Cara Menghilangkan Ngantuk yang Mudah!

Ada beberapa cara menghilangkan ngantuk yang ampuh yang bisa kamu ikuti saat kamu merasa ngantuk. Di sini Qoala akan memberikan 10 cara yang bisa kamu ikuti. Cara-cara ini sebenarnya bukanlah suatu hal yang tidak biasa kita lakukan. Kamu sebenarnya hanya perlu mengubah kebiasaan kamu saat melakukan sesuatu. Cara yang akan kami berikan ini juga tidak akan memakan banyak uang sehingga kamu tidak harus menambah pengeluaran kamu untuk bisa menghilangkan ngantuk. Lakukan 10 kegiatan ini secara berkala untuk bisa membentuk kebiasaan yang akan membuat kamu tidak mudah mengantuk. Berikut adalah 10 cara menghilangkan ngantuk yang ampuh yang bisa kamu coba saat kamu merasa ngantuk.

1. Minum Kopi untuk Menghilangkan Ngantuk

Kamu bisa menghilangkan rasa kantuk dengan mengkonsumsi kafein. Kafein merupakan stimulan alami dan salah satu cairan paling banyak diminum di dunia. Kafein merupakan zat yang bisa kamu dapatkan dari teh dan kopi. Response fight or flight yang dipicu oleh zat ini bisa membuat rasa kantuk kamu hilang karena metabolisme tubuh makin optimal akibat jantung yang memompa darah secara lebih cepat. Kafein dapat meningkatkan konsentrasi, ingatan, dan juga refleks. Kamu tidak boleh mengkonsumsi kafein secara berlebihan karena kamu bisa sulit tidur, gelisah, dan sakit kepala. Jika kamu adalah seseorang yang sering merasa tidur dan mudah merasa lelah maka kamu harus mengurangi konsumsi kafein. Kamu bisa melakukannya secara bertahap dengan berhenti minum semua minuman yang mengandung kafein selama 3 minggu. Cara yang satu ini memang cukup efektif tetapi kamu harus tetap waspada.

2. Hindari Duduk Terlalu Lama

Kamu bisa lebih mudah mengantuk apabila kamu duduk terlalu lama atau duduk di suatu tempat yang sama terlalu lama. Namun hal ini adalah suatu hal yang sering dilakukan oleh semua pekerja kantoran di seluruh dunia. Tentunya hal ini akan membuat para pekerja tersebut lebih mudah mengantuk daripada seharusnya. Jika kamu adalah pekerja kantoran atau siswa yang lebih sering duduk daripada berjalan atau berdiri, maka kamu bisa menyempatkan diri untuk berdiri sesekali dan berjalan tempat yang dekat supaya aliran darah kamu tetap mengalir secara baik. Hal ini akan membuat tubuh kamu menjadi lebih enak dan juga kamu bisa menghilangkan rasa kantuk dengan lebih baik.

3. Sempatkan Tidur Siang Saat Jam Istirahat

Menyempatkan diri untuk tidur siang saat kamu memiliki jam istirahat juga merupakan cara yang cukup baik untuk menghilangkan rasa kantuk saat kamu bekerja atau belajar. Kamu tidak perlu tidur siang selama berjam-jam tetapi kamu bisa melakukannya hanya selama 15 sampai 30 menit. Tidur siang selama 15 sampai 30 menit bisa membantu tubuh kamu menjadi lebih segar saat kamu bangun. Tindakan yang masuk ke dalam kateogri cara sehat secara sederhana ini diberi nama power nap dan sudah dikenal bisa memberikan energi tambahan setelah kamu bangun. Pastikan untuk tidak tidur terlalu lama karena tidur terlalu lama bisa menyebabkan kamu merasa lelah saat kamu bangun dan pastinya kamu tidak ingin hal ini terjadi.

4. Jangan Menyantap Makan Siang yang Terlalu Berat

Jika kamu tidak memilih tidur saat kamu sedang memiliki jam istirahat maka kemungkinan besar kamu kamu memilih untuk makan makan siang. Makan siang adalah kegiatan yang bisa memberikan kamu energi tambahan supaya kamu tidak merasa lelah. Namun jika kamu memakan makanan dengan jumlah atau porsi yang berlebihan maka kamu akan lebih mudah mengantuk. Bukan hanya membuat kamu semakin mengantuk tapi kamu juga akan bisa menaikkan berat badan karena kamu jarang bergerak. Saat kamu memilih santapan pada makan siang, pilihlah makanan yang ringan. Jangan pilih makanan berat seperti nasi padang roti-rotian. Kamu bisa memilih sayur dan buah-buahan supaya kamu bisa lebih segar saat bekerja.

5. Cuci Muka Sebagai Cara Menghilangkan Ngantuk

Kamu bisa menghilangkan ngantuk secara cepat dengan cara membasuh wajah menggunakan air dingin. Air dingin akan membantu aliran darah di dalam tubuh bisa menjadi lebih lancar. Akan lebih baik lagi jika kamu mengangin-anginkan wajah kamu setelah kamu membasuhnya dengan air dingin. Angin yang bersemilir di wajah kamu akan membuat kamu lebih waspada dan menghilangkan rasa kantuk yang kamu rasakan. Sambil membasuh wajah, kamu juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk meregangkan tubuh supaya kamu merasa lebih semangat. Cara ini bukan hanya akan menghilang langkan rasa ngantuk tetapi kamu juga akan terlihat lebih segar setelah melakukannya.

6. Mendengarkan Musik yang Ceria Saat Bekerja

Musik adalah suatu hal yang bisa membuat kita bersemangat untuk melakukan sesuatu dan sangat baik untuk menghilangkan rasa kantuk. Musik dan irama yang cepat bisa memompa jantung untuk berdetak secara lebih cepat dan energi kamu akan meningkat. Musik dengan irama yang cepat juga bisa menghentikan otak untuk mengirim sinyal tidur. Kamu bisa memulai mendengarkan musik dengan musik yang iramanya lambat lanjutkan dengan musik yang iramanya cepat. Namun jika kamu berada di sekolah atau di kantor maka kamu harus meminta izin dulu dari guru atau atasan kamu. Kamu bisa menggunakan earphone atau headset supaya tidak mengganggu orang lain yang ada di sekitar kamu.

7. Lakukan Peregangan Ringan

Stretching atau peregangan, selain menjadi suatu pola dalam menjalankan hidup sehat, bisa juga untuk membantu kamu untuk menghilangkan rasa kantuk secara ampuh. Kamu bisa melakukannya di meja kantor dengan mudah. Kamu tidak perlu melakukan peregangan dengan gaya yang rumit. Lakukan saja peregangan peregangan yang mudah seperti merentangkan tangan, menggerakan kepala ke kanan dan ke kiri, dan memutar badan ke kanan dan ke kiri. Peregangan yang kamu sebutkan itu adalah peregangan yang sangat mudah dan bisa kamu lakukan di meja kantor. Kamu tidak perlu turun ke lantai atau bahkan membutuhkan alat lainnya untuk bisa melakukannya. Peregangan bisa membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar sehingga kamu akan lebih segar setelah melakukannya.

8. Sesekali Ngobrol dengan Teman

Berbicara dapat membuat fokus kamu yang tadinya ada pada pekerjaan yang bisa membuat kamu mengantuk, jadi ke pembicaraan yang menyenangkan. Coba datang ke salah satu meja tekan kamu untuk bisa memulai pembicaraan. Kamu bisa memulai pembicaraan ringan dengan teman sekantor kamu untuk membuat suasana menjadi lebih ceria. Atau coba untuk membicarakan hal yang berbau pekerjaan supaya kamu tidak dimarahi atasan kamu. Hal ini bukan hanya akan menghilangkan rasa kantuk, tapi juga bisa membantu kamu memiliki hubungan yang lebih baik dengan teman sekantor. Pastikan untuk melakukannya tidak terlalu sering supaya kamu tidak dimarahi atasan.

Baca Juga :  8 Fungsi Amnion Bagi Janin dalam Kandungan dan Strukturnya!

9. Minum Air Putih untuk Menghilangkan Ngantuk

Kafein memang bisa menghilangkan rasa kantuk secara ampuh tetapi kamu juga bisa menghilangkan rasa kantuk dengan cara meminum air putih. Terkadang orang bisa merasa mengantuk karena mereka kekurangan cairan di dalam tubuh. Rasa dehidrasi bisa membuat fokus di dalam otak hilang dan kamu bisa merasa ngantuk akibat hal itu.

Banyak minum air putih, selain untuk kesehatan dan awet muda, juga akan membuat kamu harus sering buang air kecil sehingga kamu harus lebih sering berjalan ke kamar mandi. Hal ini akan membantu kamu untuk lebih banyak bergerak supaya tidak mudah mengantuk. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, lebih banyak bergerak bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar sehingga kamu tidak mudah mengantuk.

10. Pastikan Ruang Kerja Memiliki Penerangan yang Cukup

Bekerja dalam penerangan yang remang-remang bisa membuat kamu lebih mudah mengantuk. Hal ini karena ruangan yang gelap atau remang-remang membuat mata menjadi lebih mudah lelah sehingga kamu juga jadi lebih mudah mengantuk. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan membeli lampu yang cukup terang dengan warna putih untuk membuat ruangan kamu memiliki penerangan yang cukup. Atau kamu bisa membuka gorden dan jendela supaya cahaya matahari yang bersinar bisa masuk ke dalam ruangan. Cara yang satu ini pastinya lebih mudah dan gratis sehingga kamu bisa langsung melakukannya sekarang. Dengan melakukan ini, kamu bisa mendapatkan fokus kamu kembali ke pekerjaan dan mendapatkan tambahan energi.