Materi Voli Pantai

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Voli Pantai?  Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Voli Pantai

Permainan voli pantai merupakan jenis permainan bola voli yang dimainkan di atas pasir pantai yang terdiri dari dua tim yang mana masing – masing tim terdiri atas 2 pemain sehingga total pemain voli pantai sebanyak 4 orang pemain. Voli pantai merupakan jenis varian dari permainan bola voli yang membedakannya adalah voli pantai dilakukannya di atas pasir pantai, sedangkan voli biasa dimainkannya di lapangan indoor maupun outdoor.


Sejarah Voli Pantai

Pada tahun 1920-an untuk pertama kalinya voli pantai dimainkan di kota Santa Monika, California. Berlanjut pada 1930-an, olahraga voli pantai ini mulai berkembang di Benua Eropa. Perkembangan olahraga voli pantai ini berjalan dengan lambat karena permainan voli pantai baru populer pada 1980-an.

Juan Antonia Samaranch, Ketua Komite Olimpiade lnternasional pada tahun 1994, berkunjung ke sebuah acara di Rio de Janeiro. Juan diyakinkan tentang kemampuan olahraga voli pantai. Pada akhirnya tahun 1996, voli pantai telah dilakukannya pertandingan voli pantai di Olimpiade Atlanta.

Pada Olimpiade yang dilakukan Federation Internationale de Volleyball, voli pantai masuk dalam kategori salah satu cabang olahraga yang banyak digemari. Olimpiade voli pantai ini telah diikuti oleh 24 tim dan ada dua negara yang mendominasi pada pertandingan ini, yakni negara Amerika Serikat dan Brazil, baik dalam kategori putra atau putri dengan meraih tujuh medali emas.

FIVB World Tour pertama kali diadakan pada tahun 1998 yang dilakukan para pemain putra dan putri. Kemudian pada 1999, diadakan kejuaran dunia yang diselenggarakan di Eropa untuk pertama kalinya. Negara Brazil pada tahun 2000 telah melakukan dominasi musim pertandingan voli pantai untuk para pemain putra yang telah memenangkan sembilan dari tiga belas acara pertandingan. Untuk pemain putrinya didominasi oleh Amerika yang telah memenangkan tujuh dari tiga belas acara pertandingan.


Teknik Voli Pantai

1. Teknik Bloking

Teknik bloking adalah suatu teknik yang digunakan untuk dapat meredam serangan lawan dengan menghalangi laju perputaran bola yang datang menuju area pertahanan kita . Teknik ini dilakukan di depan net atau jaring.


2. Teknik Passing

Teknik passing adalah suatu teknik yang dilakukan dengan cara meng–over bola kepada kawan untuk mengatur ritme bola sehingga ketika akan melakukan penyerangan sudah mempunyai tumpuan bola yang akurat. Teknik ini sangat diperlukan dalam olahraga voli pantai.

Terdapat beberapa jenis passing dalam permainan ini diantaranya passing bawah dan passing atas.

  1. Passing atas adalah suatu teknik memukul yang dilakukan dari atas dengan badan jongkok, lutut sedikit ditekuk, dan badan agak condong ke depan. Selanjutnya, posisi siku ditekuk dengan jari-jari terbuka untuk membentuk setengah lingkaran bola dan ibu jari serta jari-jari yang lain akan membentuk segitiga. Ketika menyentuh bola dengan semua jari-jari, kedua tangan digerakkan dengan lurus.
  2. Passing bawah adalah memukul bola dari arah bawah dengan posisi badan jongkok, lutut agak ditekuk, posisi kedua tangan dirapatkan. dan gerakan tangan disesuaikan dengan kerasnya kecepatan bola.

3. Teknik Service

Service adalah teknik memukul bola untuk menghidupkan permaianan. Permainan dengan teknik service terdapata beberapa cara untuk melakukan service yakni service dengan ayunan tangan dari arah bawah ke atas, service dengan ayunan tangan dari samping, service dengan ayunan tangan , dan yang terakhir adalah jump smash.

Didalam melakukan serve ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemain sebelum melakukan serve yaitu sikap badan, pandangan mata, dan waktu atau timing atau perkiraan waktu memukul bola serve.


4. Teknik Smash

Teknik smash adalah suatu teknik yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan keras dan menghujam tepat ke arah area pertahanan lawan untuk mendapatkan poin atau nilai. Untuk dapat melakukan pukulan smash ini harus memperhatikan aspek awalan, tolakan, pukulan dan pendaratan tubuh serta posisi lawan.


Manfaat Voli Pantai

1. Pengkondisian Daya Tahan Tubuh

Daya tahan yakni salah satu komponen kunci untuk membentuk tonus otot. Dengan bermain bola voli di pasir, para pemain voli pantai dipaksa untuk melakukan banyak gerakan pada bagian kaki agar melakukannya dua kali lebih keras dibandingkan dengan permainan bola voli biasa yang dilakukan di lapangan ataupun ruangan. Tentunya dengan hal ini dapat menguatkan dan mengencangkan otot dan menciptakan latihan yang intens bagi seluruh tubuh.


2. Meningkatkan kelincahan/ketangkasan

Permainan voli pantai tentunya akan menjaga keseimbangan dan stabilitas kpemain di lapangan pasir. Dengan dilakukannya permainan di atas pasir yang terus-menerus bergeser di bawah kaki para pemaian, tentunya para pemain dipaksa untuk dengan cepat mengubah posisi. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan denyut jantung kita dan mengaktifkan otot-otot yang dapat berkedut secara cepat, dimana seringkali terabaikan dalam sebagian besar latihan.


3. Menyediakan aktivitas sosial luar ruang

Bola voli pantai memberikan kesempatan untuk keluar, berolahraga, dan mendapatkan teman baru karena dilakukannya di luar ruangan. Olahraga ini mempunyai reputasi sebagai kegiatan spontan di mana permainan seadanya biasa dilakukan. Ketika kita berada di komunitas bola voli pasir, tentunya kita pasti akan bertemu banyak orang baru dan apabila sudah menemukan banyak orang baru banyak pula kegiatan atau aktivitas yang dapat kita ikuti nantinya.


4. Latihan kardiovaskular

Permainan bola voli dalam ruangan dikenal karena dapat melatih kardiovaskular secara intensif. Tuntutan permainan akan memaksa pemain untuk dapat melakukan lompatan dan lari, dimana kegiatan tersebut akan meningkatkan detak jantung dan daya tahan mereka.

Lapangan pasir yang digunakan dalam permainan voli pantai ini mampu menciptakan resistensi atau daya tahan. Hal tersebut akan meningkatkan intensitas latihan kardiovaskular, yang membakar lebih banyak kalori. Seiring berjalannya waktu, pemain bola voli mengembangkan daya tahan dan stamina yang sangat baik.


Peraturan Voli Pantai

Peraturan dasar permainan voli pantai yakni sebagai berikut :

  • Servis dilakukan secara bergantian.
  • Pelatih tidak di perbolehkan memasuki lapangan permainan.
  • Dalam permainan voli pantai lapangan yang digunakan berbeda dengan lapangan Voli Indor yaitu pada Voli Pantai luas lapangan adalah 8 x 8 m dan tidak memiliki garis 3 meter (garis serang) sedangkan pada voli indor lebar lapangan voli indor adalah seluas 9 x 9 meter.
  • Permainan voli pantai ini tidak memerlukan adanya pemain cadangan sehingga stamina para pemain masing-masing tim harus benar-benar kuat.
  • Jumlah point yang akan didapatkan pada pertandingan voli pantai tiap set nya berjumlah 21. lapangan yang digunakan juga sangatlah berbeda dengan voli indor, pada voli pantai lapangan yang digunakan hanya beralaskan pasir pantai.
  • Permainan voli pantai tidak terdapat garis pembatas / Garis tengah lapangan
  • Permainan voli pantai yang menyebrang ke area lawan melalui bawah net tidak dapat dianggap sebagai sebuah pelanggaran selama yang dilakukannya tidak mengganggu pihak lawan.
  • Permainan voli pantai melewatkan bola dilakukannya dengan ujung jari-jari yang dianggap sebagai pelanggaran teknik ini dikenal dengan istilah Opend-hands Dinks.
  • Pada permainan voli pantai tidak perlu adanya dilakukan perputaran posisi pemaian karena voli pantai hanya 2 orang saja.
  • Pada permainan voli pantai menggunakan bola yang sedikit lebih kecil namun berat dan lebih lunak dibandingkan dengan bola yang digunakan dalam voli indor. Karena mempunyai tujuan yaitu apabila pertandingan dilakukan di tepi pantai yang mempunyai angin yang relatif kencang, dengan penggunaan bola yang sedikit berat dan lunak menjadikan bola tidak terlalu tertiup dan terbawa angin.
  • Perpindahan lapangan dapat dilakukan pada jumlah point kedua tim yang bertanding telah mencapai kelipatan angka 7 (7,14,21,28……….. dst).
  • Para pemain voli pantai ini bermain tanpa menggunakan sepatu, karena permainan ini dilakukan di atas pasir pantai sehingga tidak memerlukan alas kaki.
Baca Juga :  Materi Bola Basket

Perlengkapan Voli Pantai

1. Bola Voli Pantai
Ketentuan bola dalam permainan voli pantai diantaranya yakni:

  • Warna bola lebih cerah.
  • Diameter Lingkaran / keliling bola (66 – 68 cm untuk FIVB Kompetisi Internasional).
  • Berat bola (260 – 280 gram).
  • Tekanan dalam bola (171-221 mbar atau hpa (0,175 – 0,225 kg/cm2).

2. Lapangan Voli Pantai
Ukuran lapangan voli pantai berbeda dengan lapangan voli biasa, tapi tanpa garis 3 meter. Lapangan voli yang umum mempunyai panjang 18 meter dan lebar 9 meter dengan tinggi net 2,43 meter untuk putra dan 2,24 meter untuk putri.
Pada permainan pantai, ukurannya lebih sempit. Apabila permainan voli ruangan setengah lapangan 9 x 9 meter, maka untuk voli pantai ukuran setengahnya, yaitu 8 x 8 meter.

3. Pemain Voli Pantai
Jumlah pemain setiap regu terdiri atas 2 pemain. dapat keduanya putra untuk kelas laki-laki dan keduanya putri untuk kelas wanita.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai Voli Pantai : Pengertian, Sejarah, Teknik, Manfaat, Peraturan & Perlengkapnnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.