Nama-nama Hewan dalam Bahasa Inggris disertai Gambarnya

Ketika belajar bahasa Inggris, umumnya seseorang akan mulai dari kosa kata yang mudah terlebih dahulu, seperti nama-nama tubuh, benda hingga hewan. Agar lebih mudah memahami dan menambah kosa kata, tak jarang seseorang yang belajar bahasa Inggris pun memerhatikan gambar dari arti kata tersebut.

Kali ini, penulis akan menyajikan nama-nama hewan dalam bahasa Inggris disertai gambar agar kamu yang baru mempelajari bahasa Inggris lebih mudah menghafal kosa kata bahasa Inggris terbaru. Oleh karena itu, Grameds perlu menyimak artikel ini hingga akhir agar mengetahui nama-nama hewan dalam bahasa Inggris.

Sebelum lanjut ke pembahasan kosa kata hewan dalam bahasa Inggris, Grameds perlu mengetahui lebih lanjut mengenai bahasa Inggris dari kata hewan serta pengertiannya menurut kamus bahasa Inggris. Simak penjelasan berikut ini.

Dalam bahasa Inggris, hewan adalah animal yang berarti menurut Kamus Oxford, a living organism which is feeds by an organic matter, a typically having specialized sense of organs and a nervous system also able to respond rapidly to stimuli, and any living creature.

Artinya menurut Kamus Oxford atau Oxford English Dictionary, hewan merupakan sebuah organisme yang hidup serta memakan bahan-bahan organik, biasanya hewan ini memiliki organ maupun indera khusus maupun sistem saraf serta memiliki kemampuan untuk merespons rangsangan dengan cepat, diartikan pula sebagai makhluk hidup.

Nah, nama-nama hewan dalam bahasa Inggris ini disebut sebagai common vocabulary atau kosa kata yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, seperti yang telah dijelaskan di awal, nama-nama hewan menjadi kosa kata yang pertama dipelajari ketika ingin mendalami bahasa Inggris.

Setelah mengetahui pengertian dari animal menurut pengertian dari Oxford English Dictionary, berikut adalah nama-nama hewan dalam bahasa Inggris lengkap beserta gambarnya.

Nama Hewan Mulai dari Huruf A – C (Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia) 

Aligator = AlligatorAligator = Alligator, merupakan hewan yang masuk dalam genus Alligator dan berbeda dari buaya. Tetapi masih berkerabat dengan kelompok hewan famili Crocodylidae.

Albatross = AlbatrosAlbatross: Albatros, merupakan burung laut yang berukuran besar dan berasal dari fimili Diomedeidae dalam ordo Procellariiformes dan berada di Samudra Antartika serta Pasifik Utara.

Alpaka = AlpacaAlpaka: Alpaca, merupakan mamalia yang berasal dari Amerika dan menyerupai llama tetapi ukurannya jauh lebih kecil dari llama sehingga tidak dijadikan sebagai hewan pengangkut.

Anaconda = Ular anacondaAnaconda: Ular anaconda, merupakan ular besar endemic yang hidup di perairan air tawar serta sungai di daerah tropis di Amerika Selatan.

Anchovy = Ikan teriAnchovy: Ikan teri, merupakan ikan teri yang berukuran kecil dan umumnya banyak muncul di daerah perairan Laut Hitam maupun Mediterania dan digunakan untuk membuat sup atau lainnya.

Anoa = AnoaAnoa: Anoa, merupakan mamalia yang memiliki tubuh sangat besar dan bahkan terbesar yang hidup di daratan. Anoa juga termasuk dalam endemic yang tinggal di Sulawesi serta Pulau Buton.

Ant = SemutAnt: Semut, merupakan salah satu spesies serangga yang memiliki tubuh kecil, namun dinilai sebagai salah satu spesies serangga yang kuat.

Anteater = TrenggilingAnteater: Trenggiling, merupakan salah satu mamalia dan satu-satunya mamalia yang seluruh tubuhnya ditutupi oleh sisik. Trenggiling masuk dalam salah satu hewan yang dilindungi karena hampir punah.

Antelope: Antelop (semacam kijang), merupakan hewan omnivore, seperti sapi dan memiliki tanduk permanen tetapi tanduknya tidak bercabang.

Ape = KeraApe: Kera, merupakan hewan mamalia yang bentuk tubuhnya mirip seperti manusia, tetapi seluruh tubuhnya berburu dan memiliki otak yang umumnya lebih besar dari hewan lain.

Baboon = BabonBaboon: Babon, seperti halnya ape Babon merupakan monyet bergenus Papio dan dapat ditemui di Afrika serta Arab.

Badger = LuwakBadger: Luwak¸ merupakan hewan mamalia yang termasuk dalam fimili musang dan dapat ditemui di Indonesia.

Bat = KelelawarBat: Kelelawar, merupakan hewan mamalia yang mampu terbang serta berasal dari ordo Chiroptera dan memiliki dua kaki depan.

Bear = BeruangBear: Beruang, merupakan hewan yang memiliki bulu tebal, bercakar dan memiliki mulut dengan moncong yang panjang.

Beaver = BiwaraBeaver: Biwara, masuk dalam genus Castor biwara merupakan jenis hewan yang terlihat seperti berang-berang dan merupakan binatang pengerat terbesar.

Bee = LebahBee: Lebah, adalah sekelompok hewan atau serangga yang memproduksi madu dan hidup berkelompok.

Beetle = Kumbang,Beetle: Kumbang, merupakan serangga yang masuk dalam ordo Coleoptera dengan bentuk kecil dan mudah ditemui di Indonesia.

Bird = burungBird: Burung, merupakan hewan yang memiliki sayap dan termasuk unggas. Seluruh tubuh dari burung pun diselimuti oleh bulu.

Bison= BisonBison: Bison, merupakan hewan mamalia yang memiliki tanduk dan hidup secara berkelompok dan dapat hidup hingga 20 tahun lamanya.

Boa= Ular boaBoa: Ular boa, merupakan reptil dan ular yang tidak memiliki bisa pada taringnya, serta menaklukan mangsanya dengan cara meremas dan melilit hingga mangsanya mati.Boar= Babi hutan

Boar: Babi hutan, merupakan nenek moyang dari babi liar dan kemudian menurunkan babi ternak.

Bobcat= Kucing hutanBobcat: Kucing hutan, merupakan hewan yang mengacu pada jenis kucing yang masuk dalam anggota suku Felidae dan hidup liar di hutan seperti halnya babi hutan.

Bull=BantengBull: Banteng, merupakan hewan yang masih satu spesies dengan sapi dan dapat ditemukan di berbagai wilayah di Asia Tenggara seperti Indonesia.

Bulldog= Anjing BulldogBulldog: Anjing Bulldog, merupakan salah satu anjing yang masuk dalam ras trtua dan berasal dari Inggris.

Butterfly=Kupu-kupuButterfly: Kupu-kupu, merupakan serangga atau ngengat yang tergolong dalam ordo Lepidoptera atau serangga yang memiliki sayap serta sisik.

Buzzard=RajawaliBuzzard: Rajawali, merupakan burung besar yang termasuk dalam upafamilia Aquilinae.

Calf= Anak sapiCalf: Anak sapi, atau dalam bahasa Jawa disebut Pedet merupakan sebutan untuk sapi yang baru lahir dan berusia lebih kurang dari delapan bulan.

Camel= UntaCamel: Unta, merupakan hewan padang pasir yang memiliki punuk dan biasa dimanfaatkan sebagai hewan yang dapat ditunggangi.

Canary= KenariCanary: Kenari, merupakan burung yang termasuk dalam spesies S.canaria.

Cassowary=KasuariCassowary: Kasuari, merupakan burung yang berukuran besar dan dapat memiliki keunikan berupa menghasilkan suara dengan frekuensi rendah untuk dapat berkomunikasi.

cat=kucingCat: Kucing, merupakan salah satu hewan yang umum dipelihara dan merupakan hewan mamalia karnivora.

Caterpillar=Ulat buluCaterpillar: Ulat bulu, merupakan serangga atau larva dari anggota ordo Lepidoptera.

Catfish=LeleCatfish: Lele, merupakan ikan air tawar dengan tubuh sedikit licin.

Centipede= KelabangCentipede: Kelabang¸merupakan hewan yang masuk dalam kelas binatang berbisa serta bertubuh pipih.

Chameleon=BunglonChameleon: Bunglon¸merupakan kadal yang mampu merubah warna tubuhnya.

Chicken= AyamChicken: Ayam, merupakan hewan berupa unggas yang umum dipelihara untuk memanfaatkan daging, telur atau bulunya.

Chimpanzee= SimpanseChimpanzee: Simpanse, merupakan sejenis gorilla dan masih masuk dalam famili Hominidae.

Chipmunk= Tupai tanahChipmunk: Tupai tanah, merupakan hewan pengerat dan termasuk dalam famili Sciuridae.

clam = kernagClam: Kerang, merupakan hewan bertubuh lunak atau moluska dan hidup di laut atau air tawar serta memiliki dua cangkang.

Cob= TongkolCob: Tongkol, merupakan ikan laut yang berasal dari famili Scombridae.

Cobra= Ular kobraCobra: Ular kobra, merupakan spesies ulara yang banyak hidup di wilayah Asia Tenggara.

Cockatoo=Kakak tuaCockatoo: Kakak tua, merupakan burung hias yang memiliki keunikan pada suaranya dan bulunya yang indah.

Cockroach= KecoaCockroach: Kecoa, merupakan serangga yang masuk dalam kelas insecta.

Cow= SapiCow: Sapi, merupakan salah satu hewan ternak yang masuk dalam kelas mamalia.

Coyote= Anjing hutanCoyote: Anjing hutan, merupakan anjing yang hidup liar di hutan.

Crab= KepitingCrab: Kepiting, merupakan hewan krustasea dengan jumlah kaki yang banyak.

Cricket= JangkrikCricket: Jangkrik, merupakan serangga dengan tubuh kecil dan kepala bulat.

Crocodile= BuayaCrocodile: Buaya, merupakan hewan reptile yang memiliki tubuh besar dan hidup di air.

Crow=GagakCrow: Gagak, merupakan burung dengan bulu hitam dan suara yang khas.

Nama Hewan Mulai dari Huruf D – F (Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia)

Deer= RusaDeer: Rusa merupakan mamalia dengan tanduk.

Dog= AnjingDog: Anjing, merupakan anjing yang umurnya tidak lebih dari sebulan atau baru lahir.

Dolphin= Lumba-LumbaDolphin: Lumba-Lumba, merupakan mamalia yang masuk dalam ordo Artiodactyla.

Donkey=KeledaiDonkey: Keledai, sejenis kuda tetapi ukuran badannya lebih kecil.

Dove= Burung DaraDove: Burung Dara, burung yang dilambangkan sebagai lambang cinta.

Dragonfly: Capung, merupakan serangga bersayap.

Duck: Bebek, termasuk dalam hewan unggas.

Eagle: Elang, merupakan burung besar karnivora.

Eel: Belut, ikan yang terlihat seperti ular dan umumkan dimanfaatkan dagingnya.

Elephant: Gajah, hewan herbivora yang memiliki gading dan bertubuh besar.

Elk: Rusa besar, merupakan rusa berukuran besar.

Fireflies: Kunang-Kunang, merupakan serangga yang dapat menghasilkan cahaya.

Fish: Ikan, hewan yang hidup dan bernafas di air dengan insang.

Baca Juga :  Materi dan Soal Exercise Bahasa Inggris Simple Present Tense Kelas 8 SMP

Flamingo: Flamingo, burung yang hidup berkelompok dengan bulu khas berwarna pink.

Flea: Kutu, serangga atau parasite.

Fly: Lalat, merupakan serangga yang bersayap.

Flying ant: Laron, merupakan serangga sub tropis.

Fox: Rubah, mamalia yang masuk dalam ordo karnivora.

Nama Hewan Mulai dari Huruf G – I (Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia)

Gecko: Kadal, hewan yang masuk dalam reptil dan bersisik.

Gibbon: Siamang, merupakan kera berwarna hitam.

Giraffe: Jerapah, mamalia yang memiliki leher sangat panjang.

Goat: Kambing, hewan mamalia herbivora.

Grasshopper: Belalang, sejenis serangga yang dapat melompat tinggi.

Guinea pig: Marmut, hewan pengerat yang hidup di pegunungan.

Hawk: Elang, burung berdarah panas.

Hedgehog: Landak, hewan pengerat yang memiliki duri tajam.

Hen: Ayam betina

Heron: Bangau¸sejenis burung berukuran besar pemakan ikan.

Hippopotamus: Kuda nil, merupakan badak air.

Iguana: Iguana, kadal yang hidup di daerah tropis.

Nama Hewan Mulai dari Huruf J – L (Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia)

Jellyfish: Ubur-Ubur, hewan diploblastic.

Kangaroo: Kanguru, merupakan mamalia yang memiliki kantung.

Koala: Koala, merupakan binatang herbivora khas dari Australia.

Komodo: Komodo¸merupakan salah satu spesies biawak.

Langur: Lutung, merupakan monyet dunia lama atau primate.

Leech: Lintah, sejenis cacing yang memakan darah.

Lion: Singa, kucing besar karnivora.

Lobster: Lobster¸krustasea terbesar di laut.

Nama Hewan Mulai dari Huruf M – O (Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia)

Maggot: Belatung, merupakan larva dari lalat.

Mantis: Belalang Sembah

Mosquito: Nyamuk, serangga bersisik dan memiliki enam kaki.

Mouse: Tikus, merupakan hewan pengerat omnivore.

Mussel: Remis, sejenis kerang.

Nightingale: Bulbul, sejenis burung, masuk dalam burung pengicau.

Octopus: Gurita, moluska yang hidup di laut.

Ostrich: Burung unta, sejenis burung yang berukuran besar dan tinggi.

Ox: Kerbau, mamalia yang dimanfaatkan sebagai hewan pekerja.

Nama Hewan Mulai dari Huruf P – R (Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia)

Panther: Harimau Kumbang, kucing besar berwarna hitam.

Parrot: Beo, burung yang memiliki suara unik.

Peacock: Merak, burung dengan ekor khas yang cantik.

Rabbit: Kelinci, mamalia yang masuk dalam famili Leporidae.

Rhinoceros: Badak, mamalia yang berukuran besar dan langka.

Nama Hewan Mulai dari Huruf S – T (Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia)

Salamander: Salamander, merupakan salah satu hewan amfibi.

Sardine: Sarden, masuk dalam salah satu jenis ikan laut.

Scorpion: Kalajengking, merupakan hewan yang memiliki delapan kaki dan sengatan di ujung ekornya.

Sea lion: Singa laut, merupakan mamalia air yang hidup di perairan subarktik.

Seahorse: Kuda laut, merupakan salah satu hewan laut kecil.

Shark: Hiu, merupakan ikan karnivora masuk dalam famili Animalia.

Sloth: Kukang, sejenis primate yang bergerak dengan lambat.

Termite: Rayap, serangga yang hidup berkelompok.

Tortoise: Kura-kura, merupakan hewan yang memiliki sisik dan termasuk dalam reptile.

Nama Hewan Mulai dari Huruf V – Z (Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia)

Vulture: Burung bangkai, sejenis burung yang memakan bangkai.

Wasp: Tawon, merupakan serangga yang terbang dan dapat menyengat.

Weasel: Musang, salah satu hewan mamalia karnivora.

Woodpecker: Burung pelatuk, sejenis burung yang memiliki kebiasaan mematuk-matuk pohon atau kayu.

Zebra: Zebra, merupakan mamalia berkaki empat dengan warna kulit yang belang-belang.