Memahami Past Continuous Tense

Bagi sebagian orang, masa lalu bukan sekadar cerita biasa yang bisa dilupakan saja. Lebih dari itu, mereka menganggap masa lalu sebagai kenangan dan memori yang ikut membentuk mereka saat ini. Karena itu, mereka cenderung senang menceritakan kenangannya pada orang lain. Terutama kenangan yang sangat berkesan. Bagi pendengar, cerita mereka bisa jadi pelajaran maupun hiburan, apalagi kalau dikemas dengan baik.

Nah, bicara soal masa lalu, pernahkah kamu menceritakannya menggunakan bahasa Inggris? Kalau belum, tenang saja, kamu bisa belajar dari sekarang. Sebagai permulaan, kamu bisa mulai dengan belajar past continuous tense.

Mengapa harus mulai dari sini? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak pembahasan mengenai past continuous tense di bawah ini. Nanti setelah membaca semuanya, kamu pasti tahu alasannya.

Pengertian Past Continuous Tense

Past continuous tense adalah pola kalimat yang digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung di suatu waktu pada masa lalu atau bersamaan dengan kegiatan lainnya. Mirip seperti present continuous tense, bedanya dalam tense ini kegiatannya terjadi di masa lalu bukan saat ini. Kalau begitu, mengapa tidak menggunakan simple past tense yang juga menyatakan kegiatan di masa lalu?

Karena past continuous dan simple past menyatakan dua kejadian yang berbeda. Kalau past continuous kejadiannya sedang berlangsung, sementara simple past kejadiannya sudah selesai. Biar lebih jelas, simak contoh kalimat di bawah ini deh:

“Jo read the newspaper and his brother wrote a letter”. Ini adalah kalimat simple past tense yang artinya Jo membaca koran dan adiknya menulis surat. Kegiatan membaca koran dan menulis surat ini sudah selesai saat kalimat tersebut diucapkan.

Sementara itu, dalam konteks past continuous, kalimatnya akan menjadi “Jo was reading the newspaper while his brother wrote a letter”. Dalam kalimat ini, Jo sedang membaca koran ketika adiknya menulis surat. Namun ingat, keduanya terjadi di masa lalu.

Kalau dilihat dari bentuk kata kerjanya, simple past menggunakan Verb 2 sedangkan past continuous menggunakan was/were ditambah verb-ing. Tenses bahasa Inggris identik dengan perubahan kata kerja seperti ini. Oleh karena itu, kamu harus memahami seperti apa perubahannya, baik untuk regular verb maupun irregular verb.

Past continuous vs. past perfect continuous tense

Selain dengan simple past, past continuous kadang tertukar dengan past perfect continuous. Soalnya kedua tense ini sama-sama menyatakan kegiatan yang berlangsung dan disela oleh kegiatan lainnya. Perbedaannya, kegiatan dalam past continuous tetap berlanjut setelah kegiatan penyela selesai. Sementara dalam past perfect continuous, kegiatannya berhenti setelah kegiatan penyela selesai. Misalnya:

My sister was playing when I came home.” Dalam kalimat ini, adik saya melanjutkan kegiatan bermainnya setelah saya datang ke rumah. Sementara dalam kalimat ini:

“My sister had been playing when I came home.” Adik saya tidak melanjutkan kegiatan bermainnya saat saya pulang ke rumah.

Rumus past continuous tense

Rumus kalimat past continuous dibedakan menjadi dua, tergantung jenis kalimatnya. Yang pertama adalah kalimat verbal dan yang kedua adalah kalimat nominal.

Verbal

Kalimat verbal, sesuai namanya, merupakan kalimat yang mengandung kata kerja di dalamnya. Rumus kalimat verbal ini terdiri dari tiga jenis, yaitu kalimat positif, kalimat negatif, dan kalimat interogatif.

Baca Juga :  Penggunaan "Do/Does' Pada Simple Present Tense Kelas 7 SMP