40+ Contoh Kalimat Adverb Lengkap Berdasarkan Jenisnya!

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang sampai saat ini begitu penting untuk dikuasai oleh setiap orang. Jika menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar akan mempermudah kalian untuk berkomunikasi kepada setiap orang bahkan hingga ke lintas negara lho.

Kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini memungkinkan kita sebagai pengguna untuk dapat melakukan proses komunikasi dengan semua orang, bahkan hingga ke lintas negara sekalipun. Jadi, ketika melakukan proses komunikasi dengan orang asing kita bisa menggunakan bahasa Inggris sebagai media komunikasi meskipun rekan berbicara bukanlah orang Inggris.

Hal ini seperti yang dijelaskan sebelumnya jika bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh setiap orang yang ada hampir di seluruh dunia. Tak heran jika di Indonesia sendiri, bahasa Inggris telah diajarkan sejak bangku Sekolah Dasar.

Setiap tingkatan kelas akan diajarkan bahasa Inggris, mulai dari dasar hingga ke level atas yang bisa menjadikan para peserta didik untuk bisa berkomunikasi maupun memahami pembicaraan ataupun setiap hal yang menggunakan bahasa Inggris.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris tersebut terdapat suatu materi mengenai adverb atau kata keterangan. Dimana memahami adverb juga begitu penting bagi setiap orang. Karena mengenai keterangan, adverb memiliki beberapa bentuk.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai adverb, mulai dari pengertian hingga contoh kalimat adverb yang memudahkan kalian untuk belajar. Yuk, tunggu apalagi, mari kita simak ulasan ini sampai selesai, ya.

Pengertian Adverb

Cambridge Dictionary menjelaskan jika adverb adalah “one of the four major word classes, along with nouns, verbs, and adjectives.”

Atau jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah adverb dapat disandingkan dengan kata benda, kata kerja, kata sifat. Keberadaan adverb biasanya akan memperjelas kata yang ada di depannya atau memperjelas keberadaan dari adverb itu sendiri.

Kebanyakan adverb akan diakhiri dengan kata -ly. Sebagai contohnya adalah clearly, quikly, locally dan lain sebagainya. Meski begitu, ada juga lho adverb yang tidak menggunakan akhiran -ly. Apa saja adverb tanpa akhiran -ly? Baca terus ulasannya di dalam artikel ini agar makin tahu.

Adverb merupakan suatu kata keterangan atau kata tambahan yang pada dasarnya akan memberikan gambaran lebih jelas dan lebih detail untuk verb atau kata kerja, adjective atau kata sifat maupun adverb dalam bentuk lain. Beberapa adverb juga terbentuk dari modifikasi fras, klausa atau bisa juga memodifikasi kalimat secara keseluruhan.

Fungsi Dari Adverb

Sebelumnya telah dijelaskan jika adverb memiliki fungsi untuk menjelaskan kata lain seperti kata kerja, kata sifat, sentence, noun phrase ataupun jenis adverb lainnya. Dengan berbagai jenis fungsi tersebut penggunaan adverb tentunya bertujuan untuk memberikan informasi secara lebih jelas lagi sesuai dengan tujuan kalimat yang bersangkutan.

Ada Berapa Jenis Adverb?

Contoh Kalimat Adverb

Dalam bahasa Inggris, secara umum adverb memiliki 8 jenis. Dimana setiap jenis adverb tersebut akan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jadi, untuk memahami adverb lebih dalam lagi, kalian juga wajib nugget tahu setiap fungsi dari jenis adverb itu sendiri.

8 jenis adverb tersebut adalah seperti di bawah ini.

  1. Adverb of Time
  2. Adverb of Manner
  3. Adverb of Degree
  4. Adverb of Modality
  5. Adverb of Frequency
  6. Adverb of Place
  7. Adverb of Focus
  8. Adverb of Purpose

Nah untuk lebih jelas lagi, kalian bisa membaca setiap fungsi, dan pengertian sekaligus contoh soal kalimat adverb menurut jenisnya seperti penjelasan yang selanjutnya ini.

Adverb of Time

Adverb of time adalah salah satu jenis adverb yang pertama. Di mana keberadaan dari adverb of time sendiri merupakan kata keterangan yang secara umum paling banyak digunakan pada tense. Adverb of time sendiri merupakan keterangan waktu yang dapat menjelaskan kapan atau berapa lama suatu tindakan terjadi.

Adverb of time yang ada di bahasa Inggris bisa menjawab pertanyaan seperti When atau kapan dan How long atau durasi. Selain itu, untuk menuliskan kata adverb of time ini bisa ditempatkan pada bagian awal atau akhir kalimat. Dimana adverb of time ketika terletak pada bagian akhir kalimat memiliki fungsi untuk penekanan.

Sebagai contoh adverb of time yang berguna untuk menjawab pertanyaan when atau kapan adalah seperti “yesterday, this morning, this afternoon, tonight, at 7 p.m, etc.”

Lalu untuk contoh adverb of time yang berfungsi menerangkan waktu kejadian sebelum maupun sesudah adalah seperti before dan after.

Sedangkan untuk contoh adverb of time yang digunakan untuk menerangkan durasi waktu atau How long adalah seperti for a moment, since yesterday, during the week, from Sunday to Monday dan lain sebagainya.

Beberapa contoh kalimat adverb of time adalah sebagai berikut.

  1. I read a narrative text titled Cinderella before going to bed. (Saya membaca teks naratif berjudul Cinderella sebelum tidur.)
  2. He collapsed and died yesterday. (Dia pingsan dan meninggal kemarin.)
  3. From Monday to Thursday, he attended training initiated by Skill Academy. (Dari Senin hingga Kamis, Ia mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Skill Academy.)
  4. Yesterday morning she came to my office. (Kemarin pagi ia datang ke kantorku.)
  5. Have you seen this movie before? (Apa kamu sudah nonton film ini sebelumnya?)
  6. Deasy hasn’t been very busy lately. (Deasy tidak begitu sibuk akhir-akhir ini.)
  7. What will you do tomorrow? (Apa yang akan kamu lakukan besok?)
  8. I went to the cinema last week. (Saya pergi ke bioskop minggu lalu.)
  9. You can’t go now. (Kamu tak bisa pergi sekarang.)
  10. I will visit them next week. (Aku akan mengunjungi minggu depan.)

Adverb of Manner

Adverb of manner adalah salah satu jenis adverb yang selanjutnya. Adverb of manner memiliki fungsi untuk memberitahu seseorang terkait dengan bagaimana suatu peristiwa bisa terjadi atau menjawab pertanyaan How? Namun, perlu diketahui juga jika untuk bisa menemukan adverb of manner terbilang cukup sulit.

Hal ini tak lain karena kebanyakan adverb of manner memiliki akhiran -ly. Sebagai contohnya adalah seperti badly, happily, sadly, slowly, quickly dan lain sebagainya. Meski begitu tak semua jenis adverb of manner memiliki akhiran -ly. Ada juga lho yang tak menggunakan akhiran -lu seperti kata Well, Hard dan Fast.

Baca Juga :  Materi dan Soal Bahasa Inggris Expressing Feelings Kelas 6 SD

Jika adverb of time bisa diletakkan pada awal maupun akhir kalimat, khusus untuk adverb of manner bisa diletakan pada bagian awal, tengah maupun akhir kalimat. Sebagai catatan, khusus untuk Well, Hard, Fast and Badly hanya dapat diletakkan pada bagian awal kalimat saja.

Nah, biar lebih jelas lagi, berikut ini contoh adverb of manner.

  1. Randy paints my face badly. (Randy melukis wajahku dengan buruk.)
  2. The turtle slowly ran. (Kura-kura itu berlari perlahan.)
  3. Sadly, Fadly broke up with his girlfriend. (Sayangnya, Fadly putus dengan pacarnya.)
  4. Did she play the piano professionally? (Apakah ia bermain piano dengan profesional?)
  5. Politely he asked us to wait outside. (Dengan sopan ia meminta kami menunggu di luar.)
  6. She speaks English fluently. (Ia berbicara bahasa Inggris dengan lancar.)
  7. He opened the door slowly. (Ia membuka pintu pelan-pelan.)
  8. My brother angrily kicked the door. (Kakakku dengan marah menendang pintu.)
  9. He ran so fast. (Ia berlari sangat cepat.)
  10. She quickly closed the door. (Ia dengan cepat menutup pintu.)