Materi Futsal

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Futsal? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Futsal

Futsal merupakan salah satu jenis suatu jenis permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim, sama halnya seperti sepak bola. Tetapi, Futsal masing-masing tim terdiri dari 5 orang pemain. Tujuan utama dalam permainan futsal yaitu memasukan bola kedalam gawang lawan, sehingga akan mendapatkan skor.


Pengertian Futsal Menurut Para Ahli

1. Menurut Justinus Lhaksana

Futsal yakni suatu jenis permainan bola yang dimainkan secara cepat dengan segi lapangan yang kecil.


2. Menurut John D. Tenang

Futsal yakni suatu jenis permainan bola yang dimainkan oleh dua regu, yang masing – masing beranggotakan lima orang. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan mempunyai pemain cadangan.


3. Menurut Dendy Sugono

Futsal yakni suatu jenis olahraga permainan sepak bola dengan lapangan dan gawang lebih kecil yang dimainkan di lapangan yang cukup besar dengan 5 orang pemain.


4. Menurut Roeslan Hatta

Futsal yakni suatu jenis permainan sepak bola mini yang dipertandingkan dalam sebuah ruangan dengan panjang lapangan 38 sampai dengan 42 m dan lebar 15 sampai dengan 25 m.


5. Kamus Pintar Futsal

Futsal yakni suatu jenis permainan bola yang dimainkan oleh dua regu dengan 5 anggota di setiap regu dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan.


Sejarah Futsal

Pada tahun 1930 seorang yang bernama Juan Carlos Ceriani Gravier yang merupakan seorang guru olahraga di sebuah sekolah Uruguay menciptakan olahraga futsal. Awal mulanya, terjadi karena pada saat itu juan ingin mengajar muridnya untuk bermain sepak bola, tetapi keadaan di luar tidak memungkinkan karena sedang hujan deras.

Juan menghentikan latihan itu dan kemudian dia pun terpikir untuk mengadakan latihan kepada murid – muridnya di dalam ruangan. Karena ruangan yang tidak memungkinkan untuk 11 lawan 11, maka juan menyuruh muridnya untuk 5 lawan 5 secara bergantian. Dari kegiatan itulah, juan terpikir untuk membuat olahraga yang menyerupai sepak bola yang ia namai futsal.

Olahraga futsal semakin terkenal di seluruh Benua Amerika Selatan, Brazil sebagai negara yang banyak melahirkan pemain bintang dan sering menjuarai kompetisi – kompetisi. Akhirnya, olahraga futsal diakui oleh FIFA dan mengadakan kejuaraan dunia pertama pada tahun 1989 di Rotterdam, Belanda. Yang menjadi juara dalam kompetisi tersebut adalah Brazil.


Teknik Futsal

1. Teknik Fisik

Permainan futsal sangat dituntut untuk bergerak dan berlari dengan kecepatan. Maka dari itu, setiap pemain futsal diharuskan memiliki fisik yang kuat karena, dengan adanya fisik yang kuat akan menghasilkan kecepatan lari yang kencang dalam olahraga futsal.


2. Teknik Mengontrol bola

Teknik mengontrol bola yaitu dapat menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan telapak kaki sebelah depan dengan memanfaatkan sol sepatu. Setiap pemain sangat penting untuk menguasai teknik mengontrol bola agar tidak mudah direbut pihak lawan.


3. Teknik Menendang Keras (Shooting)

Teknik menendang keras yang efektif dalam permainan futsal adalah dapat dilakukan dengan cara menendang bola menggunakan ujung kaki/ sepatu, karena teknik ini mampu membuat bola melesat cukup kencang dan tetap bergerak lurus.


4. Teknik Pengumpan (Passing)

Umpan atau passing dapat dilakukan dengan menggunakan beragam sisi kaki, yakni dapat dengan kaki bagian dalam, dengan kaki bagian luar, dengan ujung kaki, dengan tumit, atau dengan sisi bawah kaki. Tetapi, yang paling baik adalah menggunakan kaki bagian dalam dengan arah mendatar atau umpanan panjang yang menyusur tanah, sebab dengan cara tersebut umpanan akan mempunyai akurasi paling baik apabila dibandingkan dengan lainnya.


5. Teknik Kecepatan

Pemain futsal dituntut untuk menguasai teknik kecepatan. Teknik kecepatan diperlukan guna mengalirkan bola dan bergerak memberikan umpan sehingga dapat menciptkan gol ke gawang lawan. Pemain futsal yang memiliki kecepatan tentunya dapat digunakan untuk mengecoh dalam penjagaan lawaan dan cepat dalam menyusun strategi yang baik pula untu melakukan penyerangaan.


6. Teknik Menggiring (Dribbling)

Pemain futsal harus mempunyai kemampuan dalam menggiring bola yang bertujuan untuk mengecoh pertahanan gawang lawan. Terdapat beberapa teknik dalam menggiring bola yang harus dikuasai pemain futsal, yaitu sebagai berikut:

  • Dribbling menggunakan kaki bagian dalam
    Pemain yang mengunakan teknik dribbling menggunakan kaki bagian dalam tentunya dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan apabila pemain menggunakan kaki kanan atau sebaliknya.
  • Dribbling menggunakan kaki bagian luar
    Pemain yang menggunakan teknik dribbling kaki bagian luar, maka pemian dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Tapi teknik ini tidak dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan jika menggunakan kaki kanan, begitupun sebaliknya.
  • Dribbling menggunakan bagian punggung kaki
    Pemain yang menggunakan dribbling bagian punggung kaki dapat menggiring bola dengan arah lurus jika tidak ada lawan yang menghalangi. Namun, dalam teknik ini sangat tidak efektif apabila digunakan untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri maupun kanan.

Manfaat Futsal

1. Menghilangkan stress

Futsal banyak sekali digemari banyak orang karena merupakan olahraga yang cocok dilakukan bersama teman-teman sehingga dapat menghilangkan stress sejenak akibat kegiatan sehari-hari yang meletihkan.


2. Melatih Kreativitas

Futsal dalam olahraga juga dapat membutuhkan kreativitas tinggi dalam menciptakan kemenangan. Futsal yang dilakukan di ruangan yang sempit diharuskan pemain melewati musuh agar dapat menghasilkan gol. Sehingga, tidak salah jika olahraga futsal memang baik untuk dapat mengasah otak kanan.


3. Meningkat Kecepatan Berpikir (Quick Thinking)

Futsal tidak hanya dibutuhkan kebugaran jasmani saja, melainkan juga membutuhkan pikiran yang prima. Sehingga, dalam futsal dibutuhkan kecepatan dan improvisasi taktik yang tepat. Dengan hal ini, memiliki kecepatan berpikir akan membantu begaimana membuat masalah untuk lawan menjadi hal yang menguntungkan untuk tim.


4. Menjaga dan Menambah Kebugaran Tubuh

Futsal juga dapat menjaga dan menambah kebugaran tubuh. Olahraga futsal yang dilakukan secara rutin setiap minggunya maka akan dapat membakar 650 kalori sangat baik bagi kamu yang menjalankan program diet. Selain dapat membakar kalori, futsal juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta memperlancar sirkulasi oksigen dalam tubuh.


5. Melatih Kekompakan

Olahraga futsal dilakukan dengan dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing tim terdiri dari 5 pemain. Jadi tidak bisa hanya seorang yang berperan yang lainnya tidak. Jika tim ingin menguasi pertandingan dan menjadi pemenang maka harus bermain dengan kompak.


Peraturan Futsal

1. Syarat Pemain

Pemain dalam olahraga futsal terdapat 2 tim yang saling bertanding, mempunyai 12 orang pemain dalam satu tim, yang terdiri dari 5 pemain utama dan 7 pemain cadangan.


2. Syarat Bola

Bola yang digunakan wajib berbentuk bulat / bulat yang terbuat dari materi kulit dengan diameter 62 cm hingga dengan 64 cm. Serta mempunyai berat 400 gr hingga dengan 440 gram. Pada saat permainan futsal terjadi kerusakan atau pecah dalam bola, maka bola wajib digantikan dengan yang gress dan kemudian diletakan bola yang gress sempurna dimana bola pertama mengalami kerusakan.

Baca Juga :  Cara Renang Penyelamatan Di Air Terlengkap

3. Syarat Lapangan

Dalam setiap ajang kompetisi, lapangan futsal harus di buat dengan kayu atau materi buatan yang rata, dan dilarang memakai materi yang membahayakan ibarat beton. Adapun ukuran lapangan futsal.

  • Ukuran lapangan futsal pada kompetisi Internasional
    Panjang: 38 m hingga dengan 42 m
    Lebar: 20 m hingga dengan 25 m
  • Ukuran lapangan futsal pada kompetisi Nasional:
    Panjang: 25 m hingga dengan 42 m
    Lebar: 16 m hingga dengan 25 m

4. Gawang Futsal

Futsal mempunyai gawang yang memiliki lebar gawang yaitu 3 m diukur dari bagian dalam tiang, sedangkan tingginya yaitu 2 m diukur dari bagian dalam tiang palang atas gawang kelantai. Setiap tim tentunya memiliki gawang masing-masing yang ditempatkan dibagian tengaah masing-masing garis gawang. Jaring gawang dibuat dengan menggunakan nilon, yang telah diikatkan ke tiang dan palang gawang. Kedalaman gawang yakni sedalam 80 cm untuk bagian atas gawang, dan 100 cm untuk bagian bawah.


5. Durasi Waktu

Lama waktu pertandingan futsal sesuai dengan yang ditetapkan oleh FIFA yaitu dalam satu pertandingan terdiri dari 2 babak, yang masing – masing babak berdurasi 20 menit dan sesudah selesai babak pertama, diberi waktu 15 menit istirahat.


6. Jumlah Wasit

Dalam olahraga futsal resmi, ada 4 wasit yang mengatur jalannya pertandingan, yaitu.

a. Wasit utama / Main referee

  • Memeriksa para pemaian futsal apakah sudah memakai perlengkapan sesuai aturan.
  • Meluruskan peraturan pertandingan futsal yang berlaku dengan setegas – tegasnya.
  • Mencatat apapun yang terjadi di dalam lapangan dikala pertandingan sedang berlanggsung.
  • Memberikan eksekusi bagi pemain futsal yang melakukan pelanggaran.
  • Memeriksa lapangan dan bola futsal yang akan digunakan telah sesuai dengan peraturan sebelum pertandingan dimulai.
  • Memberhentikan jalannya suatu pertandingan kalau ada pelanggaran atau gangguan dari luar lapangan.

b. Wasit Kedua / The 2nd referee

  • Mengawasi pergantian bola.
  • Mempunyai catatan seluruh pelanggaran yang terjadi dalam pertandingan.
  • Mencatat jumlah gol dalam sebuah pertandingan.
  • Saat salah satu tim telah melaksanakan 5 kali pelanggaran, wasit ketiga akan menawarkan tanda kepada wasit utama.
  • Mempunyai catatan pemain yang ada dalam lapangan.
  • Mengecek pemain cadangan sebelum masuk ke dalam lapangan.

c. Penjaga waktu / The timer keeper

  • Memberikan tanda kalau pertandingan akan segera berakhir.
  • Mengecek durasi waktu pertandingan futsal sesuai dengan peraturan.
  • Menyalakan alat penghitung waktu dikala kick – off dimulai.
  • Menghentikan alat penghitung waktu dikala bola keluar lapangan atau terjadinya pelanggaran.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Futsal : Pengertian, Sejarah, Teknik, Manfaat & Peraturannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.