Belajar Kata Benda Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa mancanegara yang umum dipakai untuk salah satu bahasa internasional. Secara otomatis belajar bahasa Inggris dalam setiap jenjang pembelajaran di Indonesia mesti ada mulai dari sekolah dasar sampai kuliah. Belajar bahasa Inggris mempunyai elemen yang banyak yang perlu anda pelajari satu per satu.

Jika bicara tentang mempelajari bahasa Inggris, bisa dimulai dari kata sifat, kata kerja sampai kata benda. Apabila Grameds pelajari dengan baik tentang tiap elemen bahasa Inggris itu, bahasa Inggris pun jadi lebih mudah dipahami dan digunakan.

Dalam bahasa Inggris, kata benda umumnya mungkin tampak sederhana dan mudah dipahami, namun pada kenyataannya tidak sesederhana itu.  Dengan adanya kata benda dalam bahasa Inggris, maka akan membantu kita untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah, seperti berbicara, menulis ataupun mendengarkan dan mengerjakan soal-soal tentang struktur bahasa Inggris.

Lalu, apakah Grameds sudah mengetahui kata benda bahasa Inggris? Sebelum membahas akan hal itu, ada baiknya kita mengetahui manfaat mempelajari bahasa Inggris terlebih dahulu.

Apa Manfaat Mempelajari Bahasa Inggris?

Bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa internasional, seperti pada era saat ini, dengan mempelajari bahasa Inggris banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Berikut ini manfaat dari mempelajari bahasa Inggris, yaitu:

1. Sebagai Penambah Ilmu Pengetahuan

Pengetahuan merupakan suatu informasi yang diperoleh dan penting bagi seseorang. Namun, di era modern seperti saat ini, informasi sering menggunakan bahasa Inggris, sehingga sudah seharusnya untuk kita agar mempelajari tentang bahasa Inggris. pengetahuan yang kita miliki memang tak selamanya dapat diperoleh dengan maksimal.

Maka dari itu, dengan mempelajari dan mendalami bahasa Inggris secara rutin, maka kita jadi lebih mudah dalam menambah ilmu pengetahuan. Jadi, jangan pernah bosan mendalami pelajaran bahasa Inggris.

2. Membantu Mempermudah Dalam Berkomunikasi

Perlu dipahami bahwa kita hidup di bumi yang notabenenya dihuni oleh berbagai macam orang dan berasal dari berbagai macam negara. Sebagai makhluk sosial, tentu perlu melakukan komunikasi dengan sesama manusia.

Sebagai bahasa universal, maka bahasa Inggris termasuk bahasa yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di bumi ini. Jika kita telah menguasai bahasa Inggris, maka akan memudahkan kita dalam melakukan komunikasi dengan orang dari luar negeri.

3. Membantu Kita Saat Liburan

Bagi sebagian orang, liburan merupakan sesuatu hal yang sangat menyenangkan. Apakah kamu salah satu orang yang suka pergi untuk berlibur? Terlebih lagi, travelling ke luar negeri, pastinya akan sangat  menyenangkan. Namun, bepergian ke luar negeri, pastinya harus bisa menguasai bahasa Inggris.

Dengan penguasaan bahasa Inggris yang baik, maka akan memudahkan diri sendiri dalam berkomunikasi ketika berada di negeri orang, Bahkan, jadi lebih mudah dalam menemukan tempat wisata yang akan dituju.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat belajar bahasa Inggris lainnya adalah akan meningkatkan kepercayaan diri. Hal ini bukan tanpa alasan karena dengan mempelajari bahasa Inggris, maka kita jadi lebih mudah dalam berkomunikasi dengan orang lain dan juga lebih mudah dalam memahami ilmu pengetahuan.

Bahkan, dengan bisa belajar bahasa Inggris, maka peluang untuk diterima kerja jadi meningkat, baik peluang kerja di luar negeri atau dalam negeri. Jadi, apakah kamu sudah belajar bahasa Inggris hari ini?

5. Semakin Update

Dengan mempelajari bahasa Inggris di era modern seperti saat ini akan membuat kita semakin update dengan perkembangan berita yang beredar di dunia. Hal ini tentu sangat membantu dalam menambah wawasan kita, sehingga kita tidak mudah ketinggalan informasi.

6. Memudahkan Beradaptasi di Lingkungan Baru

Manfaat belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah memudahkan kita dalam beradaptasi. Sebagai manusia, seharusnya kita dapat beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan, baik lingkungan baru sekalipun.

Seseorang yang menguasai bahasa inggris tentunya akan secara cepat mengetahui dan memahami tentang penggunaan bahasa di lingkungan baru tersebut. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera belajar bahasa Inggris!

Pengertian Kata Benda dalam Bahasa Inggris

Istilah kata benda dalam bahasa Inggris adalah noun. Arti dari noun sendiri adalah kata yang digunakan untuk menyebut sebuah benda dengan namanya. Atau juga bisa diartikan noun (kata benda) adalah suatu kata yang menunjukkan nama orang, nama tempat, atau nama suatu benda atau segala sesuatu yang dibendakan.

Menurut Cambridge Dictionary, Noun atau kata benda dalam bahasa Inggris memiliki makna sebuah kata mengacu pada seseorang, tempat, benda, peristiwa, zat atau kualitas.

Kata benda yang ada di sekitar kita sangatlah banyak. Misalnya, benda-benda yang ada di sekolah, rumah, taman, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, dengan mempelajari kata benda bahasa Inggris akan jadi lebih mudah dalam mendalami bahasa Inggris.

Macam-Macam Kata Benda Bahasa Inggris

Jika kita bicara tentang kata benda bahasa Inggris, maka terdiri dari dua macam. Berikut ini penjelasan tentang dua macam kata benda bahasa Inggris.

1. Concrete Noun (Kata Benda Berwujud)

Concrete Noun adalah kata benda yang dapat dilihat, kata benda yang berwujud, dan dapat diraba. Misalnya: Teddy, Henny (nama orang), Yogyakarta, Solo (nama kota), Man (laki laki), Pensil, Audience, Silver (Iron, dan lain-lain).

Concrete Noun terbagi dalam 4 (empat) jenis, yaitu :

  • Material Noun (Kata Benda Material)

Material Noun adalah kata benda yang menyatakan bahan, baik itu bahan mentah atau bahan baku, barang tambang dan sejenisnya. Misalnya: Silver (perak), Gold (emas), Copper (tembaga), Bronze (perunggu), Iron (besi), Diamond (intan), Water (air), dan lain-lain

  • Collective Noun (Kata Benda Kolektif)

Collective Noun adalah kata benda yang menyatakan suatu kumpulan atau kelompok orang, binatang, atau benda. Misalnya: Audience (hadirin), Team (tim), Fleet (armada), Cattle (kawanan ternak), Crowd (kerumunan orang), Parliament (parlemen), dan lain-lain.

  • Proper Noun (Kata Benda Nama Diri)

Proper Noun adalah nomina atau kata benda yang menunjukkan orang, tempat, sesuatu atau kejadian tertentu yang sudah melekat dan punya arti khusus pada nomina tersebut dan selalu diawali dengan huruf besar.

Baca Juga :  Materi dan Soal Bahasa Inggris Procedure Text Kelas 7 SMP

Misalnya: George, Maria (nama orang), Jepang (nama negara), Tokyo, Paris (nama kota), Indonesia University, Gadjah Mada University (nama sekolah), CV. Cipta Media (nama perusahaan) dan lain-lain. Proper Noun (Kata Benda Nama Diri) ini tidak boleh menggunakan Article (Kata Sandang), yaitu : the, a, dan an.

  • Common Noun (Kata Benda Umum)

Common Noun adalah kata benda yang menunjukkan suatu benda secara umum atau tidak tertentu. Misalnya: Lawyer, Teacher, Pencil, Eraser, Shop, Market, dan sebagainya.