Contoh Pengumuman Dalam Bahasa Inggris

Dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita kerap mendapati yang namanya pengumuman. Keberadaan dari pengumuman ini biasanya untuk menyampaikan informasi penting kepada orang tertentu atau kepada khalayak umum.

Tak hanya menggunakan bahasa Indonesia saja, namun pengumuman juga kerap pengumuman menggunakan bahasa Inggris. Teks pengumuman dalam bahasa Inggris kerap disebut sebagai announcement.

Dilihat dari pengertiannya, announcement adalah proses atau cara maupun perbuatan yang digunakan untuk mengumumkan atau memberitahukan sebuah informasi penting. Seperti yang dijelaskan di awal jika dalam kehidupan sehari-hari kita kerap mendengar yang namanya pengumuman.

Misalnya ketika terjadi suatu peristiwa penting, kegiatan atau informasi penting lainnya, maka pengumuman akan disebarluaskan dengan tujuan agar audiens seperti masyarakat umum  bisa membaca maupun mendengar isi dari pengumuman tersebut.

Pengumuman atau announcement bisa disampaikan dengan suara maupun hanya dituliskan dalam bentuk teks. Bentuk penyampaian pengumuman tersebut akan disesuaikan pada kebutuhan dan sifatnya.

Tentunya pembuatan dan penyampaian pengumuman memiliki tujuan tersendiri seperti agar bisa di dengar. Misalnya seperti pengumuman di kereta yang akan disampaikan melalui suara ketika kereta tersebut berhenti maupun sampai di stasiun yang dituju, pengumuman kelulusan suatu sekolah, pengumuman kejuaraan perlombaan tertentu dan lain sebagainya.

Mengingat pengumuman atau announcement begitu penting keberadaannya. Tak ada salahnya bagi kita untuk lebih paham mengenai pengumuman dalam bahasa Inggris. Nah kalian bisa banget nih  baca contoh pengumuman dalam bahasa Inggris yang ada di sini agar lebih tahu bagaimana bentuknya.

Pengertian Announcement

Sebelumnya telah dijelaskan secara singkat mengenai apa itu pengumuman atau jika dalam bahasa Inggris adalah announcement. Announcement bisa diartikan sebagai pernyataan atau pemberitahuan secara resmi, baik itu dalam bentuk lisan maupun tertulis yang di dalamnya akan berisikan sesuatu untuk diketahui oleh semua orang.

Meski begitu tidak semua orang mendengar atau membaca pengumuman tersebut adalah orang yang memang berkepentingan atas pengumuman tersebut. Announcement bisa kita dengan atau kita baca di berbagai macam jenis media. Sebagai contohnya adalah pengumuman lisan di sekolah atau di tempat-tempat umum lainnya.

Lalu untuk contoh pengumuman tertulis bisa kita baca di papan pengumuman atau di majalah dan di koran.

Tujuan Announcement

Dibuatnya announcement bukan tanpa tujuan. Pasalnya keberadaan dari announcement adalah untuk memberitahukan informasi terkait dengan berbagai macam jenis hal penting. Misalnya tentang acara, lowongan pekerjaan, penerimaan murid baru, penerimaan mahasiswa baru dan lain sebagainya. Tentunya pemberitahuan informasi melalui announcement kepada audiens akan disampaikan secara formal.

Jenis-jenis Announcement

Karena tujuan dari announcement adalah memberikan informasi untuk hal-hal penting kepada pihak tertentu atau masyarakat umum. Tentunya jenis dari announcement juga cukup banyak. Meski sudah kerap kita temui pengumuman di media tertentu. Namun tak semua orang tahu apa saja jenis announcement tersebut. Kebanyakan orang hanya tahu jika apa yang disampaikan adalah pengumuman tanpa tahu jenisnya.

Nah agar kalian tak bingung lagi sebenarnya apa sih jenis-jenis announcement itu. Tentunya beberapa jenis announcement yang ada di bawah ini bisa kalian pahami.

  1. Public service announcements
  2. High school graduation announcements
  3. Job announcements
  4. Promotion announcements
  5. Marriage and wedding announcements

Tak hanya lima jenis announcement seperti yang dijelaskan oleh poin di atas saja. Namun jenis announcement masih ada yang lainya lagi tergantung konteks dan acara yang  diumumkan.

Ciri-ciri Announcement

Sama dengan pengumuman dalam bahasa Indonesia. Announcement dalam bahasa Inggris juga memiliki beberapa ciri penting. Mempelajari apa itu announcement tentunya akan lebih lengkap bagi kita untuk mengetahui ciri dari announcement itu sendiri.

Di bawah ini adalah  beberapa ciri dari announcement yang bisa kalian baca dan pahami lebih lanjut.

  1. Announcement memiliki judul atau jenis kejadian.
  2. Pembuatan announcement biasanya akan menggunakan simple present tense, namun tak jarang juga  akan menggunakan simple future tense.
  3. Announcement akan menggunakan kata penghubung atau conjunction.
  4. Adanya keterangan waktu seperti date atau tanggal, time atau waktu dan place atau tempat di dalam bagian announcement.
  5. Announcement biasanya akan ada address dan contact person yang bisa dihubungi.
  6. Announcement akan memuat peristiwa tertentu atau acara.
Baca Juga :  Nama Hari, Bulan, Tahun dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Artinya