Ruangan Icu Adalah: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Peralatan yang Ada di Dalamnya

Kita mungkin sering bertanya-tanya ketika berada di rumah sakit dan bertemu dengan ruangan yang bertuliskan ICU, ruangan untuk apa sih ini? Ruangan ICU atau yang biasa disebut dengan unit perawatan intensif adalah ruangan yang digunakan untuk menangani orang yang memiliki penyakit yang tergolong serius yang memerlukan perawatan medis secara baik dan hati-hati.

Maka dari itu, ruangan ini biasa juga disebut unit perawatan kritis. Selama ini mungkin kita tahu keberadaan dan sering melewati ruangan ICU ini di rumah sakit, tapi tidak begitu mengerti atau paham tentang apa saja yang ada dan dilakukan di ruangan tersebut.

Ada banyak hal yang harus diketahui terkait dengan ruangan ICU rumah sakit. Ini dimaksudkan agar kita paham apa saja yang berada di dalam sana.

Artikel ini akan memberikan penjelasan semua yang perlu diketahui terkait dengan ruangan ICU. Dimana akan dijelaskan tentang ruangan ICU, jenis-jenisnya, apa saja yang ada di dalamnya, hingga hal-hal apa saja yang harus diperhatikan selama berada di ruangan ICU. Selamat membaca!

Apa Itu Ruangan ICU?

Ruangan ICU (Intensive Care Unit) adalah sebuah ruangan yang terdapat di rumah sakit dimana tempat ini dikhususkan untuk merawat pasien yang memiliki kondisi dengan pengawasan yang ketat. Ruangan ini memiliki banyak peralatan medis yang khusus untuk digunakan dalam membantu proses pengobatan dan pemulihan dari pasien sedang dirawat.

Di dalam ruangan ini juga terdapat dokter spesialis, dokter jaga, dan perawat yang siap siaga memantau selama 24 jam kondisi pasien yang sedang menjalani perawatan.

Ruangan ICU memberikan tindakan medis yang sudah dalam keadaan kritis dan memiliki sistem yang mendukung fungsi organ tubuh yang terdapat di pasien yang mengalami sakit akut atau sedang terluka parah.

Ada beberapa kondisi pasien yang biasa ditangani di ruangan ICU seperti luka besar, luka bakar yang parah, mengalami masalah pernapasan, pasien pasca transplantasi organ, operasi kardiotoraks, dan masalah tulang punggung. Pasien yang tidak berada dalam kondisi yang kritis harus memerlukan persetujuan dari  dokter agar bisa dikirim ke ruangan ICU.

Jenis-Jenis Ruangan ICU

Ternyata, ruangan ICU terbagi dalam beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda. Tentu saja, setiap jenis tersebut untuk menangani permasalahan medis yang berbeda. Berikut  jenis dan fungsi ruangan ICU yang terdapat di rumah sakit.

1. Neotal ICU (NICU)

Ruangan ini digunakan untuk merawat bayi yang sangat muda. Biasanya pasien yang berada di ruangan ini adalah bayi prematur yang  berusia 23-24 minggu sampai dengan 40 minggu dan memiliki sistem pencernaan yang normal.

Namun, dalam beberapa kasus, bayi  yang sudah keluar dari fasilitas layanan kesehatan apabila sakit tidak bisa dibawa ke ruangan ini, dikhawatirkan bayi yang tidak memiliki kondisi yang baik akan menularkan ke pasien yang lainnya.

2. Pediatric (PICU)

Ruangan ini digunakan untuk merawat anak-anak secara insentif. Biasanya diperuntukkan bagi bayi yang tidak bisa masuk ke ruang NICU serta anak-anak sampai umur 18 tahun, atau bisa juga tergantung dari rumah sakit memberikan kebijakan.

3. Neorogical ICU

Ruangan ini digunakan untuk para pasien yang mengalami ketidakstabilan secara neurologis.

4. Intensive Coronary Care Unit (ICCU) / Unit Perawatan Jantung

Ruangan ini digunakan untuk merawat pasien yang memiliki masalah pada jantungnya. Yang biasa ditangani dalam ruangan ini adalah masalah jantung koroner, serangan jantung, gangguan irama jantung yang menjadi berat, serta adanya gagal jantung.

Ruangan ini menjadi prioritas bagi para pasien yang mengalami penyakit kardiovaskuler yang akut, biasanya pasien ini akan berada dalam kondisi yang tidak stabil dan membutuhkan penanganan yang ekstra dari tenaga medis.

5. Pasca Anestesi  Care Unit (PACU)

Ruangan ini digunakan untuk melakukan observasi pasca operasi dan menstabilkan pasien pasca operasi bedah dan anestesi. Pasien yang berada dalam ruangan ini harus baik dalam aspek psikologisnya sebelum dipindahkan ke ruang bangsal.

6. High Dependency Unit (HDU)

Ruangan ini digunakan untuk penanganan dan perawatan intensif pasien yang memiliki penyakit yang ganas.

7. High Care Unit (HCU)

Ruangan ini digunakan untuk pasien yang sudah menunjukkan kondisi yang lebih baik sebelum dikembalikan ke ruang rawat inap, namun tetap mendapatkan penanganan dan pengawasan yang ketat dari tenaga medis. Biasanya pasien yang sedang berada di ruangan ICU sedang berada dalam kondisi yang respirasi, hemodinamik dan  memiliki kesadaran yang normal.

8. Surgical ICU (SICU) / Bedah ICU

Ruangan ini digunakan untuk melakukan  perawatan  pasien yang baru sembuh pasca operasi. Akan ada seorang ahli bedah sudah terlatih yang akan berjaga untuk memastikan pasien mendapatkan perawatan yang baik.

Itulah beberapa jenis ruangan ICU di rumah sakit yang perlu diketahui, di mana setiap jenis ruangan tersebut memiliki perbedaan dalam menangani penyakit pasien yang sudah kritis.

Baca Juga :  Kenali Penyebab Osteoporosis, Gejala, Hingga Pengobatannya