Renang Gaya Dada

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Renang Gaya Dada? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Renang Gaya Dada

Renang gaya dada merupakan salah satu cabang olahraga akuatik yang dilakukan oleh para atlet renang menggunakan dada dimana jika dilakukan dengan benar maka hal tersebut akan mendapatkan hasil yang maksimal. Renang gaya dada juga dapat disebut sebagai renang gaya katak. Renang dengan gaya dada ini sangat banyak digunakan orang, dikarenakan lebih mudah dan banyak dipelajari pada waktu libur kegiatan untuk menghilangkan rasa lelah dan stress pada tubuh.


Sejarah Renang Gaya Dada

Salah satu bentuk olahraga yang paling tua di dunia ialah renang. Olahraga renang sudah ada sejak masa prasejarah dimana manusia belum mengenal tulisan. Hal ini dapat dibuktikan dengan berbagai gambar yang ditemukan pada dinding-dinding goa pada jaman batu.

Selanjutnya, seiring berjalannya waktu olahraga renang mengalami perkembangan secara menerus dan munculah berbagai macam gaya renang. Gaya renang dada atau katak ini merupakan gaya renang pertama yang dikembangkan untuk sebuah perlombaan.

Pada tahun 1875, gaya renang dada pertama kali digunakan oleh Matthew Webb.  Waktu itu ia memakainya untuk dapat berenang melewati teluk Channel yang ada di Inggris. Sampai kemudian pada tahun 1930 ia dikembangkan dan terciptalah gaya renang lainnya yakni gaya kupu-kupu.


Teknik Renang Gaya Dada

Adapun beberapa teknik renang gaya dada, yaitu sebagai berikut:

1. Latihan Gerakan Meluncur

Meluncur yakni suatu teknik yang harus dikuasai setiap perenang. Gerakan meluncur dapat menghilangkan rasa takut di air, menyesuaikan suhu dan tentu saja menghilangkan risiko cedera pada saat terjadinya perlombaan.

Adapun beberapa cara meluncur saat berenang, yaitu sebagai berikut:

  • Lakukan dengan posisi satu kaki menempel pada dinding kolam di tepi kolam.
  • Posisi tubuh dapat dilakukan dengan ditekuk sehingga terlihat sejajar dengan permukaan air. Kemudian kedua tangan diregangkan dan telingga diapit.
  • Letakkan kaki kamu dengan kuat di dinding kolam dan tubuh kamu akan meluncur ke depan.
  • Lengan dan kaki lurus ke depan.
  • Posisikan tubuh dengan tubuh lurus di atas permukaan air (streamline) dan pertahankan keseimbangannya.

2. Latihan Gerakan Kaki

Adapun langkah-langkah untuk berlatih gerakan kaki saat berenang dengan payudara, yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan posisi tubuh menghadap ke bawah atau menghadap ke bawah.
  • Pegang dinding kolam reanang.
  • Lakukan dengan posisi kepala berada di permukaan air dan kedua kaki berada dalam posisi lurus.
  • Kedua kaki dapat ditarik ke samping, kemudian kedua kaki diregangkan lagi, seperti berenang di kaki katak.
  • Apabila kedua kaki lurus, buat cambuk saat kaki ditutup.
  • Pastikan kondisi kedua kaki santai.
  • Lakukan secara terus menerus dan berulang kali hingga kamu dapat menguasainya dengan baik.

3. Latihan gerakan tangan

Adapun cara berlatih gerakan tangan saat berenang gaya dada, yaitu sebagai berikut:

  • Tempatkan kedua kaki di dinding kolam.
  • Perpanjang kedua tangan dan pastikan posisi kepala kamu berada dari permukaan air.
  • Kemudian, tarik kedua tangan bersamaan ke dada bagian bawah saat telapak tangan menendang air.
  • Dalam gerakan tangan ini kamu dapat melakukan ini menggunakan landasan peluncuran.

4. Latihan Mengambil Napas

Latihan mengambil nafas yakni dapat dilakukan dengan cara menarik kedua tangan ke samping dan kemudian mengangkat kepala saat menarik napas. Untuk menghembuskannya, pastikan kamu dapat perlahan-lahan menghapusnya di dalam air.


Peraturan Renang Gaya Dada

  • Pertama, lakukan dengan cara tangan harus didorong ke muka bersamaan dengan arah dari dada di bawah permukaan air, kemudian dikembangkan ke samping dan dibawa ke belakang kembali dalam waktu yang sama dan simetris.
  • Posisikan badan harus tetap telungkup dan dua bahu sejajar di permukaan air.
  • Kedua kaki dapat ditarik bersama ke badan dengan lutut ditekuk dan terbuka. Selanjutnya, lanjutkan dengan kedua kaki yang akan digerakkan melingkar ke luar dan dirapatkan lagi. Gerakan kaki harus kompak, simetris, dan dalam bidang datar yang sama. Selain itu, tidak diperbolehkan melakukan gerakan kaki ke atas dan ke bawah di bidang yang lurus.
  • Menyentuh dinding saat pembalikan atau finish harus dapat dilakukan dengan kedua tangan yang kompak dan sama tinggi dengan kedua bahu mendatar.
  • Dilarang untuk melakukan berenang di bawah permukaan air selain untuk satu kali gerakan lengan dan satu kali gerakan kaki sesudah start dan pembalikan.

Manfaat Renang Gaya Dada

1. Meningkatkan Tinggi Badan

Olahraga yang satu ini mampu membantu pertumbuhan terutama pada anak-anak. Dimana mereka masih berada pada masa perkembangan. Gerakan yang dilakukan dalam permukaan air secara rutin akan meningkatkan tinggi badan.


2. Menyehatkan Jantung dan Paru-Paru

Olahraga berenang tidak hanya melatih bagian tubuh luar seperti tangan dan kaki. Tetapi juga organ-organ dalam seperti jantung dan paru-paru akan ikut terlatih. Dimana berenang membutuhkan teknik pernapasan yang baik sehingga akan melatih paru-paru. Hal itu yang meningkatkan kesehatan jantung dan semakin memperlancar peredaran darah pada tubuh.


3. Menguatkan Otot dan Tulang

Seluruh bagian tubuh kita akan bergerak ketika berenang. Dimana hal tersebut sangat baik untuk melatih otot dan tulang serta membentuknya menjadi lebih kuat. Ditambah lagi, apabila jika dilakukan secara rutin, maka akan sangat baik untuk kesehatan tubuh.


4. Menurunkan Berat Badan

Baca Juga :  Lompat Harimau

Berenang dapat menjadi salah satu olahraga yang cocok untuk kamu yang memiliki program diet. Dimana kegiatan ini akan membuat seluruh tubuh bergerak sehingga kalori jahat dalam tubuh cepat terbakar. Dalam waktu 30 menit saja kamu sudah mampu membakar sekitar 200 hingga 300 kalori di dalam tubuh, sehingga sangat tepat dilakukannya.


5. Menghilangkan Stress

Berenang sambil bermain air memang sangat menyenangkan. Dimana dapat dikatakan bahwa berenang menjadi salah satu obat dari stress serta beban pikiran yang kamu alami. Bahkan berenang terlihat seperti olahraga yang sama sekali tidak membuat kelelahan. Olahraga berenang membuat semua orang yang melakukannya menjadi rileks dan bahagia.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai Renang Gaya Dada . Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.