Nama Hari dalam Bahasa Inggris dan Cara Melafalkannya

Terlebih di bangku sekolah dasar (SD), di mana kita diajarkan penggunaan bahasa Inggris sederhana. Beberapa topik yang diajarkan kepada anak sekolah dasar dalam mata pelajaran ini meliputi subjek dan objek, tenses, kosakata sederhana, hingga belajar mendengar (listening) dan berbicara (speaking).

Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Seiring berjalannya waktu, pemahaman dan pengalaman mengenai bahasa Inggris akan bertambah. Saat ini, sudah banyak dari pelajaran-pelajaran tersebut yang sudah kita kuasai. Namun, tentu situasi ini berbeda ketika kita mempelajari bahasa Inggris di bangku SD.

Di antara sejumlah topik yang diajarkan di bangku SD, salah satunya adalah mempelajari kosakata berupa nama hari dalam bahasa Inggris. Di bawah ini, adalah nama-nama hari dalam bahasa Indonesia, serta terjemahannya dalam bahasa Inggris:

  • Senin = Monday
  • Selasa = Tuesday
  • Rabu = Wednesday
  • Kamis = Thursday
  • Jumat = Friday
  • Sabtu = Saturday
  • Minggu = Sunday

Sekarang Grameds seharusnya sudah bisa mengingat semua nama hari dalam bahasa Inggris di luar kepala. Namun, berapa lama waktu yang diperlukan hingga akhirnya bisa menghafal nama-nama hari tersebut ketika masih berada di bangku SD?

Proses mempelajari, menghafal, dan mengingat seluruh nama hari dalam bahasa Inggris bisa memakan waktu yang beragam bagi tiap anak. Ini bisa disebabkan karena sejumlah faktor, mulai dari daya serap anak, metode pengajaran, hingga lingkungan anak mempelajari bahasa Inggris.

Beberapa dari kamu mungkin mendapat didikan di lingkungan yang baik dan nyaman, sehingga bisa menyerap dan menghafal nama hari dalam bahasa Inggris dalam waktu cepat. Namun, ada juga yang bisa jadi mendapat pengajaran bahasa Inggris secara kurang optimal, sehingga kesulitan untuk mengingat serta menyerap isi pelajaran ini.

Terlepas lama atau tidaknya mempelajari nama hari dalam bahasa Inggris, yang terpenting saat ini adalah bahwa kita seharusnya memang sudah bisa memahami topik tersebut dengan baik, dan tidak lagi mengalami kesulitan terkait pembahasan ini.

Cara Melafalkan Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Meskipun begitu, pada praktiknya masih terdapat sejumlah kesalahan yang berhubungan dengan nama hari dalam bahasa Inggris. Selain dalam kesalahan dalam mengeja nama-nama hari, terdapat juga kesalahan yang bisa dilakukan dalam penyebutan kata tersebut

Pelafalan kata dalam bahasa Inggris memang terdengar sepele, dan bahkan dianggap remeh. Apalagi, sebagai orang Indonesia, kita cukup jarang dihadapkan dengan situasi di mana kita harus berbicara menggunakan bahasa Inggris dalam kesehariannya.

Namun, cukup penting bagi kita untuk mempelajari cara melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Ini disebabkan terdapat cukup banyak kata-kata dalam bahasa Inggris yang memiliki pelafalan serupa, sehingga jika kita salah dalam menyebutkannya, maka orang lain bisa salah mengartikan ucapan kita.

Dalam kasus penggunaan nama hari dalam bahasa Inggris misalnya, kata “Tuesday“, memiliki pelafalan yang mirip dengan kata “Thursday“. Jika Grameds hanya asal mengucapkan kedua kata tersebut, akan berpotensi menyebabkan kebingungan kepada lawan bicara.

Maka dari itu, disarankan untuk mengetahui cara melafalkan nama hari dalam bahasa Inggris sebaik mungkin. Di bawah ini, terdapat penjelasan mengenai pelafalan nama-nama hari:

Pelafalan “Monday”

Monday (Dapat disingkat menjadi “Mon”), dilafalkan sebagai /’mun.dei/. Huruf “O” dalam kata tersebut berganti menjadi “U”. Kata “Monday” memiliki pelafalan serupa baik dalam aksen Amerika Serikat (US) maupun aksen Britania Raya (UK) .

Pelafalan “Tuesday”

Tuesday (Dapat disingkat menjadi “Tue” atau “Tues”), dilafalkan sebagai /’tiu:z.dei/ dalam aksen UK, dan /ˈtuːz.dei/ jika menggunakan aksen US. Ejaan “ue” berganti “iu” dalam aksen UK, dan “u” jika menggunakan aksen US. Huruf “T” sedikit berubah menjadi “tch” dalam kedua aksen.

Pelafalan “Wednesday”

Wednesday (Dapat disingkat menjadi “Wed”): Dilafalkan sebagai /’wenz.dei/. Ejaan “dnes” dilafalkan menjadi “enz”. Pelafalan ini berlaku baik dalam aksen UK maupun aksen US.

Pelafalan ” Thursday”

Thursday (Dapat disingkat menjadi “Thur” atau “Thurs”), dilafalkan sebagai /’thurz.dei/. Huruf “S” berubah menjadi huruf “Z”. Pelafalan ini digunakan baik dalam aksen UK maupun aksen US.

Pelafalan “Friday”

Friday (Dapat disingkat menjadi “Fri”), dilafalkan sebagai /’frai.dei/. Huruf “I” dilafalkan menjadi “ai”. Kata “Friday” memiliki pelafalan yang mirip dalam aksen UK dan juga aksen US.

Pelafalan “Saturday”

Saturday (Dapat disingkat menjadi “Sat”), dilafalkan sebagai /’sa.ta.dei/. Huruf “R” di dalam kata ini dihilangkan pengucapannya. Baik aksen UK dan juga aksen US memiliki pelafalan yang serupa.

Pelafalan “Sunday”

Sunday (Dapat disingkat menjadi “Sun”), dilafalkan sebagai /’sun.dei/. Pelafalan kata ini hampir mirip dengan tulisannya. Baik aksen UK maupun aksen US memiliki pelafalan yang mirip satu sama lain.

Banyak pembicara Bahasa Inggris menyebut kalau pelafalan yang paling tricky untuk disebutkan adalah kata “Tuesday” dan “Thursday“. Selebihnya, pelafalan hari-hari lain tidaklah sesulit itu. Jika Grameds sudah bisa melafalkan 2 kata tersulit, maka tentu saja akan bisa mengucapkan nama hari lain dengan mudah.

Baca Juga :  Penjelasan Jenis Preposition (Kata Petunjuk) dan Contoh Kalimatnya