Senam Artistik

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Senam Artistik? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Senam Artistik

Senam artistik adalah jenis senam yang menggabungkan aspek berguling dan akrobatik untuk mendapatkan keindahan atau artistik dari gerakan-gerakan yang dilakukan menggunakan alat. Dengan koordinasi yang baik dan tata urutan gerakan yang selaras akan membentuk rangkaian gerak artistik yang indah.


Sejarah Senam Artistik

Senam artistik diperkenalkan sejak zaman Yunani Kuno. Senam berasal Yunani dari kata Gymnastics yang memiliki arti telanjang, dikarenakan dahulu para atlet berlatih tanpa menggunakan pakaian.

Pada abad ke 19, para atlet melakukan senam untuk menjaga kesehatan, membentuk tubuh agar terlihat ideal dan siap mengikuti ajang setiap perlombaan olahraga. Peraturan dan ketentuan senam artistik dibuat untuk dapat memberikan arahan dalam pertandingan. Kemudian latihan gymnastic semakin berkembang dengan adanya buku yang ditulis oleh Archange Tuccaro yang berjudul “Arial Jumps”.

Pada saat itu, senam artistik mulai banyak diperlombakan dan cukup populer dikalangan masyarakat. Sehingga dibentuk wadah senam internasional dengan nama Federation Internatonal de Gymnastique (FIG). Pada masa awal olympic games, senam dianggap sebagai bentuk protes ataupun demonstrasi seni terhadap cabang olahraga. Kemudian pada abad 20, senam artistik mulai semakin terkenal  dan menyebar di berbagai negara di dunia termasuk negara Eropa.


Karekteristik Senam Artistik

1. Persiapan Fisik

Senam artistik yang dilakukan olahragawan harus dilakukan secara berhati-hati untuk menjaga kondisi fisik tubuhnya, karena dalam melakukan senam artistik diperlukan persiapan fisik yang kuat agar terhindar atau meminimalisir terjadinya kecelakaan saat dilakukannya perlombaan.

  • Latihan dan Terapis

Gerakan senam artistik dapat dikatakan cukup bahaya, tetapi secara mendasar senam artistik adalah suatu jenis senam yang cukup aman, karena setiap gerakan yang dilakukannya berusaha untuk dapat melawan gravitasi.

  • Teknis

Persiapan untuk dapat menjadi pesenam yang profesional harus diawali dengan hadirnya pelatih yang juga selalu mendampingi pesenam dalam melakukan latihan, pelatih senam memiliki sebuah tugas yaitu untuk menguraikan rencana latihan dan memberikan beberapa masukan dan keputusan yang tepat.

  • Olahragawan

Olahragawan harus memiliki sebuah niat dan juga keinginan yang kuat untuk dapat menjadi seorang atlet senam artistik. Seorang atlet senam artistik harus dapat merelakan waktu yang cukup panjang untuk dapat melakukan latihan secara rutin dan bertahap. Dilakukannya hal tersebut tentunya memiliki sebuah tujuan yaitu tubuh dapat menjadi lebih lentur dan elastis, sehingga memudahkan pesenam untuk melakukan berbagai gerakan senam artistik.

  • Tim Medis dan Latihan

Senam artistik ialah sejenis olahraga yang cukup aman dan menarik saat dilakukannya, karena banyak memiliki manfaat. Senam artistik menggunakan banyak kasur untuk dapat memangkas potensi jatuh atau ketidakseimbangan atlet saat melakukan senam artistik tersebut. Hal ini juga dengan iringan dokter dan terapis fisik penting untuk pulih setelah tes atau latihan dan saran apa yang harus atau tidak harus dilakukan pesenam. Ini semua disertai peregangan yang bagus sebelum dan sesudah latihan untuk menghindari masalah otot dan sendi.


2. Persaingan Usia Atlet

Dari awal senam artistik diperkenalkan dan dipopulerkan sebagai olahraga resmi, usia selalu dapat menjadi bahan perbincangan yang menarik hingga saat ini. Senam yang kebanyakan dilakukan oleh wanita ini terbilang sangat fleksibel terkait persyaratan usia.

Untuk dapat mengikuti kompetisi senam artistik pada awalnya adalah minimal seusia 14 tahun, tetapi pada aturan yang sudah diputuskan tersebut tidak ada yang mempermasalahkannya, karena kebanyakan yang siap berlomba waktu itu pada usia rata-rata 20 tahunan. Kemudian, pada pertengahan tahun 50 an, banyak sekali atlet muda yang bermunculan yaitu atlet muda yang memiliki rentang umur 15 – 16 tahun, dimana hal tersebut akan membuat persaingan dalam senam artistik sangat ketat dengan adanya perbedaan umur yang mencolok.


Manfaat Senam Artistik

1. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stress

Senam artistik merupakan senam yang dilakukan banyak gerakan yang tentunya akan membuat kelelahan. Maka dari itu, senam artistik menjadi salah satu aktivitas yang bisa meningkatkan hormon endorfin yang memiliki manfaat salah satunya yaitu untuk dapat meningkatkan mood serta dapat mengurangi stress dalam menjalani kegiatan sehari-hari.


2. Meningkatkan Kerja Jantung

Gerakan-gerakan yang dilakukan saat melakukan senam artistik yang juga tentunya dilakukan secara rutin memiliki manfaat yaitu dapat meningkatkan kinerja jantung menjadi lebih cepat akibat banyak gerakan yang dilakukan pada saat senam. Sehingga gerakan-gerakan senam tersebut secara tidak langsung akan menjaga kesehatan jantung.


3. Menurutkan Berat Badan

Senam artistik juga merupakan salah salah satu jenis olahraga dalam menurunkan berat badan. Dimana gerakan yang dilakukan senam artistik sendiri dapat membakar lemak dalam tubuh.


4. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Gerakan senam artistik sangat bermanfaat dalam melancarkan oksigen secara menyeluruh karena gerakan yang banyak dilakukan secara rutin akan meningkatkan fungsi kognitif atau kemampuan untuk berfikir akan meningkat.


Peralatan Senam Artistik

Berikut beberapa alat senam artistik yang digunakan, baik putra maupun putri yaitu meliputi :

1. Artistik Putri

Alat dalam senam artistik putri dapat dikatakan tergolong lebih sedikit dibandingkan dengan alat pada senam artistik putra.  Adapun beberapa jenis alat senam artistik putri yaitu sebagai berikut:

  • Vaulting Horse atau Kuda Lompat

Putra maupun putri dalam nomor kuda-kuda lompat ini tidak diperbolehkan mengambil ancang-ancang yang jauhnya lebih dari 25 meter. Ukuran alat untuk putri adalah dengan panjang 1.60 meter dan tinggi 1.20 meter.

  • Floor Exercises atau Lantai

Gerakan senam yang dilakukan membutuhkan landasan matras yang mempunyai ukuran 12 m persegi. Gerakannya sama dengan yang dilakukan putra dengan pengecualian disertai iringan musik.

  • Uneven Bars atau Palang Bertingkat

Gerakan palang bertingkat dapat dilakukan terpisah maksimal lebarnya 1,435 meter dengan memiliki ketinggian yang berbeda. Untuk tinggi palang atas antara 2.35 meter dan 2.4 meter dari lantai. Sedangkan palang bawah tetap sejajar dengan palang atas dengan ketinggian 1.4 meter dan 1.6 meter dari lantai.

  • Balance Beam atau Balok Keseimbangan

Gerakannyabalok keseimbangan terdirii atas gerakan jungkit balik, berputar dan melompat. Gerakan ini dapat dilakukan pada suatu palang tunggal dengan ukuran panjang 5 m, lebar 10 m dan tinggi 1.2 m dari tanah.


2. Artistik Putra

Alat yang dapat dilakukan dalam senam artistik putra yaitu sebagai berikut:

  • Floor Exercises atau Lantai
Baca Juga :  Lempar Lembing

Gerakan senam yang dilakukan membutuhkan landasan matras yang mempunyai ukuran 12 m persegi. Gerakannya sama dengan yang dilakukan putra dengan pengecualian disertai iringan musik.

  • Pommel Horse atau Kuda Pelana

Nomor senam yang satu ini hanya khusus diakukan oleh seorang pria, karena dalam melakukan gerakannya dibutuhkan tenaga dan stamina yang cukup kuat. Kuda – kuda sendiri memiliki tinggi punggung 1, 10 meter serta panjang 1, 60 meter dan lebar 35 centimeter.

  • Rings atau Gelang Gelang

Gelang – gelang atau rings merupakan  salah satu alat yang dapat dipakai pada senam artistik dengan ukuran tinggi 2, 55 meter serta jarak 0, 50 meter.

  • Vaulting Horse atau Kuda Lompat

Kuda – kuda lompat atau yang biasa disebut dengan horse vault merupakan nomor senam yang terlihat lebih gampang dilakukan dari pada nomor lainnya. Alat ini mempunyai tinggi 1, 35 meter.

  • Horizontal Bar atau Palang Tunggal

Nomor senam ini sangat menarik perhatikan masyarakat alasannya dimainkan dengan indah. Alat ini mempunyai panjang 2, 40 meter dan tinggi 2, 55 meter.

  • Parallel Bars atau Palang Sejajar

Dibutuhkannya otot lengan yang kuat, sehingga nomor senam yang satu ini hanya dilakukan untuk laki-laki saja. Nomor senam ini sangat cantik untuk memperbesar lengan, alasannya menggunakan gerakan menyerupai tarikan dan menekan.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai Senam Artistik : Pengertian, Sejarah, Karakteristik, Manfaat & Peralatannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.