Pengertian, Contoh, & Struktur Review Text

Review text adalah sebuah tulisan yang berisikan mengenai evaluasi atau tinjauan dari suatu publikasi. Publikasi ini bisa berbentuk buku, film, musik, video, dan lainnya. Dalam tulisan ini tentu saja berisi mengenai opini dari penulisnya yang bersifat subjektif.

Pengertian Review Text

Berbeda dengan hortatory exposition, review text merupakan jenis teks bahasa Inggris yang digunakan dalam menilai suatu karya. Review text biasanya digunakan untuk meninjau atau mendalami suatu karya, seperti film, komik atau bahkan anime.

Review text juga merupakan sebuah tulisan yang berisikan mengenai evaluasi atau tinjauan dari suatu publikasi. Publikasi ini bisa berbentuk buku, film, musik, video, dan lainnya. Dalam tulisan ini tentu saja berisi mengenai opini dari penulisnya yang bersifat subjektif.

Biasanya dalam ulasan akan ditulis kelebihan atau kekurangan dari sesuatu yang dinilai tersebut. Tujuan dari review text diantaranya mengkritik atau memberikan evaluasi kepada sebuah artwork sebagai informasi bagi khalayak umum. Tujuannya Teks ulasan dimanfaatkan guna mengevaluasi, meninjau, mengkritik peristiwa maupun karya seni untuk pendengar maupun pembaca (untuk khalayak umum).

Mengetahui sekaligus menginformasikan kualitas, kelebihan, dan juga kekurangan yang ada pada suatu karya. Selain untuk menyampaikan opini dari sisi penulis, tujuan ulasan yang dipublikasikan adalah untuk memberikan informasi kepada audiens.

Hal ini sangat bermanfaat bagi ketiga pihak: penulis, khalayak, dan pemilik publikasi. Mengapa demikian? Pertama, secara tidak langsung penulis memberikan ulasan secara gratis dan bisa mempromosikan publikasi yang dibuat oleh creator. Namun, jika ulasan berbentuk negatif bisa saja bisa berdampak buruk terhadap publikasi yang diulas.

Kedua, keingintahuan audiens terhadap informasi baru akan terpenuhi. Biasanya kita akan mencari ulasan terlebih dahulu sebelum menikmati sebuah publikasi. Misalnya sebelum menonton film, kita akan mencari ulasan-ulasan terlebih dahulu apakah penilaiannya bagus atau tidak.

Ketiga, dari pihak creator akan memberikan manfaat yang besar seperti promosi tak langsung. Walaupun jika ada ulasan buruk, mungkin akan sedikit berdampak pada publikasi yang mereka buat.

Namun, mereka bisa melihat langsung melihat kekurangannya dan bisa dijadikan input. Bahkan untuk beberapa hal seperti ulasan makanan dari sebuah restoran, mereka bisa langsung berbenah diri jika ada ulasan yang tidak menyenangkan. Juga, bisa berusaha memenuhi ekspektasi dari para audiens.

Hal-hal yang diulas bisa bermacam-macam, contohnya produk dari suatu brand, film, musik, drama, buku, dan lain-lain. Tujuan dari teks ini menurut BBC Bitesize ialah “to offer an honest critique of the object under review, and to make a recommendation to your audience”.

Artinya ialah untuk memberikan kritik yang jujur terhadap objek yang sedang ditinjau, dan untuk membuat rekomendasi kepada audiens atau pembaca. Maka biasanya di akhir teks kita bisa melihat apakah si penulis merekomendasikan produk atau karya tersebut kepada pembacanya atau tidak.

Contoh Kalimat Review Text

Contoh Review Text Lagu “A. Love You Like a Love Song”

“Love You Like a Love Song” by Selena Gomez

“Love You Like a Love Song” is a single from one of Disney’s shining stars, Selena Gomez. The young people who love this young singer/actress will like this song. Gomez isn’t known for having a super-strong voice or the most original arrangements, but she deserves props for this song, which mercifully tones down the standard synth-pop noise and kicks the vocal performance up a notch. The end result sounds a bit more creative and mature than the rest of the bubblegum-pop pack.

Selena’s music is always great, and her voice sounds great especially in the bridge. In the past century, people seem to believe that a love song for pop has to be acoustic with guitars, and love songs for Rap/Hip-Hop have to sound the same.

This doesn’t seem to bother Rihanna, Lady GaGa, and now Selena Gomez. To be honest in the past century “Love You Like A Love Song” has been the most original love song in years. Monotone was perfectly done here, and the Autotune was well layered. Autotune is not just robotic, Beyonce and Rihanna use it too. Must be an original love song and just a song in years. It’s about loving someone like a love song. It’s gonna use love song cliches.

Terjemahan:

“Love You Like a Love Song” oleh Selena Gomez

“Love You Like a Love Song” merupakan single dari salah satu bintang bersinar Disney, yang bernama Selena Gomez. Anak – anak muda yang suka akan penyanyi atau aktris muda satu ini pastinya akan suka dengan lagu ini.

Gomez tidak dikenal mempunyai suara yang kuat maupun pengaturan yang khas, tetapi ia pantas menjadi media untuk memamerkan lagu ini, yang dengan penuh kasih nada menonaktifkan suara synth-pop standar serta menendang kinerja vokal hingga takik.

Hasil akhir dari lagu ini juga terdengar sedikit lebih kreatif serta matang daripada jenis bubblegum-pop lainnya. Musik Selena selalu bagus, dengan suara khas yang terdengar hebat. Pada waktu sekarang ini orang nampak yakin jika lagu cinta untuk pop harus akustik dengan gitar, serta lagu cinta untuk Rap/ Hip-Hop harus terdengar sama.

Namun hal ini sepertinya tidak dipedulikan oleh Rihanna, Lady GaGa, dan Selena Gomez. Sebetulnya lagu “Love You Like A Love Song” sudah menjadi lagu cinta paling khas selama bertahun – tahun. Mono tune sempurna dilakukan ada lagu ini, serta autotune nya juga bagus dan berlapis, autotune tak hanya seperti robot ala Beyonce serta Rihanna yang menerapkannya. Harus lagu cinta yang alami serta nyanyikan lagu hanya dalam beberapa tahun. Lagu ini bercerita mengenai mencintai seseorang seperti lagu cinta yang akan memakai lagu cinta yang klise.

Struktur Review Text

Struktur Kebahasaan Review Text diantaranya Memakai present tense. Memakai Adjectives seperti bad, good, valuable, dan yang lainnya. Memakai long and complex clauses Memakai gaya metafora di dalam review.

1. Introduction 

Paragraf pertama dalam sebuah ulasan wajib menyisipkan perkenalan yang biasanya terdiri dari nama produk, sejarah, kegunaan, latar belakang, atau gambaran umum mengenai produknya. Hal ini berfungsi untuk memberikan gambaran yang besar atau informasi yang jelas kepada para pembaca sebelum mereka masuk ke paragraf yang lebih mendalam. Berikan informasi yang jelas dan sekiranya dibutuhkan oleh para pembaca agar mereka merasa kenal dengan produknya.

2. Evaluation 

Pada bagian ini penulis diharuskan untuk memberikan penilaiannya terhadap produk tersebut. Evaluasi ini juga bisa berisikan mengenai keunikan atau kualitas dari produk atau publikasi.

Penulis juga harus bisa memberikan gambaran yang lebih rinci dibandingkan dengan bagian introduction di atas. Interpretative Recount Bagian ini penulis menyampaikan berbagai pandangan dari suatu karya atau produk yang diulas.

Jika penulis menulis ulasan untuk sebuah buku atau film, penulis bisa menuliskan mengenai karakter-karakter, plot, dan lain sebagainya yang ada di dalam karya-karya tersebut. Penulis juga boleh memberikan komparasi terhadap karya lainnya sebagai perbandingan seperti pro dan kontra atau rekomendasi untuk pembaca.

3. Evaluative Summation 

Di bagian terakhir, penulis memberikan summary atau kesimpulan dari publikasi yang diulas. Ini adalah opini terakhir dari penulis terhadap sebuah karya. Penulis bisa memasukkan punchline dari produk sebagai kritikan atau masukan terhadap karya tersebut.

Baca Juga :  10 Contoh Perkenalan dalam Bahasa Inggris