Pengertian dan Contoh Besaran Secara Fisika

Untuk menguasai ilmu fisika konsep dasar yang harus Anda kuasai adalah konsep besaran, karena konsep ini merupakan konsep dasar. Dari tingkat SD samapai tingkat SMA bahkan sampai diperguruan tinggi konsep ini terus digunakan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai pengertian besaran secara fisika. Apa sih itu besaran fisika? “Binatang” apakah besaran fisika itu? Penasaran? Oke langsung aja ke topik.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar sepeda motor bergerak dengan kecepatan 100 km/jam, dokter mengukur suhu badan pasien, waktu yang ditempuh oleh pelari 100 menit untuk menyelesaikan lomba, panjang penggaris budi 30 cm,  pemandangan dipegunungan sangat indah, aktor yang ganteng, dan pejabat yang jujurKecepatansuhupanjang dan waktu dapat diukur dengan alat dan dapat dinyatakan dengan angka. Oleh karena itu, kecepatansuhupanjang dan waktu merupakan besaran fisika atau cukup ditulis besaran saja. Indahganteng dan jujur bukan besaran fisika karena tidak dapat dinyatakan dengan angka dan tidak dapat diukur dengan alat.
Motor balap bergerak dengan kecepatan tertentu
Jadi secara fisika besaran dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang bisa dinyatakan dengan angka dan dapat diukur dengan alat ukur. Dalam ilmu fisika, suatu besaran selalu diikuti oleh satuannya. Apa pengertian satuan?
Baca Juga :  Apa Definisi Satu Sekon atau Satu Detik?