Loncat Indah

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Loncat Indah? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Loncat Indah

Loncat Indah merupakan salah satu cabang olahraga air. Penilaian dalam loncat indah yaitu dilihat dari segi keindahan serta ketepatan dari satu gerakan. Di Indonesia, cabang olahraga yang satu ini berada di bawah naungan Pengurus Besar Persatuan Renang Semua Indonesia (PBPRSI).


Sejarah Loncat Indah

Loncat Indah merupakan olahraga air yang berasal dari Jerman dan Swedia. Atlet senam di kedua negara tersebut menggunakan metode yang cukup berbeda dalam olahraga, yaitu olahraga air dengan menampilkan segi gerakan ketepatan yang indah. Para atlet juga melakukan teknik soft landing dalam berenang untuk dapat memperoleh hasil yang terbaik. Teknik softlanding itulah yang kemudian dikenal dengan nama Loncat Indah atau fancy diving, sedangkan ketika atlet yang melakukan renang dinamakan plain diving.

Olahraga menyelam pada air dengan ketinggian tertentu juga sudah mulai terkenal di negara Inggris pada waktu itu. Pada tahun 1893 di Highgate Ponds telah didirikan stage untuk dapat melakukan Loncat Indah dengan ketinggian 15 kaki. Perkembangan yang terjadi berikutnya dari lompat indah yaitu ditunjukkan dengan adanya kejuaraan internasional atau kejuaraan dunia pertama kali pada tahun 1895.

Kejuaraan internasional tersebut dinamakan sebagai National Graceful Diving Competition, yang mana sekaligus sebagai event mulai dikenalkannya Swedia Fancy Diving. Pada tahun 1908 Loncat Indah mulai diikutsertakan dalam beberapa olimpiade di London yang mana sebelumnya telah diperkenalkan pada olimpiade di tahun 1904.

Tahun 1912, para atlet wanita dapat diizinkan mengikuti perlombaan menyelam dalam olimpiade yang diselenggarakan tersebut. Kemudian, pad tahun 1928, terdapat pertandingan yang akan menyelenggarakan penggabungan olahraga fancy diving dengan plain diving. Tahun 1934 ada even menyelam di dalam ruangan. Tahun 1948 dilaksanakan olimpiade loncat indah di London.


Gaya Loncat Indah

1. Lompat Berbaring

Cara yang harus dilakuan saat akan melakukan lompat berbaring, yaitu seperti ini:

  • Sikap awal yang dilakukan yaitu dengan sikap kepala dengan posisi telentang dengan kepala melewati ujung pada papan loncatnya.
  • Ujung papan harus dipegang supaya kedua ibu jari ada di atas papan dan juga samping telinga.
  • Kedua kakinya lalu diayunkan lurus secara kuat lewat kepala.
  • Diikuti dengan gerakan memutar pada sumbu tekuk lalu masuk ke dalam air dan bagian tubuh yang masuk pertama kali ke dalam air yaitu kaki.

2. Lompat Lurus

Cara yang harus dilakuan saat akan lompat lurus, yaitu seperti ini:

  • Lompatan lurus bisa dilakukan dengan sikap awal, dengan posisi badan berdiri dan menghadap ke arah air.
  • Lalu, mulai gerakan dengan cara mengayunkan lengan ke arah bagian belakang bersamaan dan kaki ditolak ke atas serta loncat ke arah depan.
  • Pada saat lompatan berlangusng, maka tubuh peloncat gak diperkenankan buat tertekuk pada lutut atau paha.
  • Gak cuma itu, lengan juga harus ada dalam posisi lurus dengan ujung jari setajam mungkin.

3. Lompat Duduk

Cara yang harus dilakuan saat akan loncat duduk, yaitu seperti dibawah ini:

  • Sikap pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan duduk di ujung papan loncat dulu, dan posisi badan menghadap ke dalam air.
  • Buat persendian lututnya harus tepa,t diposisikan ke ujung papan jadi tungkai pada bagian bawahnya akan menggantung.
  • Lalu, kedua tangan posisinya lurus ke atas kepala diikuti dengan ayunan tangan ke arah depan bersamaan badan dan tangan yang juga mengguling ke muka, jadi tangan akan tiba lebih dulu ke air.

Peraturan Loncat Indah

1. Melakukan pemanasan sebelum bertanding

Peraturan awalnya yaitu wajib untuk melakukan pemanasan dahulu dalam melakukan lompat indah. Hal ini juga berlaku pada jenis olahraga lainnya. Yang sangat penting dalam melakukan pemanasan lebih dulu. Saat itu para atlet juga diizinkan melakukan pemanasan yang berdurasi selama 15 menit. Pemanasan sangat penting dilakukan para atlet sebelum dilakukannya perlombaan.


2. Mengambil undian

Setiap peserta diharapkan untuk dapat mengambil undian. Supaya atlet bisa mendapatkan nomor urut. Yang kemudian juri akan memanggil berdasarkan nomor urut yang sudah diperoleh. Sedangkan waktu yang diperbolehkan untuk atlet yang ingin mengambil nomor unidan ini waktunya kurang dari 15 menit. Setelah atlet mendapat nomor urut, atlet harus dapat memberitahukan kepada juri mengenai nomor urut yang diperoleh. Kemudian, juri akan mencatat dan akan segera memanggil atlet ketika gilirannya sudah dimulai.


3. Menunggu giliran

Menunggu giliran dipanggil oleh panitia. Panitia akan menyiapkan kursi yang juga disediakan sebagai tempat duduk para atlet. Sampai tiba gilirannya, untuk dapat menunjukkan kemampuan loncat indah tersebut.


4. Memakai baju renang

Poin ini menjadi aturan dasar di dalam loncat indah ini adalah tentunya harus memakai baju renang, dimana olahraga ini dilakukan didalam kolam renang. Memakai baju renang merupakan hal yang wajib dan harus dipatuhi para atlet. Baju renang yang digunakan atlet juga sebaiknya mengenakan baju renang yang berstandar internasional sesuai aturan yang ada.


5. Pengumuman juara dilakukan melalui UPP

Atlet yang menjadi pemenang, akan diumumkan dalam UPP atau Upacara Penyerahan Piala. UPP adalah upacara yang dapat dilakukan dan menjadi tempat penyerahan piala untuk para pemenang. UPP juga bisa anda temukan dalam olahraga renang.


Teknik Dasar Loncat Indah

1. Lompat Berbalik (Reverse)

Teknik berbalik diawali dengan memposisikan badan menghadap ke arah air. Kemudian, lakukan loncatan dengan posisi kaki diangkat, sehingga saat akan masuk kedalam air, posisi punggung akan menghadap ke air.


2. Inward (Lompat Ke Dalam)

Inward yakni suatu teknik dasar lompatan yang diawali dengan posisi punggung menghadap ke air. Kemudian, melakukan tolakan vertikal, maka posisi pinggul dan kaki harus terangkat, sehingga posisi badan saat akan masuk ke air dengan kondisi wajah menghadap ke permukaan air.


3. Forward (Lompat Ke Depan)

Teknik lompatan yang diawali dengan tubuh menghadap ke arah air. Saat kondisi tubuh dalam posisi meIayang, maka lengan digerakkan ke sisi dengan gerakan anggun dan mulus seperti gerakan sayap. Saat sudah mendekati air, lengan segera dirapatkan untuk dapat melakukan persiapan terjun ke dalam air. Gerakan yang biasanya dilakukan yaitu gerakan salto ke depan maupun salto melayang ke depan.

Baca Juga :  Materi Rounders

4. Backward (Lompat Ke Belakang)

Gerakan lompat ke belakang yakni suatu lompatan yang mengambil posisi badan membelakangi kolam. Kemudian, lakukan loncatan dari papan tolakan dengan posisi lurus ke atas yang dilanjutkan dengan gerakan senam. Gerakan yang biasa dilakukan pada loncatan ke belakang yaitu loncatan ke belakang, salto ke belakang, dan juga salto melayang ke belakang.


Manfaat Loncat Indah

1. Melatih Keseimbangan

Manfaat lompat indah yaitu agar melatih keseimbangan agar tubuh tetap berdiri tegak dan seimbang.


2. Melenturkan Tubuh

Manfaat lompat indah yaitu membuat tubuh kita menjadi lebih lentur, sebab dalam melakukan olahraga yang satu ini kita diajarkan untuk dapat membuat gerakan yang indah. Apalagi kita juga diharuskan untuk melakukan gerakan berputar-putar di udara sebelum masuk ke air, kita harus memiliki tubuh yang lentur untuk bisa melakukan itu.


3. Melatih Keberanian

Olahraga lompat indah ini menggunakan papan loncat yang cukup tinggi, sehingga untuk dapat melakukannya, kita harus melatih diri agar mempunyai keberanian untuk dapat berada di tempat yang tinggi. Sehingga, tentunya dengan hal ini dapat memberikan kita keberanian dalam menghadapi situasi apapun.


4. Menambah Tinggi Badan

Melompat dapat membantu pertumbuhan tinggi badan, seperti halnya berenang. Pada umumnya, lompat indah merupakan olahraga yang dapat menggabungkan gerakan lompat dan renang. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa olahraga loncat indah bisa menambah tinggi badan kita.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai Loncat Indah Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.