Facial Wash Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Memiliki wajah terawat adalah impian banyak orang. Bahkan, sebagian besar orang memutuskan untuk menggunakan perawatan khusus wajah di beberapa tempat. Selain menggunakan jasa perawatan kecantikan, sebenarnya kalian bisa lho menjaga kulit wajah secara mandiri.

Itu artinya kalian bisa melakukan tindakan perawatan kulit wajah secara pribadi di rumah. Hal ini tentunya membutuhkan dukungan produk-produk tertentu yang dipercaya mampu mempercantik dan merawat kulit.

Salah satunya adalah produk facial wash yang dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit wajah. Bagi sebagian besar wanita produk facial wash memang tidak begitu asing karena mereka sudah tahu kegunaanya sekaligus sudah dijual di berbagai tempat, baik itu di tempat khusus perawatan kecantikan atau di tempat lain seperti mini market.

Namun, apakah kalian tahu apa saja manfaat dan hal penting lain yang berhubungan dengan facial wash? Nah di dalam artikel ini ada penjelasan mengenai facial wash secara lebih lengkap lagi.

Pengertian Facial Wash

Hal pertama yang akan kita bahas bersama adalah pengertian dari facial wash itu sendiri. Facial wash adalah sabun pembersih wajah yang dibuat secara khusus untuk area wajah agar terlihat lebih bersih. Biasanya, penggunaan facial wash adalah waktu sebelum tidur, setelah menggunakan make up atau mungkin setelah bepergian dan lain sebagainya. Tak bisa dipungkiri jika area wajah adalah bagian paling sensitif dan memang harus dilakukan perawatan secara baik dan benar.

Oleh karena itu, penting bagi kalian, khususnya para wanita untuk menggunakan facial wash secara rutin sebagai pembersih kulit wajah agar kesehatan dan kebersihan kulit makin terjaga. Kegunaan facial wash sendiri sebenarnya bisa disesuaikan dengan jenis kulit.

Hal ini karena setiap manusia akan memiliki jenis kulit yang berbeda dan tentunya jenis perawatan yang dilakukan juga akan berbeda. Misalnya, formula facial wash yang dikhususkan untuk wajah dengan kondisi berjerawat dan normal nantinya akan berbeda produk yang digunakan. Hal ini juga berlaku untuk kulit sensitif dan kulit berminyak akan menggunakan formula produk facial wash yang berbeda pula.

Keberadaan facial wash akan membantu mempermudah proses membersihkan dan memberikan perawatan pada kulit wajah. Di mana ketika menggunakan facial wash pada kulit wajah, maka kotoran yang ada pada kulit wajah akan hilang, pori-pori akan terbuka serta bisa menghilangkan noda.

Manfaat Facial Wash

Saat ini, banyak orang mulai menggunakan produk facial wash yang terjual di berbagai tempat, misalnya di tempat khusus perawatan kulit atau wajah. Tentunya banyak orang menggunakan facial wash bukan tanpa alasan.

Pasalnya, facial wash bisa memberikan beberapa manfaat ketika digunakan. Nah mungkin kalian belum begitu tahu apa saja manfaat yang diberikan ketika menggunakan facial wash. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan kalian rasakan dan dapatkan dari penggunaan produk facial wash.

1. Mencegah Terjadinya Infeksi Mata

Setelah seharian kalian melakukan aktivitas, area sekitar mata tentunya tidak akan bisa terhindar dari adanya debu dan kotoran. Ketika debu dan kotoran di sekitar area mata tidak dibersihkan, tentunya akan semakin meningkatkan terjadinya infeksi seperti bengkak yang diakibatkan oleh debu yang menempel. Oleh karena itu, facial wash hadir untuk membantu para penggunanya agar terhindar dari kondisi tersebut.

2. Meregenerasi Kulit

Tahukah kalian ketika kita tidur, kulit kita akan melakukan proses regenerasi. Dalam proses tersebut nantinya sel-sel kulit baru yang lebih sehat akan menggantikan sel kulit mati. Oleh karena itu ketika kulit wajah kalian dalam keadaan kotor, tentunya proses regenerasi kulit juga akan mengalami kendala keterlambatan hingga mengakibatkan kondisi wajah tidak terlihat segar.

Perlu diketahui juga jika proses regenerasi kulit akan bisa menyebabkan kulit menjadi lebih bersih, sehat kenyal dan lembut sehingga terhindar dari potensi kerutan maupun garis penuaan. Menariknya, untuk membersihkan kulit wajah sebelum waktu tidur, kalian bisa memanfaatkan produk facial wash sesuai karakteristik kulit. Dengan begitu kondisi kulit kalian akan tetap bisa bersih dan beregenerasi tanpa adanya hambatan serta pada saat waktu pagi akan terlihat segar.

3. Mengurangi Potensi Hadirnya Jerawat

Mencuci muka ketika malam hari bisa mengurangi resiko munculnya jerawat. Apalagi jika kalian menggunakan facial wash yang bisa membantu membersihkan kulit wajah dengan lebih baik.

Jika kalian tidak membersihkan wajah sebelum tidur, maka besar kemungkinan debu dan kotoran akan menumpuk dan menyumbat pori-pori sehingga memunculkan banyak bakteri. Hal ini juga akan lebih besar resiko munculnya jerawat. Selain itu komedo juga bisa lebih berpotensi muncul pada kulit wajah jika kalian tidak mencucinya sebelum tidur.

4. Membersihkan Pori-pori Kulit

Mencuci muka menggunakan facial wash akan mampu menjadikan pori-pori kulit lebih bersih. Akan lebih maksimal lagi ketika klien melakukan teknik double cleansing. Caranya sangat mudah, hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan cleansing oil atau micellar water untuk membersihkan make up dan kotoran yang sudah seharian menumpuk di kulit wajah. Selanjutnya, kalian bisa mencuci kulit wajah dengan menggunakan facial wash.

5. Penggunaan Skincare Lebih Optimal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, agar skincare routine dapat bekerja dengan lebih baik, pastikan  dulu kulit wajah kalian dalam kondisi bersih. Oleh karena itu, kalian juga harus mencuci muka terlebih dahulu dengan facial wash yang berikutnya bisa kalian gunakan rangkaian skincare lainnya. Tak hanya itu saja, pasalnya mencuci muka juga bisa menjadikan kulit kalian lebih mudah menerima nutrisi secara lebih optimal dari skincare yang kalian gunakan.

Cara Menggunakan Facial Wash

Membersihkan kulit wajah dengan bantuan facial wash memang bisa dilakukan dengan mudah. Meski marah tetap saja harus ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika akan menggunakan facial wash sebagai pembersih kulit wajah.

Hal ini dilakukan agar kulit tetap terjaga kebersihannya serta bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan facial wash. Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam menggunakan facial wash.

1. Pastikan Tangan Dalam Keadaan Bersih

Cara pertama yang bisa kalian lakukan dalam penggunaan facial wash adalah dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Pastikan tangan kalian dalam kondisi bersih sebelum membersihkan kulit wajah. Sebab ada kemungkinan bakteri yang ada di tangan akan melompat dan berpindah ke area kulit wajah. Oleh karena itu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci kulit wajah memang bisa kalian lakukan.

2. Basuh Wajah Dengan Air Hangat

Agar bisa mendapatkan efek terbaik, gunakan air hangat suam kuku untuk membasuh kulit wajah kalian sebelum memutuskan menggunakan facial wash. Usahakan air tersebut tidak terlalu panas namun juga tidak terlalu dingin. Ketika kulit wajah sudah dingin setelah di basuh dengan air hangat, gunakan pelembab atau krim perawatan yang kalian miliki guna membantu penyerapan secara lebih sempurna.

3. Urutkan Pemakaian Produk Dengan Benar

Pastikan urutan produk yang kalian gunakan sebagai skincare routine dalam kondisi benar. Urutan yang tepat yang digunakan untuk membersihkan wajah bisa diawali dengan cleanser terlebih dahulu. Dimana cleanser akan berguna untuk membersihkan wajah dengan formula oil atau balm yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sisa make up yang selanjutnya residu akan diangkat oleh micellar water.

Langkah terakhir adalah dengan membersihkannya kembali menggunakan facial wash. Dengan melakukan urutan tersebut, kondisi kulit wajah kalian bisa dalam kondisi lebih bersih sempurna.

4. Hindari Penggunaan Facial Wash Yang Mengandung Scrub

Sebaiknya hindari penggunaan yang terlalu sering terhadap facial wash dengan kandungan scrub yang fungsinya sebagai exfoliation. Memang benar merawat kulit harus dilakukan dengan maksimal, namun juga tidak boleh secara berlebihan. Jika kalian kerap menggunakan scrub, maka jaringan kulit kalian akan mengalami iritasi hingga berakhir dengan rusaknya jaringan kulit. Pada akhirnya, bukan keindahan kulit yang akan kalian dapatkan, melainkan permasalahan kulit yang semakin parah.

5. Lakukan Dua Kali Sehari

Cara terakhir dalam menggunakan facial wash adalah dengan melakukannya sebanyak dua kali dalam satu hari. Sebisa mungkin hindari penggunaan lebih dari dua kali dalam  satu hari. Hal ini memiliki tujuan agar kelembaban pada area kulit wajah bisa lebih terjaga. Gunakan facial wash pada waktu hari untuk membersihkan sisa kotoran wajah yang menempel pada area kulit serta sisa sel kulit mati. Gunakan  juga facial wash pada waktu sebelum tidur untuk membersihkan sisa make up dan debu kotoran setelah seharian berada di luar rumah.

Tips Memilih Facial Wash

Saat ini produk facial wash memang sudah dijual secara bebas di berbagai tempat. Namun dari sekian banyaknya pilihan produk facial wash, kalian juga wajib untuk lebih jeli dalam pemilihan. Hal ini karena ketika kalian salah memilih facial wash bisa mengakibatkan wajah menjadi kusam dan berjerawat.

Jika terjadi hal tersebut, tentunya kalian akan mengalami kerugian. Oleh karena itu ketika akan melakukan pemilihan facial wash, kalian bisa mencoba menggunakan beberapa tips yang ada di bawah ini.

1. Ketahui Jenis Kulit Wajah

Hal pertama yang wajib kalian lakukan dalam pemilihan facial wash adalah mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang kalian miliki. Sebab satu produk facial wash belum tentu cocok dengan keburuhan semua jenis kulit wajah.

Sedangkan cara untuk mengetahui bagaimana jenis kulit wajah kalian adalah dengan mencuci muka pada waktu pagi hari dengan menggunakan air sambal dikeringkan secara perlahan menggunakan handuk. Diamkan terlebih dahulu kulit tersebut hingga kering sambal beraktivitas seperti biasanya.

Baca Juga :  Olahraga Yoga: dari Manfaat, Jenis, hingga Gerakan Dasar

2. Cek Kandungan Produk

Setelah mengetahui jenis kulit kalian, maka cara selanjutnya yang dilakukan dalam memilih facial wash adalah dengan mengetahui kandungan yang ada di dalam produk tersebut. Hal ini perlu dilakukan karena ada beberapa jenis kandungan tertentu yang bisa terbukti ampuh mengatasi permasalah pada satu jenis kulit namun tidak berhasil untuk kulit jenis lainya.

Jika kulit kalian terasa kering dan kencang, maka facial wash yang mengandung collagen adalah salah satu pilihan yang bisa digunakan agar kulit wajah yang kalian miliki tetap terjaga kelembabannya setelah dibersihkan.

Lalu, jika jenis kulit kalian memang mengalami kondisi sensitive, maka kalian bisa mencoba memilih produk dengan kandungan Beauty Serum yang mampu menjadikan kulit lebih lembut sekaligus memberikan nutrisi.

3. Pilih Sesuai Dengan Jenis Permasalah Kulit

Kalian juga harus memperhatikan bagaimana permasalahan kulit yang dimiliki ketika akan memilih facial wash. Secara umum setiap brand tertentu akan menawarkan produk dengan berbagai jenis kategori. Sebagai contohnya adalah produk yang secara khusus ditujukan kepada pemilik kulit kusam, berjerawat hingga hiperpigmentasi. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk tahu permasalahan apa yang dimiliki oleh kulit kalian agar bisa lebih mudah menyesuaikan jenis produk facial wash yang akan dipilih.

4. Ketahui Review Pengguna

Tak ada salahnya lho kalian untuk melihat bagaimana review orang lain terhadap produk facial wash yang akan kalian pilih. Hal ini karena pengalaman orang lain bisa menjadikan patokan apakah produk facial wash efektif terhadap jenis kulit dan permasalahan kulit yang sama dengan kulit kalian atau mungkin malah merugikan.

5. Hindari Membeli Facial Wash Dengan Kandungan SLS dan Paraben

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika kalian wajib banget mengetahui kandungan yang ada di dalam produk facial wash. Pastikan terlebih dahulu produk facial wash yang akan kalian beli memang sudah aman bagi kulit.

Sebisa mungkin  hindari membeli produk facial wash yang memiliki kandungan SLS dan paraben. Dimana dua kandungan tersebut bisa memungkinkan menjadi pemicu terjadinya iritasi dan breakout jika kulit kalian terlalu sensitif lho.

SLS memang memiliki tugas untuk menghilangkan minyak alami yang ada di area wajah. Namun jika kalian menggunakan produk dengan kandungan tersebut, lama-kelamaan kulit juga akan semakin mongering hingga akhirnya timbul sensasi tertarik.

Sedangkan untuk kandungan paraben biasanya berguna sebagai bahan pengawet agar skincare yang kalian miliki bisa bertahan lama. Oleh karena itu tidak disarankan untuk mengaplikasikan pada kulit pada jangkauan waktu lama. Meski begitu jika kadar paraben tidak melebihi 0,4 hingga 0,8 persen dan produk memiliki keterangan methylparaben, ethylparaben dan butyparaben masih bisa digunakan secara aman.

Facial Wash Alami

Selain menggunakan produk kimia facial wash, ternyata kita juga bisa lho membersihkan kulit wajah dengan berbagai jenis bahan alami. Keberadaan bahan alami yang digunakan untuk facial wash juga sangat mudah untuk dilakukan. Nah, jika kalian belum tahu apa saja jenis facial wash alami yang bisa digunakan. Berikut ini adalah rekomendasi beberapa jenis facial wash alami tersebut.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun menjadi salah satu pilihan bahan pembersih wajah alami yang digunakan pada jenis kulit kering, kulit berminyak dan kulit rentan berjerawat. Manfaat yang diberikan oleh minyak zaitun untuk kulit wajah adalah mampu berperan sebagai pelembap wajah alami dan menutrisi sekaligus menghaluskan kulit.

Hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan antioksidan dan lemak baik yang bisa mengurangi potensi radikal bebas serta meredakan iritasi kulit karena sunburn.

2. Minyak Alpukat

Berikutnya ada minyak alpukat yang juga bisa dijadikan pilihan pembersih kulit alami untuk kulit kering. Sebuah studi menjelaskan jika minyak alpukat memberikan manfaat pada wajah seperti melembabkan kulit kering dan pecah-pecah. Selain minyak alpukat, minyak almond juga bisa menjadi bahan sabun muka alami karena kaya akan kandungan asam lemak dan polifenol yang bisa berguna untuk memberikan nutrisi pada kulit dan melawan tanda penuaan.

3. Madu

Madu juga bisa memberikan banyak manfaat terhadap kulit wajah. Madu sendiri memiliki kandungan emolien, humektan dan memberikan efek tenang bisa memperlambat terjadinya keriput hingga mengatur pH kulit. Dengan begitu kulit wajah kalian akan tampak sehat, awet muda dan lebih bercahaya.

Nah, itulah beberapa penjelasan akan facial wash. Seluruh informasi yang berhubungan dengan facial wash bisa kalian dapatkan di atas.