu maupun janinnya. Oleh sebab itulah, untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, kamu perlu tahu beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil seperti berikut ini :

1. Tengkurap, Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Bagi ibu hamil yang baru memasuki trimester awal, tengkurap merupakan salah satu posisi tidur yang ideal. Posisi ini paling baik untuk ibu dengan usia kehamilan di bawah 1 bulan. Meskipun demikian, kamu masih bisa menggunakan posisi tidur ini hingga usia kehamilan ke 16 – 18 minggu. Tapi ingat, tengkurap tidak disarankan sebagai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 7 – 9 bulan karena justru bisa membahayakan janin dalam kandungan.

Di usia kehamilan muda, posisi tidur tengkurap masih aman untuk janin. Hal ini karena dinding rahim dan cairan ketuban akan melindungi bayi dalam rahim sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir terjepit. Jika khawatir dengan kondisi janin, ibu bisa menambahkan bantal tidur untuk perut. Posisi tidur seperti ini bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak.

2. Posisi Tidur Telentang untuk Ibu Hamil 2 Bulan

Di usia kehamilan memasuki 2 bulan, posisi yang baik adalah telentang. Pada usia kehamilan tersebut, ukuran janin masih belum terlalu besar sehingga posisi tidur telentang tidak akan menimbulkan masalah pada kehamilan. Akan tetapi agar lebih aman dan nyaman, kamu bisa menambahkan bantal pada belakang punggung.

Jika sudah memasuki trimester kedua dan ketiga, ada baiknya ibu hamil mulai menghindari posisi tidur telentang ini. Telentang bukan menjadi posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 5 bulan ke atas karena membuat ibu menyandarkan seluruh berat rahim dan bayi pada punggung, Tekanan tersebut bisa menyebabkan sakit punggung, wasir dan juga sistem pencernaan menjadi kurang efisien.

Tidur telentang di usia kehamilan trimester kedua membuat sirkulasi darah menjadi terhambat dan tidak lancar. Lebih parahnya lagi, posisi tidur ini bisa menyebabkan ibu sesak napas bahkan menyebabkan bayi meninggal dalam kandungan. Oleh sebab itulah, tidur telentang hanya disarankan sebagai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil selama trimester pertama saja.

3. Posisi Tidur Menyamping ke Kiri

Memasuki trimester kedua, biasanya ibu hamil akan semakin sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Hal ini karena kondisi janin yang sudah semakin bertambah besar sehingga membuat ruang gerak ibu menjadi semakin terbatas. Menyamping ke kiri merupakan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 2.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, tidur menyamping ke kiri merupakan posisi terbaik untuk ibu hamil karena membuat asupan oksigen dan nutrisi bisa lebih maksimal sampai ke janin. Tidur menyamping ke kiri juga memastikan ibu hamil tidak memberikan tekanan pada janin. Posisi tidur yang ideal ini juga bagus untuk kesehatan ginjal  yang mengurangi resiko pembengkakan tangan dan kaki pada masa kehamilan.

Ibu hamil yang telah memasuki trimester kedua, biasanya akan memiliki resiko lebih besar terserang sakit punggung. Posisi tidur menyamping ke kiri ini sangat membantu untuk mengurangi sakit punggung. Agar lebih nyaman, ibu bisa memberikan bantal di bagian bawah perut. Tidur menyamping ke kiri juga menjadi dianjurkan sebagai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 3 menjelang masa kelahiran.

4. Tidur Dengan Posisi Tiga Perempat

Kondisi perut yang semakin membesar memang membuat ibu hamil semakin sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Jika semua posisi tidur di atas masih membuat kamu tidak nyaman, ada baiknya coba tidur dengan posisi tiga perempat. Ini merupakan posisi tidur yang ideal bagi ibu hamil pada trimester ketiga.

Untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman ini, kamu bisa melakukan dengan pertahankan satu kaki ditekuk sedangkan satunya lagi terentang. Kemudian letakkan bantal di antara paha untuk membuat otot lebih rileks sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Tidur dengan posisi tiga perempat ini juga bisa digunakan sebagai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester pertama dan kedua. Agar lebih nyaman, kamu bisa menambahkan banyak bantal di sekeliling tempat tidur seperti bawah lengan, bawah perut, belakang punggung, dan juga bantal untuk menopang leher.

5. Posisi Tidur untuk Ibu Hamil 7- 9 Bulan dengan Topangan di Bawah Perut

Memasuki usia kehamilan 7 bulan, perut ibu hamil akan semakin membesar sehingga pergerakan ibu semakin terbatas. Bahkan untuk menemukan posisi tidur yang tepat pada usia kandungan tersebut sudah sangat sulit. Agar bisa tidur lebih nyaman, kamu bisa memberikan bantal di bawah perut untuk menopang tubuh bagian atas pada sudut 45 derajat. Kamu juga bisa meninggikan kepala tempat tidur beberapa inci agar posisinya lebih nyaman untuk tidur.

Jika ingin posisi tidur ibu hamil 6 bulan ke atas lebih nyaman, kamu juga bisa menambahkan bantal di antara paha ketika tidur. Cara ini mampu membuat otot kaki lebih rileks dan memperlancar aliran darah. Hasilnya ibu akan tidur lebih nyaman dan nyenyak. Dengan begitu tumbuh kembang bayi juga akan lebih maksimal.

Baca Juga :  8 Penyakit yang Muncul pada Musim Pancaroba, Awas!

6. Tidur Menggunakan Bantal Khusus Kehamilan

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, saat ini banyak tersedia barang-barang yang khusus dibuat untuk memberikan kenyamanan pada ibu hamil. Salah satunya adalah produk bantal khusus kehamilan yang diklaim mampu memberikan posisi tidur yang baik bagi ibu hamil. Bantal kehamilan didesain khusus yang disesuaikan dengan kondisi ibu hamil sehingga mampu memberikan kenyamanan saat tidur. Kamu bisa membeli bantal kehamilan ini di toko-toko khusus perlengkapan ibu hamil dan bayi. Menggunakan bantal khusus kehamilan juga tidak melanggar posisi tidur ibu hamil dalam islam.

7. Posisi Tidur Semi Tegak Lurus

Jika menggunakan bantal kehamilan masih tidak membantu menemukan posisi tidur yang nyaman bagi ibu hamil, mungkin kamu bisa mencoba posisi tidur semi tegak lurus. Cara ini bisa kamu coba jika tidak nyaman dengan posisi tidur dengan telentang atau miring. Tidur dengan semi tegak lurus ini biasanya merupakan posisi tidur yang yang cukup tepat untuk ibu hamil pada trimester tiga.

Kamu bisa mencoba posisi tidur semi tegak lurus ini di kursi atau sofa nyaman. Caranya turunkan sedikit sandaran tempat duduk atau kursi malas kemudian tambahkan bantal di beberapa sisinya. Atur posisi tempat duduk sampai kamu merasa nyaman dan bisa tidur dengan nyenyak. Cara ini juga bisa digunakan sebagai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda yang kerap merasa mual jika tidak secara telentang.