Belajar Regular Verb & Contoh Regular verb

Mempelajari bahasa asing pada era sekarang tentu merupakan sebuah keharusan. Masuknya dunia ke era globalisasi telah membuat masyarakat lebih mudah untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang asing. Tentunya kita tidak ingin malu ketika berbicara menggunakan bahasa asing bukan? Itulah mengapa pentingnya mengasah bahasa asing sejak sekarang.

Anda yang baru memulai belajar bahasa inggris tentu harus lebih dulu memahami tentang penggunaan kata kerja (verb) dalam bahasa inggris. Bagi Anda yang sedang mempelajari mengenai Tenses atau bentuk-bentuk dasar dari kata kerja dan struktur bahasanya, maka Anda akan merasa tidak asing dengan istilah Regular Verb dan Irregular Verb.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Regular Verb, akan lebih baik jika Anda mampu memahami terlebih dahulu komponen dasar dari sebuah Verb. Tidak seperti dalam bahasa Indonesia yang semua kata kerjanya memiliki bentuk yang sama untuk menyatakan kondisi lampau dan sekarang, dalam bahasa inggris ada perbedaan dasar dari bentuk kata kerja untuk menunjukkan sekarang, lampau, dan lampau yang masih dilakukan sekarang.

Pembagian kata kerja (verb) dalam bahasa inggris dibedakan menjadi tiga, yaitu Infinitive (V1), Simple Past (V2), dan Past Participle (V3). Infinitive merupakan bentuk kata dasar dari sebuah kata kerja (tidak terikat bentuk waktu lampau maupun sekarang). Simple Past adalah bentuk kata kerja untuk menjelaskan kejadian lampau. Sedangkan Past Participle adalah kata kerja untuk menjelaskan kejadian lampau yang sudah terjadi dan benar-benar selesai dilakukan.

Past Participle dapat berfungsi sebagai kata sifat ataupun sebagai bagian dari kata kerja (verb). Nah, sudah jelas kan mengenai perbedaan bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris? Untuk lebih memahaminya, silakan simak artikel berikut yang akan membahas secara mendalam dan detail mengenai pengertian Regular Verb, struktur bahasa dari Regular Verb, contoh-contoh Regular Verb, serta latihan (soal dan pembahasan) mengenai Regular Verb.

A. Pengertian Regular Verb

Pengertian Regular Verb adalah bentuk kata kerja beraturan yang memiliki aturan pasti dalam membentuk simple past tense dan past participle dari kata kerja tersebut. Dalam bahasa inggris, aturan “pasti” yang dimaksudkan tersebut yaitu menambahkan “-ed” atau “-d” ke dalam bentuk dasar kata kerja untuk membuat bentuk lampau.

Temukan berbagai contoh verb lainnya pada buku Phrasal Verb Dictionary: Kamus Phrasal Verb Bahasa Inggris yang merupakan buku induk sekaligus panduan yang bisa Grameds gunakan untuk lebih memahami berbagai varian kata kerja.

B. Contoh Regular Verb

Pada bagian ini Anda akan belajar dan mengetahui contoh-contoh dari Regular Verb beserta artinya:

Base Form (V1) Simple Past 

(V2)

Past Participle (V3) Arti Kata
Accept Accepted Has Accepted Menerima
Arrive Arrived Has Arrived Tiba
Avoid Avoided Has Avoided Menjauhi
Borrow Borrowed Has Borrowed Meminjam
Call Called Has Called Memanggil
Deliver Delivered Has Delivered Mengantar
Earn Earned Has Earned Mendapatkan
Gather Gathered Has Gathered Mengumpulkan
Happen Happened Has Happened Terjadi
Improve Improved Has Improved Memperbaiki
Increase Increased Has Increased Meningkatkan
Like Liked Has Liked Menyukai
Listen Listened Has Listened Mendengarkan
Miss Missed Has Missed Merasa kehilangan / Merindukan
Open Opened Has Opened Membuka
Pass Passed Has Passed Melewati
Prepare Prepared Has Prepared Mempersiapkan
Reject Rejected Has Rejected Menolak
Save Saved Has Saved Menyelamatkan / Menyimpan
Sew Sewed Has Sewed Menjahit
Treat Treated Has Treated Memperlakukan
Terrify Terrified Has Terrified Menakuti
Travel Travelled Has Travelled Bepergian / Jalan-jalan
Vanish Vanished Has Vanished Melenyapkan / Menghilangkan
Yawn Yawned Has Yawned Menguap
Wonder Wondered Has Wondered Penasaran
Baca Juga :  Pengertian Verb Phrase: Fungsi, Rumus, Contoh & Soal