Pengertian Present Perfect Continuous Tense

Banyak orang yang menganggap present perfect continuous sebagai tense yang sangat rumit. Padahal kenyataannya tidak serumit yang kamu bayangkan. Bahkan, dalam konteks bahasa Indonesia, kalimatnya sering kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari.

Masalahnya kamu masih belum familiar ketika menggunakannya dengan bahasa Inggris. Jadi agar kamu bisa mengenal lebih jauh tense ini, yuk simak pembahasan lengkapnya di sini. Mulai dari pengertian, fungsi, rumus, hingga contoh kalimatnya.

Pengertian present perfect continuous tense

Present perfect continuous adalah pola kalimat (tense) yang dipakai untuk menyatakan peristiwa atau kejadian yang di masa lalu dan masih terus berlangsung sampai saat ini. Mudahnya, tense ini digunakan untuk menjawab pertanyaan “How long” alias berapa lama.

Nah, karena menjawab pertanyaan “how long”, maka tense yang mempunyai nama lain present perfect progressive ini selalu berhubungan dengan durasi suatu kejadian atau peristiwa atau kegiatan yang ada hubungannya dengan masa sekarang.

Dengan kata lain, present perfect continuous membicarakan tentang berapa lama suatu kegiatan berlangsung sebelum saat ini. Itulah mengapa, tense ini identik dengan kata keterangan waktu “since” atau “sejak” dan “for” atau “selama”.

Fungsi present perfect continuous tense

1. Mengungkapkan kejadian atau peristiwa yang terjadi dari dulu sampai sekarang

Present perfect continuous bisa kamu gunakan ketika ingin menyatakan suatu kejadian yang terjadi dari dulu sampai sekarang. Atau gampangnya kamu ingin mengatakan durasi keberlanjutan suatu kejadian.

Misalnya:

I have been playing guitar for 6 years (Aku telah bermain gitar selama 6 tahun).

2. Menyatakan kejadian yang baru saja selesai

Kamu juga bisa menggunakan tense ini untuk menyatakan kejadian yang baru saja selesai. Dengan catatan, kamu memang tertarik dengan hasil kejadian tersebut dan tidak menggunakan keterangan durasi waktu seperti since, for, atau yang lainnya.

Contohnya:

Recently, I have been reading too many books (Baru-baru ini aku terlalu banyak membaca buku).

3. Menyatakan kejadian yang sudah selesai dan masih ada hubungannya sampai sekarang

Fungsi yang ketiga ini sedikit berbeda dari fungsi yang pertama. Sebab di sini, kamu menyatakan kejadian yang sudah selesai di masa lalu, namun masih ada hubungannya sampai sekarang.

Contohnya:

They have been memorizing the script since two hours ago. (Mereka telah menghafal naskahnya sejak dua jam yang lalu).

4. Menyatakan kejadian yang berlangsung dalam suatu periode

Present perfect continuous juga bisa digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang berlangsung dalam suatu periode. Dalam fungsi ini, kejadiannya bisa jadi sedang berlangsung saat berbicara namun bisa jadi tidak, tergantung konteks nya.

Namun, biasanya jika kejadiannya sedang berlangsung saat berbicara, ada tambahan kata “all + kata keterangan waktu” dalam kalimatnya. Contohnya: “She is very tired because she has been writing all day. (dia sangat kelelahan karena dia telah menulis sepanjang hari). Dalam kalimat tersebut, bisa jadi dia masih menulis saat ini atau bisa juga baru saja selesai.

Untuk fungsi yang ketiga ini, beberapa kata kerja seperti learn, live, lie, sleep, sit, study, wait, rain, dan work yang menyatakan keberlangsungan bisa juga digunakan dengan present perfect tense.

Misalnya: I’ve waited here for two hours (Aku sudah menunggu di sini selama dua jam). Namun, kebanyakan digunakan dengan present perfect continuous sehingga kalimatnya menjadi “I’ve been waiting here for two hours”.

5. Menyatakan kejadian berulang-ulang

Fungsi yang kelima dari tense ini adalah untuk menyatakan kejadian yang dilakukan berulang-ulang. Contohnya “Indra has been playing game every night for the past week” (Indra telah bermain game setiap malam selama seminggu belakangan).

6. Menyatakan kesimpulan

Fungsi yang terakhir dari present perfect continuous adalah untuk menyatakan bahwa kamu sudah sampai pada kesimpulan setelah melihat bukti secara langsung maupun tidak langsung.

Misalnya: Your eyes are red, you’ve been crying since last night. (Matamu terlihat merah, kamu pasti telah menangis sejak kemarin malam).

Selain itu, tak jarang present perfect continuous digunakan juga untuk menyatakan keluhan. Contohnya “This room stinks, someone has been smoking in here since this morning” (ruangan ini sangat bau, seseorang telah merokok di sini sejak tadi pagi).

Rumus present perfect continuous tense

Rumus present perfect continuous, sama seperti tense yang lainnya, digunakan dalam tiga bentuk, yaitu positif, negatif, dan pertanyaan (interogatif). Masing-masing rumusnya bisa kamu lihat di sini:

Kalimat positif

Untuk membuat sebuah kalimat positif dengan present perfect continuous, kamu bisa menggunakan rumus subject + have / has + been + Verb-ing. Kata “have” dan “has” di sini harus disesuaikan dengan subjeknya.

Jika subjeknya singular, gunakan kata “has” sementara jika subjeknya plural, gunakan kata “have”. Misalnya:

“Aji has been watching superhero movies since last week” (Aji sudah menonton film superhero sejak minggu lalu)

“Aji and his friends have been watching superhero movies since last week” (Aji dan teman-temannya sudah menonton film superhero sejak minggu lalu).

Kalimat negatif

Setelah mengetahui rumus kalimat positif, membuat kalimat negatif pada tense ini tidak terlalu sulit. Sebab kamu hanya perlu menambahkan kata “not” diantara “have/has” dengan “been”, sehingga rumusnya menjadi subject + have / has + not + been + verb-ing. 

Contohnya:

“Aji has not been watching superhero movies since last week” (Aji sudah tidak menonton film superhero sejak minggu lalu).

Kalimat interogatif

Kalimat tanya atau interogatif dalam present perfect continuous dimulai dengan kata “has” atau “have”, baru kemudian diikuti oleh subject dan been, setelah itu baru kata kerjanya. Jadi rumusnya adalah: Have / has + subject + been + verb-ing. 

Baca Juga :  Penjelasan Jenis Preposition (Kata Petunjuk) dan Contoh Kalimatnya

Contohnya:

“Have Aji and his friends been watching superhero movies since last week?” (Apakah Aji dan teman-temannya sudah menonton film superhero sejak minggu lalu?)