Lompat Harimau

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Lompat Harimau? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Lompat Harimau

Loncat harimau yakni suatu gerakan meloncat seperti harimau yang akan menerkam mangsanya, serta diikuti gerakan roll depan. Lompat harimau juga dapat dikatakan sebagai salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam gerakan senam lantai. Gerakan pada lompat harimau adalah suatu gerakan pengembangan dalam gerakan salto. Lompat harimau ini memiliki beberapa teknik tertentu  dalam pelaksanaannya sama seperti cabang olahraga atletik yang lainnya, dimana teknik gerakan ini berfungsi untuk menghindari adanya resiko cidera ringan maupun fatal.


Pengertian Lompat Harimau Menurut Para Ahli

1. Menurut KBBI

Melompat harimau dapat diartikan sebagai suatu gerakan untuk dapat mendorong diri sendiri ke atas atau melewati jarak dalam satu gerakan cepat atau serangkaian gerakan semacam itu.


2. Menurut Collins Dictionary

Lompat harimau yakni suatu gerakan melompat, kita menekuk lutut, mendorong ke tanah dengan kaki kita, dan bergerak cepat ke atas ke udara.


3. Menurut Macmillan Dictionary

Melompat harimau yakni suatu hal yang dapat dilakukan untuk menggerakkan tubuh kita dari tanah menggunakan kaki kita.


Teknik Dasar Lompat Harimau

1. Teknik Awalan

Adapun tahapan untuk melakukan teknik awalan dalam gerakan loncat harimau sebagai berikut ini:

  • Posisi badan tegap dan pandangan menghadap ke depan.
  • Badan berada sekitar 3 sampai 5 langkah dari daerah tolakan.
  • Lakukan ancang-ancang dengan kecepatan yang bisa disesuaikan.
  • Pada langkah terakhir bersiaplah untuk melakukan tolakan.

2. Teknik Tolakan Dan Loncatan

Adapun tahapan teknik tolakan dan loncatan dalam gerakan loncat harimau adalah sebagai berikut ini:

  • Lakukan tolakan dengan menggunakan kedua kaki.
  • Pergelangan kaki dan tungkai kaki di bengkokan dan kemudian meloncat ke atas ke depan.
  • Apabila badan terasa melayang di udara maka segera luruskan tungkai kaki.
  • Kemudian lengan di ayunkan ke depan.
  • Ketika tangan menyentuh matras bagian kepala di masukan antara kedua lengan.

3. Teknik Gulingan

Adapun teknik gulingan dalam gerakan loncat harimau adalah sebagai berikut ini:

  • Ketika tangan sudah menyentuh matras dengan segera kepala di masukan dan tundukan hingga dagu menyentuh dada.
  • Bagian tubuh yang pertama kali menyentuh matras adalah bagian pundak.
  • Bagian punggung di bulatkan sehingga badan akan dengan sendirinya menggelinding ke arah depan.
  • Setelah itu lakukan lah guling ke depan.

4. Teknik Akhiran

Adapun untuk teknik akhiran dalam melakukan gerakan loncat harimau adalah sebagai berikut ini:

  • Gerakan akhiran dilakukan dengan sikap atau posisi jongko dengan tangan di luruskan ke bagian depan. Atau bagi yang telah mahir melakukan gerakan loncat harimau dengan baik dan benar, gerakan akhiran ini bisa di akhiri dengan cara berdiri.

Cara Lompat Harimau

  1.  Berdiri secara tegak, kemudian kedua lengan dilakukan secara lurus di samping, pandangan lurus ke depan.
  2. Gerakan awalan jongkok, kemudian melakukan gerakan meloncat ke depan atas dengan tolakan dua kaki, ketika melayang kedua lengan lurus ke depan.
  3. Ketika kedua tangan menyentuh, kepala menunduk ke dada di antara kedua tangan, sehingga bahu dan tengkuk dapat menyentuh matras, lipat kedua kaki, selanjutnya mengguling ke depan dengan tangan yang
  4. Sikap akhir jongkok terus berdiri. Apabila hal ini sudah bisa di lakukan dengan baik, maka bisa dilanjutkan dengan sikap berdiri ataupun dengan awalan.

Tujuan Lompat Harimau

Tujuan lompat harimau yaitu untuk mencapai kesegaran jasmani, seperti jantung, paru-paru dan daya tahan kebugaran tubuh.


Manfaat Lompat Harimau

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Gerakan lompatan dan gulingan, ternyata gerakan itu dapat membantu jantung bekerja secara maksimal. Pada gerakan-gerakan tersebut akan membutuhkan energi yang tinggi dan pada akhirnya memaksa jantung untuk memompa lebih banyak darah. Maka dari itu, otot jantung akan jauh lebih terlatih dan membuat jantung menjadi lebih sehat akibat gerakan lompatan tersebut.


2. Menjadikan tubuh lebih langsing

Melakukan gerakan lompat harimau tentunya sangat membantu dalam membakar kalori dalam tubuh sehingga dapat menjadikan tubuh menjadi lebih lansing. Selain membakar kalori, gerakan lompatan harimau juga mampu membuat bentuk tubuh menjadi lebih indah dan langsing.


3. Mengembangkan otot

Melakukan latihan gerakan lompat harimau secara bertahap dan terus menerus secara teratur dapat bermanfaat untuk membantu dalam mengembangkan otot-otot tubuh, oleh karena itu tubuh akan menjadi lebih kekar dan kuat dalam menjalani setiap aktifitasnya.


4. Menambah kelenturan tubuh

Melakukan gerakan lompat harimau tentunya akan membutuhkan suatu kelincahan dan kekuatan. Apabila memasuki tahapan menggulingkan tubuh, itu akan dapat menjadikan tubuh menjadi lebih lentur. Hal ini sangat bermanfaat untuk kita yang memiliki tubuh yang kaku. Sehingga akan terbentuk tubuh yang lentur.


5. Membuat tubuh lebih bugar dan sehat

Lompat harimau juga dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh salah satunya akan membuat tubuh kita menjadi lebih bugar, Sehingga apabila kita mempunyai tubuh yang bugar tentunya akan membuat kita jauh lebih bersemangat dalam melakukan aktifitas harian kita.


Perlengkapan Lompat Harimau

1. Matras

Matras menjadi alat penting untuk dapat melakukan lompat harimau. Matras ini akan dapat melindungi kamu dari risiko cedera yang lebih parah. Matras yang empuk akan membuat tubuh lebih nyaman ketika mendarat dan berguling setelah dilakukannya loncatan. Matras yang lebar juga sangat dibutuhkan untuk dapat mengurangi resiko cidera sewaktu pendaratan.

Baca Juga :  Materi Tenis Meja

2. Penanda

Penanda mempunyai fungsi untuk dapat menjadi batas agar peserta lompatan bisa melompat lebih tinggi. Tetapi, ketinggiannya tetap harus disesuaikan dengan tinggi badan para peserta. Tanpa ada penanda, peserta akan mengalami kesulitan untuk dapat melompat lebih tinggi. Untuk anak-anak, penanda akan dipasang sekiranya anak-anak tersebut mampu untuk mencapai dan melewatinya.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai Lompat Harimau Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.