Lompat Kangkang

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Lompat Kangkang? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Lompat Kangkang

Lompat kangkang yakni suatu jenis olahraga atletik yang dilakukan dengan melewati lompatan peti loncat dengan posisi badan agak sedikit condong kedepan dan membuka kedua kakinya (kangkang). Biasanya alat yang digunakan dalam loncat kangkang dikenal sebagai kuda-kuda lompat.


Pengertian Lompat Kangkang Menurut Para Ahli

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Lompat Kangkang yakni suatu aktivitas melompat yang dilakukan dengan kedua kaki terbuka lebar (kangkang).


2. Menurut Merriam Webster

Lompat Kangkang yakni suatu aktivitas senam yang dilakukan dengan melewati benda dengan posisi duduk namun kedua kaki terbentang lebar ke samping.


Teknik Lompat Kangkang

1. Teknik Awalan

  • Teknik awalan dapat dilakukan dengan lari secepat mungkin, kemudian badan sedikit dicodongkan kedepan.
  • Langkah kaki dalam melakukan lompat kangkang harus diperhitungkan.
  • Lakukan pandangan mata secara lurus kedepan kearah peti loncatan.
  • Lakukan latihan secara terus menerus dan teratur.

2. Teknik Tolakan

Adapun untuk tahapan teknik tolakan dalam gerakan lompat kangkang yaitu:

  • Berdiri dengan kaki agak rapat, badan lurus dan kedua tangan memegang tepi peti.
  • Lakukanlah tolakan dengan kedua kaki pada papan tolak ini seingga panggul ke atas dan kedua tungkai dibuka.
  • Lakukan teknik dasar ini dengan menggunakan awaan beberapa langkah.
  • Lakukan latihan secara berulang-ulang sampai kalian bisa.

3. Teknik Melewati Peti Lompat

  • Mengambil awalan beberapa langkah.
  • Kemudian lakukan tolakan dengan kedua tangan bertumpu dan tungkai kangkang melewati peti loncat.

4. Teknik Mendarat

  • Berdirilah di atas peti locat tersebut.
  • Meloncat dan lakukanlah pendaratan dengan menggunakan kaki, lutut menekuk, dan kedua lengan kalian lurus ke atas.
  • Lakukanlah latihan secara berulang-ulang.

Tujuan Lompat Kangkang

1. Kelincahan

Melakukan gerakan lompat kangkang mempunyai tujuan untuk dapat memperoleh dan mempercepat adanya proses latihan kelincahan, yang mana kelincahan dalam gerakanan melompat akan membutuhkan banyak gerakan tubuh yang lincah dan gesit.


2. Memindahkan objek dengan fase tumpuan

Melakukan gerakan lompat kangkang berarti sama halnya dengan melakukan teknik gerakan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal tersebut tentu saja akan menjadi tujuan utama dalam gerakan lompat kangkang, karena pada dasarnya proses pemindahan ini akan memudahkan dalam melakukan aktivitas olahraga.


3. Melatih Ketepatan

Gerakan lompat kangkang sejatinya dapat dilakukan dengan tujuan untuk dapat mencapai ketepatan. Ketepatan yang dimaksud dengan hal tersebut yaitu dilakukan untuk mengurangi tingkat kegagalan dan kesalahan. Sehingga saat terjadinya proses ketepatan dalam melakukan gerakan lompat kangkang akan memicu ketepatan dalam melakukan hal-hal lainnya dalam beraktifitas.


4. Melakukan pendaratan dengan baik

Gerakan lompat kangkang juga dilakukan untuk mendapatkan pendaratan yang baik setelah melewati papan kuda-kuda.


5. Melompat dengan memperhatikan ketinggian

Serangkaian gerakan melompat yang dapat memperhatikan ketinggian lompatan. Lompat kangkang memiliki tujuan untuk mampu melewati papan kuda-kuda yang sudah disiapkan pada setiap perlombaan.


Manfaat Lompat Kangkang

1. Menjaga Kebugaran

Lompat kangkang memiliki manfaat untuk membuat tubuh menjadi bugar dan semakin semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari sehingga terhindar dari penyakit.


2. Menjaga keseimbangan tubuh

Lompat kangkang memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh. Sehingga akan menimbulkan dampak positif terhadap kekuatan tubuh agar lebih cenderung fokus.


3. Membuat tubuh lebih lentur

Lompat kangkang memiliki manfaat untuk menghasilkan tubuh yang lentur sehingga akan mempermudah dalam beraktivitas sehari-hari, karena tubuh yang lentur memiliki kelenturan tubuh yang menghasilkan otot yang sehat. Kondisi tubuh yang mudah bergerak, akan memperkecil resiko cedera pada bagian persendian dan otot di sekitarnya.


4. Melatih Otot Agar Kencang

Lompat kangkang memiliki manfaat untuk otot perut menjadi lebih kuat dan kencang sebab biasa terlatih.
Apabila otot perut kuat maka otot perut akan bekerja dalam mempertahankan postur tubuh agar tetap tegak saat duduk dan berdiri. Selain itu, juga bisa menyeimbangkan tubuh saat berlari dan menyokong pergerakan organ bawah tubuh kita.


5. Tubuh Jadi Lebih Indah

Lompat kangkang memiliki manfaat untuk yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal dan indah agar meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian yang tinggi. Hal itu bisa didapatkan dengan melakukan gerakan senam lantai, salah satunya adalah lompat kangkang, dengan rutin dan sungguh-sungguh, kalian akan merasakan hasilnya dan akan mendapatkan tubuh yang ideal.


Perlengkapan Lompat Kangkang

1. Rangka Loncat

Rangka loncat lebih dikenal dengan istilah spring board atau papan pegas senam. Papan yang baik dan memiliki landasan pijak spon dengan ketebalan 2.5 cm, serta dilengkapi dua per besi berketinggian 28 cm.

Panjang landasan atas ini memiliki ukuran standar ko kurang lebih 120 cm dan panjang 71 cm. Rangka loncat tersebut akan dapat diberikan manfaat yaitu untuk memudahkan kalian yang sedang melakukan lompatan kangkang dengan peti yang tinggi.


2. Peti Loncat

Peti loncat ini memiliki sebuah ukuran dan dimensi standar dengan panjang rata-rata 120 cm, lebar bagian atas rata-rata 41,5 cm, dengan lebar bagian bawah rata-rata 84 cm serta tinggi rata-rata 104 cm. Peti lompat biasanya mempunyai 3 tingkatan, tetapi kita juga dapat tambah hingga menjadi 5 tingkatan.

Baca Juga :  Kebugaran Jasmani

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Lompat Kangkang Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.