Materi Muay Thai

Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai artikel yang berjudul Muay Thai. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Muay Thai? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Muay Thai

Muay thai merupakan salah satu cabang dari olahraga bela diri yang berasal dari Thailand yang dapat dilakukan dengan cara mengandalkan tendangan, lutut, siku, serta pukulan yang kuat dengan memiliki tujuan untuk dapat menjatuhkan lawan.


Sejarah Muay Thai

Di Indonesia banyak orang berpendapat bahwa muay thai ialah salah satu bela diri yang berasal dari Jawa Barat. Namun kenyataannya yakni asal mula muay thai berawal dari kurun ke – 12 M, tepatnya di kerajaan thai. Pada waktu itu, adanya peperangan yang telah mengakibatkan kerajaan thai kekurangan senjata. Kemudian, para prajurit memiliki inisiatif untuk dapat mempelajari bela diri muay boran.

Bela diri muay thai, tadinya berjulukan muay boran, tetapi diganti menjadi muay thai. Gerakan – gerakannya pun sedikit berubah. Muay thai dulu dapat digunakan untuk berperang serta hal kekerasan lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, muay thai dapat dijadikan sebagai salah satu media hiburan dan olahraga. Olahraga muay thai inipun sering dipertontonkan di kerajaan thailand.

Pada ketika perang dunia II, pasukan Thailand banyak dikirim untuk melakukan peperangan ke luar negeri, dimana disana mereka dapat berbaur dengan negara – negara lain dari Eropa. Para prajurit dari Eropa melihat bela diri yang telah dilakukan prajurit Thailand dan merekapun merasa tertarik untuk dapat mempelajari seni beladiri muay thai tersebut.

Seiring berjalannya waktu, muay thai semakin berkembang dan terkenal hingga seluruh dunia. Dimana pada akhirnya dibentuknya IFMA (International Federation of Muaythai Amateur) pada tahun 1993 yang bertempat di Bangkok, Thailand. Tujuan untuk dibentuknya organisasi ini alasannya yakni untuk dapat mengatur seluruh problem perihal muay thai di dunia.


Teknik Muay Thai

1. Teknik Memukul

Memukul yakni suatu teknik yang biasa bagi seluruh bela diri. Sama halnya dengan muay thai, terdapat 4 teknik dalam memukul dalam bela diri muay thai, yaitu sebagai berikut:

  • Jab : Suatu teknik memukul yang dapat dilakukan dengan cara meninju secara lurus ke daerah wajah ataupun bagian tubuh yang lainnya.
  • Hook : Suatu teknik yang dapat dilakukan dengan cara meninju daerah wajah maupun bagian tubuh bagian samping lawan.
  • Strike : Suatu teknik ini sebenarnya mirip dengan jab, namun pukulan yang dihasilkan lebih bertenaga. Pukulan ini dapat dilakukan dengan cara melancarkan tinjuan secara lurus sesudah melakukan hook.
  • Upper cut : Suatu teknik yang cukup berbeda dengan jab, hook, dimana teknik ini dapat dilakukan dengan cara melakukan tinjuan dari bawah ke atas dengan sasarannya dagu.

2. Teknik Menendang

Menendang yakni suatu teknik yang biasa bagi seluruh bela diri. Sama halnya dengan muay thai, terdapat 4 teknik dalam menendang dalam bela diri muay thai, yaitu sebagai berikut:

  • High kick : Suatu teknik menendang yang dipakai untuk dapat menyerang daerah kepala lawan.
  • Low kick : Suatu teknik menendang yang dilakukan untuk dapat menyerang daerah pinggang ke bawah.
  • Middle kick : Suatu teknik menendang yang dapat dilakukan untuk menyerang daerah pinggang ke atas.
  • Push kick : Suatu teknik menendang yang dilakukan untuk dapat menjatuhkan lawan dan mengambil jarak.

3. Teknik Mendengkul

Mendengkul yakni suatu teknik yang dimiliki muay thai juga. Terdapat 4 cara melakukan mendengkul, yaitu sebagai berikut:

  • Hook knee : Suatu teknik ini dapat dilakukan dengan cara mendengkul pada daerah tubuh di bagian samping lawan.
  • Upper cut knee : Suatu teknik ini dapat dilakukan dengan cara mendengkul lawan dengan cara mengambil ancang – ancang dari bawah ke atas dengan dagu sebagai targetnya .
  • Circle knee : Suatu teknik ini dapat dilakukan dengan cara memutar anggota tubuh serta tenaga yang dipusatkan pada area lutut atau dengkul. Setelah itu, lakukan serangan pada tubuh bagian samping. Target serangan yang dapat diperbolehkan ialah usuk serta kaki musuh bagian paha.

4. Teknik Menyikut

Teknik menyikut yakni suatu teknik dari muay thai yang tidak kalah penting dari yang lain. Terdapat 4 teknik menyikut dalam muay thai, yaitu sebagai berikut :

  • Sikutan vertical : Suatu teknik yang dapat dilakukan dengan cara menyikut dari atas ke bawah.
  • Sikutan horizontal : Suatu teknik yang dapat dilakukan dengan cara menyikut dari samping.
  • Flying smashing elbow : Suatu sebuah teknik yang dapat dilakukan dengan cara melakukan lompatan dengan terlebih dahulu sebelum menyikut.
  • Upper cut elbow : Suatu teknik yang dapat dilakukan dengan cara menyikut dari bagian bawah ke atas.
  • Smashing elbow : Suatu teknik yang dapat dilakukan dengan cara melakukan sikutan dari atas ke bawah.

5. Teknik Dorongan Kaki

Teknik dorongan kaki atau jab kaki juga dibutuhkan dalam beladiri muay thai, selain tangan. Dimana teknik dorongan kaki merupakan salah satu teknik yang sering digunakan untuk bertahan dari serangan lawan. Dalam setiap olahraga beladiri, terdapat namanya defensif, yang mana defensif digunakan demi dapat mengontrol jarak dengan musuh maupun melakukan tangkisan. Saat ingin melakukan dorongan kaki, harus dilakukan dengan cepat tetapi tidak diperbolehkan melakukan secara berlebihan. Tujuannya ialah membuat lawan kehilangan keseimbangannya. Apabila lawan sudah kehilangan keseimbangan, maka ia akan mudah terjatuh.


6. Teknik Block

Teknik ini juga harus dipelajari, karena teknik ini bertujuan untuk dapat menangkis serangan tendangan lawan yang biasanya diarahkan ke bagian rusuk. Teknik ini juga dapat membantu kita untuk melindungi bagian rahang, ketika lawan menyerang bagian tersebut . Block biasanya dilakukan dengan menggunakan kaki, tangan dan terdapat juga istilah block out yang seluruhnya bisa dilatih demi gerakan muay thai yang sempurna.


7. Teknik Memiting

Teknik memiting yakni suatu gerakan yang dilakukan dengan cara mengunci atau memiting sebagai upaya untuk dapat menjatuhkan kepala lawan sebelum melemparkannya. Untuk melakukan teknik memiting yaitu dengan cara memegang badan lawan, serta leher dan kepalanya. Setelah lawan tidak lagi merasa seimbang, maka barulah serangan dapat dilancarkan dengan berbagai variasi.


Manfaat Muay Thai

1. Menambah Stamina

Beladiri Muay Thai tentunya memerlukan sebuah tendangan, sikut, pukulan, serta dengkulan untuk dapat menjatuhkan lawan. Dengan cara melakukan latihan seperti itu secara rutin, maka pula akan menambah stamina dan meningkatkan massa otot.


2. Membakar Lemak

Selain menjadi beladiri, Muay Thai yakni salah satu olahraga yang dapat menurunkan berat badan dengan melakukan latihan secara rutin dengan giat. Dimana dengan adanya banyak gerakan yang dihasilkan akan membakar lemak yang ada pada tubuh.


3. Terhindar Dari Penyakit Berbahaya

Muay thai diyakini bisa menekan darah tinggi dan menekan kolestrol jahat jika dilakukan dengan latihan rutin setiap hari.

Baca Juga :  10 Macam Senam Lantai dengan Alat dan Tanpa Alat

4. Membuat Kulit Lebih Cerah dan Sehat

Jika ingin mengeluarkan keringat, Muay Thai sangat cocok karena teknik-teknik yang dipelajari bisa mengeluarkan banyak tenaga yang menyebabkan keluarnya keringat dalam jumlah besar. Keringat akan keluar bersama dengan racun dalam tubuh yang akan melancarkan metabolisme dalam tubuh. Dengan lancarnya metabolisme pada tubuh, akan membuat kulit anda semakin sehat dan tampak lebih cerah.


5. Menguatkan Tulang

Sebenarnya banyak tulang kita yang sangat sensitif jika terkena benturan yang keras, tapi bisa memperkuatnya dengan melakukan latihan Muay Thai secara rutin.


Peralatan dan Perlengkapan Muay Thai

Muay thai tentunya memerlukan perlengkapan dan peralatan untuk dapat melakukan aktivitasnya. Adapun perlangkapan dan peralatan tersebut, yaitu sebagai berikut:

1. Perlengkapan Muay Thai

  • Gloves (sarung tinju)
  • Mouth guard (pelindung gigi)
  • shorts (celana)
  • Handswrap (pembalut tangan)

2. Peralatan Muay Thai

  • Heavy bags (samsak)
  • Head guard (pelindung kepala)
  • Shin guard (pelindung kaki)
  • Muay Thai pads (pad tendangan)
  • Belly pads (pad tendangan perut)
  • Low kicks pad (pad untuk tendangan sapuan)
  • Muay Thai jump rope (lompat tali Muay Thai)

Peraturan Muay Thai

Setiap pertandingan tentunya memiliki aturan, begitupun dengan olahraga muay thai. Aturan pertandingan Muay Thai, yaitu sebagai berikut:
Ada empat kelas pertandingan, mulai dari kelas C hingga FTR (Full Thai Rules).

  1. Kelas C: durasi 3 x 2 menit.
  2. Kelas B: durasi 5 x 1,5 menit.
  3. Kelas A: durasi 5 x 2 menit.
  4. Kelas FTR: durasi 5 x 3 menit.
  • Pertandingan dewasa di Thailand hampir semua memakai peraturan kelas A, sedangkan kelas B dan C digunakan hanya di negara Eropa atau Amerika.
  • Mempunyai nilai maksimum 10 pada setiap ronde, dan pemenang setiap rondenya mendapat nilai 10, yang kalah mendapatkan nilai 9,8 atau 7.
  • Teknik yang memperoleh poin ialah teknik yang efektif atau berhasil membuat lawan kehilangan keseimbangan dan akhirnya terjatuh.
  • Pemain dapat diperbolehkan untuk membanting lawan ke kanvas, menyerang sampai lawannya balik badan dari penyerang.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Materi Muay Thai Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.