Jam dalam Bahasa Inggris disertai Contoh dan Cara Membacanya

 Membaca jam termasuk dalam salah satu kosa kata dasar yang sering digunakan dalam percakapan, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Oleh karena, apabila kamu ingin menguasai bahasa Inggris terutama mahir dalam percakapan dalam bahasa Inggris maka perlu menguasai kosa kata jam serta cara membacanya dalam bahasa Inggris.

Sebelum mengetahui jam dalam bahasa Inggris, kamu juga perlu mengetahui bahwa dalam bahasa Inggris, ada berbagai macam cara untuk membaca jam.

Sesuai dengan fungsi maupun kondisi yang diperlukan. Agar Grameds dapat mahir dalam membaca jam dalam bahasa Inggris, simak artikel ini hingga akhir ya!

Jam dalam Bahasa Inggris, Contoh serta Cara Membacanya

nama jam dalam bahasa inggrisPerlu diperhatikan, dalam bahasa Inggris umumnya membaca jam menggunakan A.M serta P.M dan bukan 24 jam seperti cara membaca jam dalam bahasa Indonesia. Penggunaan A.M serta P.M ini memiliki kepanjangan tersendiri.

A.M merupakan kependekan dari “ante meridiem” yang digunakan untuk menunjukan atau menyebutkan waktu atau jam di antara pukul 00.00 hingga pukul 12.00 tengah malam. Sedangkan P.M merupakan kependekan dari “post meridiem”  yang digunakan untuk menunjukan atau menyebutkan waktu atau jam di antara 12.00 siang hingga 00.00 malam.

Cara membaca jam dengan menggunakan A.M dan P.M ini merupakan cara termudah serta banyak digunakan oleh banyak orang. Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa ada beberapa cara yang digunakan untuk membaca  jam dalam bahasa Inggris. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

Cara Formal Membaca Jam dalam Bahasa Inggris

Ada empat cara yang dapat diterapkan untuk membaca jam secara formal dalam bahasa Inggris. Berikut penjelasannya.

a. Menggunakan o’clock 

Pengungkapan jam dalam bahasa Inggris yang pertama dengan cara formal, adalah dengan menggunakan o’clock. Penggunaan o’clock digunakan ketika jarum jam panjang menunjukan pada angka 12.

Dalam bahasa Indonesia, o’clock juga dapat diartikan sebagai ‘tepat’ yaitu menunjukan tepat pukul waktu tertentu. Cara membaca jam formal dengan penggunaan o’clock ini adalah dengan mengikuti jam di depannya, lalu diikuti oleh o’clock.

Contoh : Pukul 08.00 maka dibaca eight o’clock. Pukul 09.00 dibaca nine o’clock. Pukul 10.00 dibaca ten o’clock dan begitu seterusnya.

b. Menggunakan quarter past

Cara formal kedua untuk mengungkapkan keterangan waktu adalah dengan menggunakan quarter past yang dapat digunakan untuk menunjukan jam ketika jarum jam panjang berada di angka 3.

Cara membacanya sedikit berbeda dari cara membaca ketika jarum jam panjang menunjukkan tepat di angka 12. Yaitu quarter past terlebih dahulu, kemudian baru angka jam yang dimaksud.

Contoh : 4.15 maka dibaca quarter past four. 5.15 dibaca quarter past five. 6.15 dibaca quarter past six dan seterusnya.

c. Menggunakan quarter to 

Sama halnya dengan menggunakan quarter past, penggunaan quarter to ini digunakan apabila jarum panjang jam menunjukan angka 9 dan cara membacanya tidak jauh beda dengan membaca quarter past.

Contohnya, pukul 10.45 maka dalam bahasa Inggris dibaca quarter to eleven atau a quarter to eleven. Artinya bahwa jarum jam saat itu menunjukan pukul 11 kurang 15 menit atau 10.45.

d. Menggunakan half past

Cara terakhir untuk mengungkapkan jam atau waktu dengan cara formal adalah dengan menggunakan half past. Penggunaan half past ini dapat digunakan apabila jarum jam panjang menunjukan angka 6. Berikut contohnya.

Contoh : 7.30 maka dalam bahasa Inggris dibaca menjadi half past seven yang berarti tujuh lebih 30 menit. Contoh lainya, ketika jam menunjukan angka 12.30 maka dalam bahasa Inggris dibaca half past twelve yang artinya pukul 12 lebih 30 menit.

Cara Mengungkapkan Jam dengan Menggunakan Past, To, After serta Before

Perlu diketahui, untuk mengungkapkan jam dengan menggunakan past, to, after, serta before merupakan cara non formal untuk menyatakan jam dalam percakapan. Sehingga, apabila ingin menggunakan cara satu ini lebih baik melihat terlebih dahulu konteks percakapan atau lawan bicara.

Past, to, after dan before berarti lebih dan kurang dalam bahasa Indonesia. Cara pengungkapan jam dengan cara satu ini terbilang baru dan dapat dilihat perbedaannya dengan menambahkan kata minutes, kecuali untuk menunjukan jam yang merupakan kelipatan dari angka 5. Bagaimana? Apakah kamu sudah paham? Jika belum perhatikan contoh di bawah ini.

a. Contoh penggunaan past dalam jam

  • 10.20 dibaca twenty past ten.
  • 9.15 dibaca fifteen past nine.
  • 10.05 dibaca five past ten.
  • 15.15 dibaca fifteen past fifteen.

Perlu diperhatikan, ketika menggunakan past untuk menyatakan jam, maka kata menit yang lewat disebutkan terlebih dahulu kemudian diikuti dengan kata past, kemudian menyebutkan jamnya.

Sehingga penggunaan kata past untuk menunjukan keterangan jam dapat dirumuskan sebagai berikut. Minute + past + hour atau menit + past + jam.

b. Contoh penggunaan to dalam jam

Sama seperti penggunaan past, ketika menyebutkan jam dengan menggunakan to, maka minute dari jam tersebut disebutkan lebih dahulu kemudian to, lalu jamnya. To dalam bahasa Indonesia berarti adalah kurang, dan biasa digunakan untuk menyebutkan jam yang menitnya kurang dari mula menit 31 hingga menit ke 59. Rumus yang dapat digunakan adalah minute + to + hour atau menit + to + jam. Berikut contohnya.

  • 12.35 dibaca twenty five to one, artinya jam 1 kurang 25 menit.
  • 03.40 dibaca twenty to four, artinya jam 4 kurang 20 menit.
  • 02.45 dibaca fifteen to three, artinya jam 3 kurang 15 menit.
  • 03.50 dibaca ten to four, artinya jam empat kurang 10 menit.
  • 06.55 dibaca seven to five, artinya jam tujuh kurang 5 menit.

c. Contoh penggunaan half past dalam jam

Untuk menggunakan half past, perlu diperhatikan bahwa penggunaan ini hanya dapat digunakan untuk menyatakan jam yang lewat dari 30 menit. Berikut contoh penggunaannya.

  • 11.30 dibaca half past eleven (jam 11 lebih 30 menit)
  • 12.30 dibaca half past twelve (jam 12 lebih 30 menit)
  • 08.30 dibaca half past eight (jam 8 lebih 30 menit)
  • 05.30 dibaca half past five (jam 5 lebih 30 menit)
  • 03.30 dibaca half past three (jam 3 lebih 30 menit)
  • 04.30 dibaca half past four (jam 4 lebih 30 menit)

Apabila diperhatikan dari contoh di atas, penggunaan half past untuk mengungkapkan jam seperti dengan cara penggunaan after dan to. Bedanya, kamu tidak perlu menyebutkan menitnya. Sehingga, berikut rumus yang dapat digunakan half past + hour.

Sebagai catatan, penggunaan before sama seperti menggunakan to. Sedangkan untuk half past, sama seperti penggunaan after.

Kesimpulannya, bahwa penggunaan past, after atau half past dapat digunakan untuk menyatakan jam yang menunjukan menit 1 hingga 30. Sedangkan untuk before, dan to untuk menyatakan jam yang menunjukan menit 31 hingga 59 menit.

Cara Mudah Mengungkapkan Jam dalam Bahasa Inggris

Selain dua cara di atas, ada pula cara yang mudah untuk mengungkapkan jam dalam bahasa Inggris. Perlu diperhatikan, bahwa cara mudah untuk mengungkapkan jam ini adalah cara yang non formal. Untuk menggunakan cara mudah dalam mengungkapkan jam, angka atau jam perlu diungkapkan secara berurutan.

Berikut contoh penggunaannya.

  • 02.49 dibaca two fourty nine.
  • 09.17 dibaca nine seventeen.
  • 05.55 dibaca five fifty five.
  • 06.23 dibaca six twenty three.
  • 07.59 dibaca seven fifty nine.
  • 05.05 dibaca five oh five.

Dari contoh di atas, dapat diperhatikan, bahwa angka 0 ketika menyatakan jam turut dibaca. Namun angka nol ketika menyebutkan menit dalam jam tersebut dibaca dengan oh dan bukan zero.

Cara Mengungkapkan Jam dengan Menggunakan A.M dan P.M

Seperti yang dijelaskan di atas sebelumnya, am merupakan singkatan dari Ante Meridiem sedangkan pm merupakan singkatan dari Post Meridiem. Penggunaan am serta pm ini sangatlah umum digunakan dalam percakapan sehari-hari untuk menunjukan keterangan jam.

Berbeda dari bahasa Indonesia, mengungkapkan jam dalam bahasa Inggris hanya menggunakan format 12 jam. A.M dapat digunakan untuk menunjukan jam yang dimulai pada dini hari, yaitu mulai pukul 00.00 hingga satu menit sebelum jarum jam menunjukan angka 12 siang atau 11.59.

Sedangkan untuk P.M dapat digunakan untuk mengungkapkan jam dimulai pada pukul 12 siang hingga satu menit sebelum jam menunjukan tengah malam atau 11.59.

Cara pengungkapan jam dengan menggunakan A.M dan P.M ini cukup mudah. Sehingga Grameds dapat memahami dan menerapkan cara membaca jam A.M dan P.M lebih mudah. Berikut contoh cara pengungkapan jam dengan A.M dan P.M.

  • 08.30 A.M dibaca dalam bahasa Inggris eight thirty A.M atau half past eight A.M.
  • 10.15 A.M dibaca ten fifteen A.M atau fifteen past three A.M atau quarter past three A.m
  • 11.15 P.M dibaca eleven fifteen P.M.

Untuk mengucapkan jam dalam bahasa Inggris, Grameds dapat memilih cara non formal sebelumnya kemudian ditambahkan dengan P.M atau A.M. Grameds juga diperbolehkan untuk menggunakan cara mudah, yaitu cukup menyebutkan jam serta menitnya saja dan ditambahkan dengan keterangan A.M dan P.M.

Baca Juga :  Materi dan Soal Bahasa Inggris Preposition Kelas 7 SMP

Nah. Itulah empat cara untuk mengungkapkan keterangan waktu dalam bahasa Inggris. Agar lebih jelas lagi, berikut adalah cara mengungkapkan jam dalam bahasa Inggris apabila diterapkan dalam sebuah percakapan. Perhatikan cara penempatan setiap penggunaanya ya Grameds!

Contoh Percakapan dengan Mengungkapkan Jam dalam Bahasa Inggris

1. A : What time is it? We are going to be late ! (jam berapa ini? Kita akan terlambat!)

B : It’s still nine o’clock, don’t panic, we are on time. (Ini masih pukul sembilan, jangan panik, kita tepat waktu.)

A : I thought we have to be there by nine thirty because of the meeting. (Aku kira kita harus sampai sana pukul 09.30 karena ada rapat.)

B : That’s true, but we will be there soon,  see we are close to our office now. (Itu benar, tetapi kita akan segera sampai, lihat kita sudah dekat dengan kantor kita sekarang.)

2. A : What time does your plan take off? (Kapan pesawat kita akan berangkat?)

B : I’m not sure, but I think it’s at twenty five to one. I will call the airline to confirm my flight schedule. (Aku tidak yakin, tapi saya pikir pada pukul 12.35. Saya akan menelepon maskapai untuk memastikan jadwal penerbangan.)

A : Why didn’t you do that earlier? (Mengapa tidak melakukan hal itu dari tadi?)

B : I do not know, you are just asking it now. (Aku tidak tahu, kamu baru menanyakan hal itu sekarang.)

A : Oke call the airline now while I am getting ready. (Oke telepon maskapainya sekarang, sementara aku akan bersiap-siap.)

3. A : What time does the bus leave to airport? (jam berapa bisnya berangkat menuju bandara?)

B : I don’t really know, it used to leave for every half an hour, but it think they reschedule it. (aku tidak begitu tahu, tetapi dulu bisnya selalu berangkat setiap setengah jam, tapi mungkin mereka mengubah jadwalnya.)

A : So, do you know the telephone number? I want to make sure. (jadi, apakah kamu tahu nomor telepon yang bisa dihubungi? Aku ingin memastikan.)

B : Oke the number is 7- 4700. (Oke nomornya adalah 7- 4700.)

A : Yeah I’m gonna call them. (pause) They don’t seem to answer my call. (Ya aku akan menelepon mereka. (jeda) Mereka sepertinya tidak mengangkat teleponku.)

B : Maybe because it’s too early. It’s still seven to five A.M, try it later. (Mungkin karena ini masih terlalu pagi. Ini masih pukul 06.55 pagi coba lagi nanti.)

4. A : When shall we meet tomorrow? (Kapan kita akan bertemu besok?)

B : You mean about the party tomorrow? (Maksudmu tentang pesta besok?)

A : Yeah, We really need to planning better this time about the party. You remember what a mess it was at last party? (Ya, kita benar-benar harus merencanakan pestanya lebih baik sekarang. Kamu ingat betapa kacaunya pesta terakhir?)

B : Yeah I sure do, I hope we will do much more better this time. (Ya tentu saja aku ingat, aku harap kita akan melakukan lebih baik sekarang.)

A : That’s why, we are going to meet tomorrow at you house. How does seven thirty P.M to you? (Karena hal itu, kita akan bertemu di rumahmu. Bagaimana jika pukul 07.30 P.M?)

B :Yeah it’s fine, see you tomorrow. (ya tidak apa-apa, sampai jumpa besok.)

Itulah beberapa contoh dari pengungkapan jam apabila diaplikasikan dalam sebuah percakapan.