Materi Surfing

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Surfing? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Surfing

Surfing merupakan salah satu jenis olahraga akuatik yang dapat dilakukan di permukaan air, dimana peselancar (surfer) naik di depan atau muka dari gelombang laut yang bergerak dan biasanya membawa surfer menuju pantai. Umumnya, surfing dapat dilakukan di pantai dengan gelombang yang cocok, tetapi juga dapat ditemukan di danau atau sungai dalam bentuk gelombang berdiri.


Sejarah Surfing

Berdasarkan catatan sejarah olahraga surfing pertama kali terdapat di benua Amerika dan ditemukan oleh seorang olahragawan yang bernama Joseph Banks salah satu pendiri pertama pada saat itu. Dengan seiringnya berjalan waktu, olahraga surfing mengalami perkembangan yang pesat di awal abad ke-20 pada khususnya di daerah-daerah terdekat dengat laut dan mempunyai ombak yang besar diantaranya, yaitu:

  1. Aceh Besar
  2. Pulau Nias
  3. Amerika
  4. Australia
  5. Sumatera Utara
  6. Pantai Lhok Nga

Surfing dapat dilakukan dengan cara mempunyai papan yang dibuat dari kayu yang terbaik sehingga dapat melakukan kemampuan surfing yang eksepsional.


Jenis-Jenis Surfing

Olahraga surfing dapat terbagi menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut:

1. Bodysurfing

Bodysurf adalah elemen berselancar paling murni yang dapat surfer miliki yaitu berenang, tanpa menggunakan papan selancar. Keterampilan berenang cukup cepat untuk menangkap kekuatan gelombang yang lewat dan kemudian menggunakan permukaan perencanaan alami tubuh kita untuk meluncur ke pantai.


2. Bodyboarding

Bodyboarding adalah dasar-dasar menunggang ombak di papan berbuih, namun yang lain membangun kekuatan binaraga mereka hingga tingkat yang luar biasa. Menyaksikan bodyboarder berputar, membalik, dan memasang barel raksasa di ombak besar adalah pengalaman yang menyenangkan. Penggunaan sirip, pusat gravitasi rendah, dan papan fleksibel memberi keuntungan bagi bodyboarder dalam gelombang besar yang berlubang.


Teknik Surfing

1. Teknik Popping Up

Teknik Popping Up yakni suatu teknik yang dapat dilakukan setelah mencapai jarak di tengah pantai untuk mendapatkan ombak yang cukup besar dan hentikan kayuhan. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik ini, yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan melakukannya dengan bisa berenang.
  • Segera letakkan kedua telapak tangan ke atas papan.
  • Dorong tubuh ke atas dengan menggunakan kedua tangan.
  • Gunakan salah satu kaki untuk dapat membantu dan memberikan tolakan dengan menginjak papan surfing.
  • Biarkan kaki yang lainnya mengikuti gerakan ke atas.
  • Popping up harus dilakukan secara cepat.
  • Pastikan kondisi pada pijakan kaki yang stabil supaya dapat untuk menguasai gerakan dengan sempurna.
  • Saat nanti akan melakukannya lihat kodisi gelombang yang bergoyang-goyang.

2. Teknik Paddling

Teknik paddling yakni suatu teknik yang paling dasar untuk dapat melakukan olahraga ini karena dengan menguasai teknik ini maka peserta akan mudah untuk melakukannya. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik ini, yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan terlebih dahulu kita harus bisa berenang ke tengah pantai.
  • Pastikan membawa papan surfing bersama kita.
  • Lakukan berenang sambil membawa papan surfing.
  • Ambil papan surfing sambil mengayuh menggunakan kedua tangan.
  • Pastikan berbaring dengan posisi yang tepat dan hidung berada tepat di atas permukaan air.
  • Jangan terlalu jauh atau kurang jauh ke depan.
  • Dan yang terakhir rapatkan jemari supaya tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Beberapa teknik di atas memiliki tujuan yaitu harus mengeluarkan terlalu banyak tenaga sehingga posisi tubuh di atas papan surfing selain itu juga harus di lengkungkan tubuh ke atas permukaan laut untuk memperlambat kayuhan papan.


Peraturan Surfing

Sebenarnya aturan yang terdapat dalam berselancar terkadang di anggap hal yang sepeleh karena dapat mengacu pada arus pantai dalam melakukan aktivitas surfing ini. Adapun beberapa aturan dalam melakukan surfing, yaitu sebagai berikut:

1. Cukup Fit

Cukup fit yakni sebuah peraturan yang akan menyebabkan banyak tenaga yang terkuras dan pastikan tubuh berada dalam kondisi optimal pada saat menuju ke pantai.


2. Tetap di Zona Aman

Tetap di zona aman yakni sebuah peraturan yang dapat menyebabkan risiko munculnya akibat ombak yang besar secara tiba-tiba sehingga dapat ditentukan oleh penjaga pantai yang lebih terisolir dari keramaian.


3. Watch and Learn

Watch and leran yakni sebuah peraturan yang akan dapat menyebabkan makes perfect sehingga selalu berada di dalam air dan dapat menyaksikan ombak yang datang dengan baik.


4. Enjoy

Enjoya yakni sebuah peraturan yang akan dapat menyebabkan cedera sehingga untuk melakukan kegiatan ini harus dengan keadaaan dan posisi yang enjoy dan dalam kodisi tubuh yang sehat.


5. Perhatikan Kondisi Sekeliling

Perhatikan kondisi sekeliling yakni sebuah peraturan yang akan dapat menyebabkan dengan ombak tinggi dan sepi pengunjung dan saat terjun ke dalam air kondisi ombak harus terjaga dengan baik sehingga tidak terjadi cedera.


Manfaat Surfing

1. Meningkatkan Fleksibilitas

Olahraga surfing dapat memberikan manfaat yaitu salah satunya untuk membantu dalam meningkatkan fleksibilitas tubuh dan tidak hanya membantu kamu untuk menjadi peselancar yang lebih baik, tetapi juga dapat membantu mencegah cedera ringan di masa depan.


2. Membakar Kalori

Olahraga surfing yang dilakukan secara rutin akan memperkuat inti kaki dan tubuh melalui gerakan yang terus berubah karena tingginya gelombang di laut. Oleh karena itu, berselancar selama 30 menit atau 60 menit dapat membakar hingga 130 – 260 kalori pada tubuh.


3. Memperkuat Otot-Otot

Surfing yang dilakukan juga akan memperkuat otot punggung dan bahu menjadi lebih kuat. Selain itu juga dapat memperkuat otot kaki karena dalam surfing membutuhkan keseimbangan ketika kaki kamu berada di papan selancar.

Baca Juga :  Pengertian, Alat Fasilitas, Teknik , Dan Peraturan Dalam Permainan Bulu Tangkis Terlengkap

4. Membantu Menghilangkan Stres

Olahraga surfing, termasuk olahraga yang dapat meningkatkan adrenalin, dimana surfing menawarkan cara untuk melepaskan stres dalam kenyataan. Sehingga, sejenak kamu dapat melupakan masalah sambil berselancar di ombak dan pikiran akan terfokus hanya pada bagaimana menaklukkan gelombang berikutnya dengan cepat dan berani.


5. Menyerap asupan Vitamin D

Olahraga surfing yang dilakukan akan menyerap vitamin D, dimana vitamin D yang kamu terima berasal dari sentuhan sinar matahari sehingga sangat penting untuk tulang yang kuat, karena mengatur jumlah kalsium dan fosfor dalam darah. Vitamin D juga dapat membantu agar dapat mengatur pertumbuhan sel – sel pada kulit.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai Materi Surfing Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.