Senam Aerobik

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Senam Aerobik?  Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan suatu serangkaian gerakan yang dilakukan beriringan dengan irama musik dalam durasi waktu tertentu. Aerobik berasal dari kata ‘aero’ yang memiliki arti oksigen, sehingga senam aerobik ini dapat diartikan juga sebagai senam yang menggunakan oksigen. Senam aerobik dikatakan sebagai salah satu jenis olahraga yang mempunya banyak sekali manfaat untuk membugarkan tubuh. Rangkaian gerakan dalam senam aerobik ini bisa mengaktifkan otot-otot tubuh yang melibatkan sistem kardiovaskuler.


Pengertian Senam Aerobik Menurut Para Ahli

1. Menurut Marta Dinata (2007)

Senam aerobik yakni suatu susunan gabungan sebuah rangkaian gerak tubuh dengan irama musik yang sengaja dibuat untuk dapat menampakkan keselarasan antara gerak tubuh dengan musik untuk mencapai suatu tujuan tertentu.


2. Menurut Dr. Kenneth Cooper

Senam aerobik yakni suatu kegiatan dalam menggerakkan/mengolah bagian tubuh sehingga tubuh dapat memperbaiki sistemnya serta menuntut lebih banyak oksigen yang berguna untuk memperjanjang waktu dalam senam. Senam ini juga dapat meningkatkan detak jantung dan juga memompa oksigen, karena gerakan yang ada dalam senam aerobik sangat teratur dengan menggunakan ritme musik yang dilakukan secara selaras.


3. Menurut Jackie Sorensens

Senam aerobik adalah satu di antara jenis senam kebugaran atau kesehatan jasmani yang sangat lengkap karena telah memiliki cakupan yang luas yaitu beberapa latihan yang dapat mengekspresikan semua perasaan dengan cara tertawa, bergoyang, melompat, meregangkan badan, serta dikombinasikan dengan tarian-tarian yang selaras.


Sejarah Senam Aerobik

Senam aerobik sendiri telah diperkenalkan oleh Dr. Kenneth Cooper tahun 1960-an. Pada satu dekade setelah itu tepatnya pada tahun 1970-an, barulah tarian aerobic berubah setelah tarian ini populer di kalangan masyarakat. Tarian – tarian aerobik pada tahun itu seringnya diadakan di gereja , pusat rekreasi, klub kebugaran dan juga sekolah . Sedangkan di era seperti sekarang ini, aerobic telah jauh berkembang pesat dan jauh berbeda, dimana saat ini senam aerobic bisa dilakukan secara individu dengan menirukan gerakan senam yang terdapat dalam Video Senam Aerobic.

Perkembangan dari aerobik sendiri dimulai dari tahun 2000 tersebut yang mana dapat di ulas diatas pertama kalinya olahraga senam aerobik ini dapat diikutkan kedalam acara pekan olahraga nasional ke – XV di kota Surabaya dan mulai saat itu juga olahraga ini telah mempunyai banyak sekali peminat dari berbagai penjuru di negara Indonesia. Bukan hanya dari negara Indonesia tetapi di luar negeri olahrga semacam ini peminatnya juga banyak sekali apalagi gerakan yang dilakukan sangatlah mudah dan juga bermanfaat sekali dalam membuat tubuh menjadi bugar.


Jenis-Jenis Senam Aerobik

1. Aerobic Sport

Aerobic sport merupakan satu di antara bentuk senam aerobik yang dilakukan dengan menggabungkan gerakan–gerakan ringan, keras, serta kelenturan.


2. Discorobic

Discorobic merupakan suatu gerakan yang dilakukan gerakan-gerakan yang digabungkan antara gerakan ringan dan keras dalam satu irama musik.


3. High Impact Aerobic

High impact aerobic merupakan satu di antara jenis dari senam aerobik yang dilakukan dengan gerakan–gerakan keras dan cepat.


4. Low Impact Aerobic

Low impact aerobic merupakan satu di antara jenis dari senam aerobik yang dilakukan dengan gerakan-gerakan ringan dan tempo yang dipakai biasanya lebih lambat.


5. Rockrobic

Rockrobic merupakan suatu jenis senam aerobik yang penggabungan antara gerakan-gerakan ringan dengan gerakan rock n roll.


6. Aerobic Dance

Aerobik dance merupakan suatu jenis senam aerobik yang dilakukan dengan memakai tarian-tarian yang digabungkan dengan gerakan–gerakan aerobik lainnya.


7. Aerobik dengan Menggunakan Alat

Senam aerobik dengan mengunakan alat merupakan senam yang memakai alat–alat yang membantu memaksimalkan dan memperindah gerakan, seperti bangku, kursi, tongkat, dan tali.


Gerakan Senam Aerobik

1. Pemanasan

Pemanasan sangat penting dilakukan sebelum senam aerobik agar tidak terjadi cedera saat melakukan senam. Tujuan dari pemanasan tersebutu ialah guna dapat menaikan suhu  tubuh, mempersiapkan otot-otot dan menaikan denyut jantung.

Pemanasan biasanya dapat dilakukan selama 5-10 menit sebelum melakukan gerakan senam aerobik. Pemanasan juga dapat dilakukan dengan cara jalan ditempat, lari-lari kecil dan menggerakan tangan ke samping dan atas.


2. Pendinginan

Pendinginan dalam senam aerobik memiliki tujuan untuk dapat mengembalikan frekuensi dari denyut jantung yang cepat agar kembali menjadi normal kembali, serta untuk dapat mengembalikan kondisi normal pada otot-otot tubuh. Pendinginan dapat memerlukan waktu 5-10 menit sama halnya dengan pemanasan.


3. Latihan Inti

Latihan inti dilakukan guna dapat memberikan gerakan yang intensitasnya lebih tinggi dan durasi yang akan terhitung lebih lama dibanding dengan pemanasan yaitu sekitar 22-55 menit.


4. Gerak Langkah Kaki

Gerak langkah kaki mempunyai tiga macam teknik benturan gerakan kaki yang dapat dilakukan pada senam aerobik. Tingkat benturan yang dimaksud adalah tingkat sentuhan salah satu kaki terhadap lantai, antara lain lain High Impact, Low Impact, dan Moderate Impact.


Manfaat Senam Aerobik

1. Menjaga kesehatan otot

Gerakan aerobik dilakukan dengan cara melatih otot-otot tubuh. Tentunya olahraga ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot. Aliran darah yang lebih lancar akan mensuplai oksigen ke otot lebih lancar juga.

Baca Juga :  Bola Voli

2. Menurunkan berat badan

Senam aerobik membuatmu menggerakkan seluruh tubuh. Senam aerobik akan memberikan dampak yang efektif dalam menurunkan berat badan dan tentunya harus diimbangi dengan pola makan yang sehat.


3. Mengurangi stres

Melakukan senam aerobik juga dapat meredakan atau mengatasi stres karena pada gerakan senam aerobik memberikan ketenangan yang akan menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh.


4. Baik untuk kesehatan jantung

Melakukan senam aerobik akan membuat jantung menjadi lebih sehat serta jantung dapat memompa darah secara lebih efisien ke seluruh tubuh, menghasilkan jantung yang lebih terkontrol, dan dapat membantu menurunkan kolestrol pada tubuh.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai Senam Aerobik : Pengertian, Sejarah, Gerakan, Jenis & Manfaatnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.