Aliran Surealisme

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Aliran Surealisme? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Aliran Surealisme

Aliran surealisme merupakan suatu seni yang memiliki unsur kejutan di setiap gambarnya. Gambar surealisme tidak akan pernah terpikir pada bena manusia. Selain menempatkan barang-barang asing surealisme juga menambahkan pesan-pesan moral.

Sejarah Aliran Surealisme

Aliran seni surealisme pertama kali dikenal pada tahun 1920-an. Hal ini dibuktikan melalui karya dari Andre Breton dalam tulisan Manifesto Surealisnya pada tahun 1924. Dalam karyanya, Andre menggambarkan unsur surealisme melalui tulisan. Sampai akhirnya surealisme berhasil dikembangkan dari seni sastra ke seni rupa.

Karya seni surealisme terus berkembang sampai akhir popularitasnya. Banyak perdebatan mengenai kapan tepatnya aliran karya seni ini berakhir. Sebagian besar berpendapat bahwa aliran ini berakhir pada perang dunia ke-2. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa kematian Andre Breton pada tahun 1966 menjadi akhir dari seni surealisme.

Unsur-Unsur Surealisme

Unsur-unusr surealisme membantu terciptanya suatu karya surealis. Unsur-unsur surealisme yaitu:

1. Mitos

Mitos adalah pengungakpan jiwa manusia. Setiap manusia memiliki ketakutan dalam dirinya yang dia percaya. Dalam surealisme perlu dilakukan penampakan mitos-mitos tersebut. Dengan adanya mitos, nilai seni dari suatu karya surealis akan bertambah.

2. Mimpi

Mimpi merupakan jalan yang terbaik untuk mengungkapkan alam bawah sadarnya. Dengan mimpi, hal0hal tidak real (nyata) dapat dilahirkan dan direalisasikan dalam suatu bentuk karya.

3. Metamorfosis

Metamorfosis menggunakan teknik automatic, drawing, frotage, decalcomania, fumage, cadavre exquis, dan teknik pengembangannya.

Ciri-Ciri Aliran Surealisme

  • Terlihat seperti fantasi tetapi tetap berpegang teguh pada referensi dunia nyata.
  • Ada arti tersembunyi dari gambar aneh dan tak lazim yang dilukiskan seniman surealisme.
  • Umumnya mempunyai kontras objek yang tinggi, artinya terdapat objek besar yang disandingkan dengan objek kecil.
  • Objek yang digambarkan diambil dari kehidupan sehari-hari, kemudian dilukiskan dengan suasana yang tidak lazim terjadi di dunia nyata.

Tokoh Aliran Surealisme

  1. Salvador Dali.
  2. Andre Breton.
  3. Ivan Sagita.
  4. Hans Arp.
  5. Lucia Hartini.
  6. Max Ernst.
  7. Alberto Giacometti.
  8. Joan Miro.

Contoh Aliran Surealisme

  1. Lukisan Surealisme Rene Magritte
  2. Lukisan Surealisme Salvador Dali
  3. Lukisan Surealisme Oleh Frida Kahlo

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Aliran Surealisme Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca Juga :  Pengertian Nagari – Sejarah, Koto, Rukun, Syarat, Syiar, Tugas, Pemekaran, Para Ahli