Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris di Dalam Kelas

Ketika kita menempuh pendidikan di sekolah, biasanya ketik pelajaran bahasa Inggris akan ada perkenalan diri dalam bahasa Inggris di dalam kelas. Bagi sebagian orang mungkin saja masih merasa grogi ketika belum terbiasa mengucapkan bahasa Inggris. Jika kamu salah satu orang itu, jangan khawatir karena pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang perkenalan diri dalam bahasa Inggris.

Namun, sebelum itu, ada baiknya kalau kita membahas tentang asal-usul bahasa Inggris terlebih dahulu.

Asal Usul Bahasa Inggris

Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris di Dalam Kelas

Bahasa Inggris adalah suatu bahasa yang asalnya dari negara Inggris. Paling tidak hal itu yang terjadi saat ini. Bahasa Inggris merupakan bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada pertengahan awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia.

Bahasa Inggris suatu bahasa yang merupakan bahasa utama di Britania Raya (termasuk Inggris), Amerika Serikat, serta banyak negara lainnya, dan termasuk rumpun bahasa Jermanik Barat. Oleh sebab itu, bahasa Inggris bisa dikatakan sebagai bahasa internasional.

Bahasa ini berawal dari kombinasi antara beberapa bahasa lokal yang dipakai oleh orang Norwegia, Denmark, dan Anglo-Saxon dari seratus tahun ke 6-10. Lalu, pada tahun 1066 dengan ditaklukkannya Inggris oleh William the Conqueror, sang penakluk dari Norwegia, Perancis Utara, karena Bahasa Inggris dengan sangat intensif mulai dipengaruhi bahasa Latin dan bahasa Perancis. Dari seluruh kosakata bahasa Inggris modern, dianggarkan ±50% berasal dari bahasa Perancis dan Latin.

Bahasa Inggris dituturkan sebagai bahasa pertama oleh mayoritas penduduk di berbagai negara termasuk Britania Raya, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan sejumlah negara-negara Karibia serta menjadi bahasa resmi hampir 60 negara berdaulat.

Bahasa Inggris adalah bahasa ibu ketiga yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia setelah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol. Bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua dan bahasa resmi oleh Uni Eropa, Negara Persemakmuran, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta beragam organisasi lainnya.

Menurut sejarahnya, bahasa Inggris berasal dari peleburan berbagai dialek terkait, yang saat ini secara kolektif dikenal sebagai bahasa Inggris Kuno, yang dibawa ke pantai timur Pulau Britania oleh pendatang Jermaik (Anglo-Saxons) pada abad ke-5; kata English berasal dari nama Angles.

Suku Anglo-Saxons ini berasal dari wilayah Angeln (saat ini Schleswig-Holstein, Jerman). Bahasa Inggris awal juga dipengaruhi oleh bahasa Norse Kuno setelah Viking menaklukan Inggris pada abad ke-9 dan ke-10.

Bahasa Inggris modern terkadang digambarkan sebagai lingua franca global pertama. Hal ini karena bahasa Inggris merupakan bahasa dominan atau dalam beberapa kasus bahkan ditetapkan sebagai bahasa internasional dalam bidang komunikasi, sains, teknologi informasi, bisnis, kelautan, kedirgantaraan, hiburan, radio, dan diplomasi. Penyebaran bahasa Inggris di luar Kepulauan Britania dimulai dengan pertumbuhan Imperium Britania, dan pada abad ke-19 jangkauannya telah global.

Setelah kolonisasi Britania sejak abad ke-16 hingga ke-19, bahasa Inggris menjadi bahasa dominan di Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Pertumbuhan pengaruh budaya dan ekonomi Amerika Serikat dan statusnya sebagai negara adidaya global sejak Perang Dunia II turut mempercepat penyebaran bahasa Inggris ke seluruh dunia.

Bahasa Inggris menggantikan bahasa Jerman sebagai bahasa sains yang dominan dalam penghargaan Hadiah Nobel pada paruh kedua abad ke-20. Bahasa Inggris telah menyamai dan bahkan telah melampaui bahasa Prancis sebagai bahasa dominan dalam dunia diplomasi pada paruh kedua abad ke-19.

Kemampuan dalam berbahasa Inggris telah menjadi kebutuhan dalam sejumlah bidang ilmu, pekerjaan, dan profesi misalnya bidang ilmu, pekerjaan, dan profesi semisal kedokteran dan komputasi, sebagai akibatnya lebih dari satu miliar orang di dunia bisa berbahasa Inggris setidaknya pada tingkat dasar (lihat bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau internasional). Bahasa Inggris adalah salah satu dari enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Salah satu dampak dari pertumbuhan bahasa Inggris adalah berkurangnya keragaman bahasa di berbagai belahan dunia. Pengaruh bahasa Inggris berperan penting dalam kepunahan bahasa. Begitupun sebaliknya, berbagai keragaman bahasa Inggris juga berpotensi menciptakan bahasa-bahasa yang baru dari waktu ke waktu.

Terdapat beberapa alasan mengapa Bahasa Inggris dijadikan bahasa Internasional. Diantaranya karena bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang tertua di dunia dan asalnya dari dataran britania yaitu sekitar abad ke 8. Selain bahasa Inggris merupakan bahasa tertua yang ada di dunia, bahasa Inggris mempunyai perkembangan kosa kata yang sangat pesat.

Penggunaan bahasa Inggris menjadi hal seolah wajib jika ingin mengikuti perkembangan. Faktanya bahwa Negara Inggris adalah negara yg paling banyak jajahannya di seluruh dunia. Oleh sebab itu, bahasa Inggris sangat familier dan lebih banyak digunakan di berbagai Negara, terutama Negara jajahan Inggris. Makanya bahasa Inggris lebih cepat menyebar ke berbagai belahan dunia.

Pentingnya Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang apabila Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris akan memiliki masa depan yang lebih cerah karena dapat membuka berbagai peluang bagi orang yang menguasainya. Semua peluang tersebut dapat membantu Anda dalam meraih kesuksesan.

Kesuksesan sendiri dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang, sehingga hidupnya menjadi lebih sejahtera, nyaman, dan bahagia. Tentunya Anda juga ingin meraih kesuksesan dan memiliki kualitas hidup yang baik. Oleh karena itu, memiliki kemampuan bahasa Inggris penting bagi Anda untuk belajar menguasai bahasa Inggris.

Berikut ini manfaat yang didapat dari memiliki kemampuan bahasa Inggris dan merupakan alasan pentingnya belajar bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui.

1. Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Pendidikan

Bahasa Inggris memiliki peran yang besar dalam pendidik, apalagi pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, kemampuan berbahasa Inggris adalah sebuah keharusan. Anda tidak hanya dituntut untuk bisa menguasai bahasa Inggris sehari-hari, tetapi juga bahasa Inggris akademik.

Bahasa Inggris tidak hanya wajib dikuasai oleh orang dewasa saja. Tetapi anak-anak SD, SMP, dan SMA, juga perlu menguasainya. Skill ini akan membantu siswa untuk memperoleh nilai yang baik pada pelajaran bahasa Inggris.

Mampu berbahasa Inggris juga akan membuka kesempatan besar bagi mereka untuk menjadi siswa berprestasi. Ada banyak perlombaan bahasa Inggris yang rutin diadakan, seperti lomba pidato dan debat. Dengan penguasaan yang baik dalam bahasa Inggris, maka Anda akan lebih yakin dalam memenangkan perlombaan.

2. Pentingnya Bahasa Inggris di Dunia Kerja

Ketika Anda melamar kerja, Anda perlu membuat CV semenarik mungkin dengan cara mencantumkan berbagai skill pendukung, contohnya seperti kemampuan dalam berbahasa Inggris.

Skill bahasa Inggris tentu memberi Anda peluang yang lebih besar untuk diterima bekerja di perusahaan yang Anda lamar. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris juga akan memberi Anda kesempatan untuk memperoleh promosi lebih cepat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari bahasa Inggris. Jadi, jangan ragu untuk belajar bahasa Inggris

3. Pentingnya Bahasa Inggris di Masyarakat

Masyarakat Indonesia perlu menguasai bahasa Inggris karena beberapa alasan:

a. Dapat Memperluas Wawasan

Bahasa Inggris sering digunakan dalam menyampaikan informasi dan ilmu pengetahuan. Dengan begitu, masyarakat Indonesia akan memiliki wawasan yang lebih luas jika dapat berbahasa Inggris dan rutin menggunakannya untuk mencari informasi.

b. Dapat Mengangkat Citra Negara di Mata Global

Dalam forum Internasional, komunikasi dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris. Jika perwakilan Indonesia mampu berbahasa Inggris secara fasih, mereka pasti akan terlihat smart dan mampu menjalankan tugas diplomatik dengan baik. Dengan begitu, citra negara pun akan terlihat lebih baik.

c. Dapat Memajukan Bangsa

Masyarakat Indonesia yang mampu berbahasa Inggris akan mampu bersaing secara global dalam berbagai aspek kehidupan. Kesuksesan ini tidak hanya akan mengharumkan nama bangsa, tetapi juga akan membawa kemajuan negeri ini.

4. Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Pariwisata

Industri pariwisata memberi sumbangan besar pada kekayaan negara. Oleh karena itu, penting bagi semua pelaku wisata untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada. Bahasa Inggris merupakan salah satu kunci cara mengoptimalkan kesuksesan industri pariwisata karena dapat menarik wisatawan asing.

Dengan pelayanan ini, mereka akan merasa nyaman dan terkesan ketika berwisata. Bahasa Inggris juga perlu digunakan dalam membuat informasi tertulis tentang wisata, contohnya rambu arah menuju tempat wisata, papan peraturan objek wisata, dan panduan wisata. Hal tersebut dapat memudahkan wisatawan dalam menemukan informasi dan rute objek wisata.

Tips Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris

Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris di Dalam Kelas

Berikut ini tips untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris didalam kelas agar membantu menumbuhkan rasa percaya diri.

1. Perkenalkan Diri Dengan Tenang

Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar perkenalan diri menggunakan bahasa Inggris di depan kelas berjalan maksimal yaitu dengan bersikap tenang. Anda harus ingat bahwa perkenalan diri dalam bahasa Inggris bukanlah hal yang sangat menyeramkan, jadi berbicaralah dengan santai saat memperkenalkan dirimu.

2. Berikan Salam dan Sapaan

Ketika Anda berdiri di depan kelas dan ingin perkenalan diri dalam bahasa Inggris, pastikan jangan sampai lupa untuk memberikan salam dan sapaan.

Salam dan sapaan atau greetings ini wajib diucapkan agar teman-teman di kelas give their attention. Contoh greetings yang bisa kamu pakai di antaranya yaitu:

  • Hi!
  • Hello!
  • Hi everyone!
  • Hi everybody!
  • Hello friends!
  • Good morning!
  • Good afternoon!
  • Hi, good morning, Sir and all of my friends!
Baca Juga :  Noun (Part Of Speech) : Pengertian, Fungsi, Tujuan

3. Perhatikan Sopan Santun Dan Body Language

Hal yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan sopan santun dan body language atau bahasa tubuh.

Ketika diminta untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas oleh guru, maka gunakanlah bahasa dan menunjukkan gerak-gerik yang sopan, sehingga bisa mendapatkan nilai tambah.

4. Sampaikan Maksud

Isi dari perkenalan diri dalam bahasa Inggris salah satunya adalah penyampaian maksud kamu setelah memberikan salam dan sapaan kepada teman-teman di kelas.

Contoh penyampaian maksud untuk perkenalan diri dalam bahasa Inggris yaitu:

  • Let me introduce myself
  • I would like to introduce myself
  • I’d like to introduce myself

5. Perkenalan Identitas

Setelah menyampaikan maksudnya, maka bisa menyebutkan nama lengkap nama panggilan, tempat lahir, background pendidikan, dan tempat tinggal saat ini.

Berikut contohnya:

  • My name is …
  • I’m …
  • You can call me …
  • My full name is …

6. Tutup dan Ucapkan Terima Kasih

Saat ini kamu sudah di tahap yang terakhir. Kini waktunya untuk menutup kalimat perkenalan diri dalam bahasa Inggris dengan contoh berikut:

  • That’s all from me
  • Pleased to meet you!
  • Nice to meet you!
  • Glad to see you!
  • Thank you for your attention!

Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Hi, everybody! I would like to introduce myself. My name is Nesa Pakpahan, people usually call me Nesa. I live in Medan. Glad to see you!

Artinya

Halo, semuanya! Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Nesa Pakpahan, orang-orang biasa memanggilku Nesa. Saya tinggal di Medan. Senang bertemu denganmu!

Good morning, everyone!

I’d like to introduce myself. My name is Nesa Pakpahan. You can call me Nesa. I have two brothers and I’m the second child in my family. I was born in Medan, on Mei 03, 1999. Currently, I live in Bogor.

I love music, especially jazz. Besides that, I also like to eat traditional food like gado-gado, papeda, etc.

I’m taking this class because I have had an interest in community development since my trip to Jambi and I’m pumped to learn a little more about indigenous people. I think that’s all from me. Thank you for your attention!

Artinya

Selamat pagi semuanya!

Terima kasih sudah memberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri. Nama saya Nesa Pakpahan. Kalian bisa memanggil saya Nesa. Saya memiliki 2 saudara laki-laki dan saya adalah anak kedua dalam keluarga saya. Saya lahir di Medan, 03 Mei 1999. Saat ini, saya tinggal di Bogor.

Saya sangat suka musik, terutama musik yang bergenre jazz. Di samping itu, saya juga sangat menyukai makanan tradisional seperti gado-gado, papeda, dan sebagainya.

Saya mengambil kelas ini karena saya tertarik dengan pengembangan masyarakat sejak saya mulai melakukan perjalanan ke Jambi dan pada dasarnya saya bersemangat untuk belajar lebih banyak tentang masyarakat adat. Saya rasa itu saja dari saya. Terima kasih atas perhatiannya!)

Hello everyone!

My name is Risky Febriana. I am a new student in this school. I was born in Pandeglang, a small town in Banten Province, on February 9th 1994.

My hobbies are singing and dancing. If there is a competition, I would love to take part as long as it relates with my hobbies.

I think that as my first step to achieve my goal of becoming a famous Kpop Idol. That’s all that I can tell about myself. Thank you.

Artinya

Halo semuanya!

Nama saya Risky Febriana. Saya murid baru di sekolah ini. Saya lahir di Pandeglang, sebuah kota kecil di Provinsi Banten, pada tanggal 9 Februari 1994.

Hobi saya adalah menyanyi dan menari. Jika ada kompetisi, saya ingin mengikutinya selama itu berhubungan dengan hobi saya.

Saya pikir itu sebagai langkah pertama saya untuk mencapai tujuan saya menjadi Kpop Idol yang terkenal. Itu saja yang bisa saya ceritakan tentang diri saya. Terima kasih.