8 Obat Susah Tidur Alami dan Faktor Penyebab Insomnia

 Insomnia adalah gangguan tidur yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia, salah satunya ialah dengan obat tidur alami. Apa saja yang dapat dijadikan pilihan?

Pilihan Obat Susah Tidur Alami Untuk Atasi Insomnia

obat susah tidur

Dalam jangka panjang, kekurangan tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Kondisi ini bisa membuat kamu menjadi lebih mudah sakit dan rentan mengalami kecelakaan ketika berkendara.

Umumnya, dokter akan memberikan resep berisi obat tidur maupun suplemen melatonin. Terapi untuk mengatasi insomnia juga mungkin akan dianjurkan.

Kendati demikian, ada cara alami yang mungkin dapat kamu pertimbangkan. Beberapa bahan herbal berikut dapat dijadikan sebagai obat tidur alami.

1. Akar Valerian

Akar valerian telah sejak lama kerap dimangaatkan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi gejala gangguan sulit tidur, kecemasan, depres, hingga menopause.

Berdasarkan pada beberapa penelitian, mengonsumsi 300–900 mg suplemen akar valerian sebelum tidur bisa memicu rasa kantuk dengan lebih cepat. Bahan herbal ini diketahui juga bisa meningkatkan kualitas tidur.

Seluruh hasil penelitian tersebut dilihat berdasarkan pada pengukuran yang dilakukan selama tidur. Pengukuran dilakukan terhadap denyut jantung dan gelombang otak.

Studi dalam American Journal of Medicine mengungkapkan bahwa konsumsi akar valerian dalam jangka pendek terbilang aman. Walau begitu, ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari obat tidur herbal ini atau berkonsultasi pada dokter telebih dahulu.

2. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah minuman yang mempunyai efek menenangkan. Efek tersebut dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks sehingga kamu akan lebih mudah beristirahat.

Selain itu, teh chamomile berbeda dengan teh pada umumnya yang memiliki kandungan kafein. Teh dengan kandungan kafein bisa memperparah kondisi insomnia pada orang yang sensitif.

Menurut penelitan daro Journal of Advanced Nursing, teh chamomile bisa mengurangi masalah tidur untuk ibu yang baru melahirkan. Mengonsumsi the tersebut membuat mereka bisa tidur dengan lebih mudah.

Teh ini dibuat dari bahan bunga, daun, dan batang chamomile kering. Supaya terasa lebih nikmat ketika diminum, kamu dapat menyeduhnya dengan tambahan perasan jeruk lemon dan madu.

3. Lavender

Obat tidur alami tak selalu berbentuk makanan maupun ekstrak yang dikonsumsi. Obat tidur herbal juga tersedia dalam bentuk minyak aromaterapi, salah satunya ialah minyak lavender.

Kemampuan lavender dalam meningkatkan kualitas tidur tak terlepas dari kandungan linalool yang ada di dalamnya. Komponen ini berinteraksi dengan zat kimia GABA yang bermanfaat untuk merelaksasi otak.

Saat otak rileks, stres dan kecemasan yang menjadi penyebab susah tidur dan terbangun pada malam hari akan berkurang.

Hasilnya, kamu dapat beristirahat dengan lebih mudah ketika menghirup minyak esensial untuk mengatasi stres.

4. Ginseng Merah

Sejumlah studi mengatakan ginseng merah bisa menjadi obat insomnia alami. Konsumsi gingseng merah diketahui mampu mengurangi stres dalam tubuh yang dapat menjadi penyebab terjadinya susah tidur.

Selain itu, berbagai kandungan yang ada di dalam ginseng merah juga bisa membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak dan mengurangi potensi kamu terjaga pada malam hari.

5. Passion Flower

Penelitian dengan basis hewan menunjukkan bahwa komponen aktif dalam passion flower bisa mendorong terjadinya slow wave sleep (tidur gelombang lambat) atau yang juga dikenal dengan tidur nyenyak.

Selain itu, obat tidur herbal ini juga dapat memperlambat terjadinya fase tidur rapid eye movement (REM). Pada fase tidur ini, gerakan mata yang cepat dan gelisah, terjadi peningkatan tekanan darah, dan mimpi.

6. Makanan Mengandung Glisin

Glisin adalah asam amino yang memiliki peranan penting dalam kerja sistem saraf tubuh. Zat ini bisa mengembalikan ritme sirkadian.

Cara kerjanya, yakni dengan mengaktifkan reseptor NMDA yang ada di bagian otak dan memiliki fungsi untuk mengendalikan ritme sirkadian. Dengan begitu, fungsi ritme sirkadian bisa berjalan seperti yang seharusnya.

Ritme sirkadian sendiri adalah jam biologis tubuh yang berguna untuk mengatur waktu untuk bangun dan tidur. kamu dapat memperoleh glisin dari berbagai makanan, seperti:

  • Ikan
  • Daging sapi
  • Kacang kedelai
  • Daging ayam

7. Makanan Dengan Kandungan Melatonin

Melatonin adalah hormon yang memiliki tugas untuk mendukung kinerja ritme sirkadian. Dengan adanya hormon melatonin, kamu bisa tidur dengan baik.

Terganggunya produksi melatonin yang ada di dalam tubuh bisa membuat kamu mengalami susah tidur. Selain diproduksi secara alami dari tubuh, hormon ini dapat diperoleh dari makanan, seperti:

  • Jamur
  • Buah ceri
  • Susu
  • Kacang almon
  • Kacang kenari

8. Makanan Kaya Magnesium

Kekurangan zat magnesium dapat meningkatkan risiko kamu untuk mengalami insomnia. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa asupan zat magnesium terpenuhi dengan baik dalam tubuh.

Beberapa makanan yang kaya akan magnesium dan dapat dijadikan sebagai obat tidur alami, antara lain:

  • Sayuran hijau
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Whole grain

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Obat Susah Tidur

Keampuhan dari beberapa obat tidur alami memang sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian. Akan tetapi, konsumsinya harus sesuai dengan anjuran dari dokter.

Beberapa obat dapat bereaksi dengan zat lain, seperti alkohol, benzodiazepine, dan antidepresan. Reaksi yang ditimbulkan dapat membuat kondisi kamu menjadi bertambah parah.

Obat tidur herbal juga tak dapat dijadikan sebagai satu-satunya solusi untuk mengatasi insomnia. Pola sleep hygiene atau tidur bersih juga harus diterapkan melalui langkah-langkah berikut.

  1. Tidur lebih awal dan bangun pagi dengan rutin.
  2. Menghindari minum kopi maupun makan malam menjelang tidur.
  3. Menahan diri untuk tak menggunakan ponsel di kamar tidur.
  4. Menerapkan terapi relaksasi sebelum tidur.

Terapi Relaksasi Sebelum Tidur

obat susah tidur

Saat mengalami insomnia, tubuh pasti akan merasa lelah. Bahkan, ketika kamu sudah berhasil tidur, terkadang ada saja hal yang membuat tiba-tiba terbangun pada tengah malam dan membuat sulit tidur kembali. Ya, insomnia memang dapat sangat mengganggu, tetapi kamu dapat mengatasinya dengan mempraktekkan teknik relaksasi supaya dapat tidur nyenyak, berikut ini.

Baca Juga :  Ini Dia Penyebab Sakit Jantung dan Cara Mencegahnya