Pengertian Caption Text, Jenis Caption Text & Contoh Caption Text

Saat ini, hampir semua orang bisa mengakses media sosial, mulai dari Facebook, Twitter sampai Instagram. Ada banyak sekali foto yang diunggah di media sosial setiap harinya. Kamu pasti tidak asing dengan tulisan di bawah foto-foto tersebut, tulisan tersebut disebut sebagai caption text. Caption text adalah sebuah teks singkat yang digunakan untuk melengkapi suatu gambar. Tulisan caption yang disematkan di bawah foto atau gambar biasanya ditulis dengan pikiran yang matang sehingga unggahan tersebut bisa disukai oleh orang-orang yang melihatnya.

Selain menjelaskan apa yang dimaksud dengan caption text, tulisan di bawah ini juga akan menjelaskan fungsi dari caption text, ciri-ciri serta contoh latihan soal dan jawabannya.

Pengertian Caption Text

Caption text adalah sebuah teks singkat yang digunakan untuk melengkapi suatu gambar. Caption text muncul biasanya berada di bawah gambar, foto, grafik, poster bahkan tabel.

Teks singkat tersebut berfungsi untuk mendeskripsikan apa yang ada di gambar tersebut. Caption biasanya juga digunakan sebagai penekanan suatu konten artikel, esai atau laporan. Gramedia memiliki buku berjudul Jurus Sakti Copywriting di Twitter, Facebook dan Blog yang ditulis oleh Jubilee Enterprise, dalam buuku ini kamu akan diajarkan untuk menulis caption, tweet, status, headline, dan masih banyak lagi secara efektif dan efesien.

Dalam menulis caption, sangat penting untuk memilih kata-kata yang dapat membuat pembacanya memiliki ketertarikan untuk melihat konten artkel, esai atau laporan tersebut. Oleh sebab itu, ilmu copywriting sangatlah penting terutama di media sosial.

Caption bisa juga datang dengan dua bahasa, satu bahasa ibu dan yang kedua menggunakan bahasa kedua. Misalnya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jika melihat gambar tanpa keterangan, rasanya mungkin seperti menonton sesuatu tanpa mendengarkan suaranya.

Kita tidak bisa mengetahui apa yang ingin disampaikan oleh gambar tersebut, jadi kita hanya bisa menginterpretasikan sendiri arti dari gambar tersebut.

Semua caption text setidaknya memiliki dua kalimat. Kalimat pertama adalah present tense dan menjelaskan apa yang terjadi pada gambar dengan menjawab sebanyak 5W (what, when, where, why, who).

Kalimat kedua adalah bentuk lampau atau past tense dan menggambarkan latar belakang atau situasi yang ada di balik gambar. Selain itu tuliskan informasi sebanyak mungkin informasi dan jangan tuliskan informasi yang tidak jelas. Fokusnya adalah pada bercerita dan memberikan informasi baru dan menarik kepada pembaca.

Kalimat ketiga harus berupa kutipan yang melengkapi cerita dalam gambar. Pembaca banyak yang  menyukainya karena membuat setiap gambar menjadi unik. Kutipan dapat berasal dari orang dalam gambar, saksi, atau orang yang terlibat dalam aktivitas dengan orang tersebut.

Buku Fun English-Text Explorer ini memberikan gambaran yang jelas terhadap jenis teks, maka buku ini dilengkapi dengan tujuan dan fungsi dari teks, struktur serta unsur kebahasaan yang ada di dalamnya. Sengaja dikemas dengan bahasa yang ringan dan sederhana. Sehingga pemahaman terhadap beberapa jenis teks bacaan yang seringkali dimunculkan sebagai bahan ujian akan lebih mudah untuk dipahami.

Jenis-Jenis Caption Text 

Caption text juga memiliki beberapa jenis, yaitu:

1. Identification

Caption text jenis ini biasanya digunakan untuk menjelaskan atau mengidentifikasikan setiap orang yang berada di dalam foto, namun tidak menjelaskan sebuah cerita. Fokus pada caption text jenis identification ini ada pada kejelasan.

2. Group Caption

Group Caption biasanya digunakan untuk menjelaskan banyak gambar. Keterangan ini harus memiliki setidaknya dua kalimat per gambar dan menyertakan kutipan bila memungkinkan. Group caption harus jelas tentang gambar mana yang dijelaskan setiap keterangan.

3. Story-Telling Caption 

Story-telling caption adalah jenis caption yang ideal dan bisa digunakan kapan saja jika memungkinkan. Caption jenis ini akan menceritakan sebuah cerita dibalik gambar yang ada. Dengan menggunakan caption jenis ini biasanya akan lebih menarik untuk dibaca.

4. Summary

Untuk jenis caption summary, biasanya berisi penjelasan subjek yang ada di gambar, kegiatan yang dilakukan di dalam gambar tersebut, waktu kejadian, lokasi kejadian dan alasan mengapa kegiatan tersebut dilakukan.

5. Quote

Quote caption berarti berisi kutipan kalimat dari seseorang yang ada di dalam gambar.

6. Cutline

Caption jenis cutline adalah yang paling sering ditemukan dalam gambar dan tulisan yang tertera pada koran dan media baik media offline ataupun online. Caption cutline menjelaskan subjek yang ada di gambar dan apa yang sedang dilakukan oleh subjek.

7. Expanded

jenis caption expanded adalah jenis caption yang paling lengkap informasinya. Sesuai dengan nama jenisnya, caption text yang diperluas ini adalah pengembangan dari teks sebelumnya, terutama dari caption summary.

Unsur Kebahasaan Caption Text

Caption text dalam bahasa Inggris sebenarnya bisa ditulis menggunakan kalimat apa saja, tetapi lebih baiknya caption text ditulis dalam kalimat simple present tense. Hal ini dikarenakan kalimat simple present tense lebih mudah untuk dipahami oleh para pembaca, sehingga pesannya akan mudah tersampaikan.

Generic Structure Caption Text 

Caption text, meskipun merupakan jenis teks yang sangat singkat, juga memiliki generic structure seperti pada teks-teks lainnya. Berikut adalah generic structure dari caption text.

Cara Menulis Caption Text 

1. Akurasi

Kamu harus mengetahui apa yang ingin kamu sampaikan. Jangan menuliskan atau membuat penilaian tentang suasana hati atau mood orang-orang yang ada di dalam gambar.

Sebetulnya kamu bisa saja menuliskan emosi atau mood pada subjek yang ada di dalam gambar, namun kamu harus mengkonfirmasinya langsung pada sumber tersebut. Selain itu perhatikan pada tindakan yang dilakukan subjek atau yang berada di sekitar subjek.

2. Jangan Terlalu Nyata

Hindari ungkapan yang memberi tahu pembaca tentang tindakan yang sangat jelas, seperti berjabat tangan, melihat, gerak tubuh, mengobrol dan lain-lain. Hal ini tentu saja bisa dilihat oleh para pembaca. Caption text yang terlalu nyata seperti, ‘Sutradara A dan Sutradara B berjabat tangan’, atau ‘kepala Sekolah SMA J sedang melihat komputer yang ditunjuk oleh guru B’.

Baca Juga :  Pengertian Hortatory Exposition & Contoh Hortatory Exposition

3. Hindari Klise

Hindari kata-kata klise atau kata-kata yang basi. Hindari menggunakan kata-kata yang menggambarkan tindakan dengan perasaan, seperti gembira, bersuka cita, melompat dengan gembira, bertepuk tangan dengan gembira, dan lain-lain.

4. Menunjukan Subjek Foto

Jangan menunjukan subjek foto dengan cara seperti berbicara pada subjek tersebut seperti “Hey Joe, sedang apa kamu di depan gedung itu?” “Hey Jane, sedang di mana kamu saat ini?” dan lain sebagainya.

5. Gaya Bahasa

Sebetulnya gaya bahasa bisa disesuaikan dengan gambar yang tertera. Misalnya, foto yang bergaya lucu bisa diberikan caption text yang lucu juga. Foto yang bergaya serius atau seperti tabel dan grafik harus diberikan caption text yang serius juga.