Kamus Bahasa Inggris Paling Populer untuk Belajar Bahasa Inggris

Kebutuhan bahasa Inggris saat ini hampir menjadi prioritas bagi beberapa orang. Guna meningkatkan kualitas diri, mempelajari bahasa Inggris menjadi hal yang wajib dilakukan. Utamanya bagi para profesional yang ingin mengembangkan bisnisnya hingga ke luar negeri dan juga para pelajar yang hendak mencari ilmu ke negara maju.

Maka dari itu, tak heran jika mulai dari balita, anak-anak sudah mulai dikenalkan dengan bahasa ini. Kebutuhan yang semakin tinggi itu nyatanya juga dibarengi dengan fasilitas belajar bahasa Inggris yang semakin banyak. Kalian bisa belajar dari mana saja, baik melalui buku maupun internet.

Namun saat hendak memulai belajar bahasa, kamus menjadi hal penting yang wajib dimiliki. Kamus bahasa Inggris paling populer saat ini bisa menjadi rekomendasi paling tepat bagi kalian mengembangkan kemampuan berbahasa. Untuk mengetahui apa saja kamus tersebut, simak ulasan berikut ya.

5 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Paling Populer

Saat ini ada banyak sekali kamus yang bisa kalian pakai untuk belajar bahasa Inggris. Namun barangkali tak semua kamus itu cocok untuk para pemula, atau untuk kalian yang sudah menguasai bahasa Inggris dan ingin mengembangkannya. Maka dari itu, sebagai pertimbangan membeli kamus, berikut adalah rekomendasi kamus bahasa Inggris yang paling populer beserta review isinya.

1. Kamus Inggris Indonesia Edisi yang Diperbarui – John Echols & Hasan Shadily

Kamus bahasa Inggris paling populer pertama adalah Kamus Bahasa Inggri karya John Echols dan Hassan Shadily. Kamus ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1975, dan termasuk salah satu kamus paling laris di pasaran dan banyak digunakan di sekolah-sekolah umum. Selain karena kelengkapan isinya yang disebut-sebut nomor satu, kamus ini juga sudah melalui beberapa kali revisi. Sehingga kualitas isiannya tak perlu diragukan lagi.

Bagi para pemula yang ingin menguasai banyak kosakata, maka kamus yang Edisi yang Diperbarui ini menjadi pilihan yang tepat. Isinya pun tak hanya terjemahan kata saja, melainkan juga turunan dari kata kerja, kata sifat, kata benda, dan lain-lain.

Dulunya, Hasan Shadily merupakan seorang pewarta berita, sementara John Echols adalah mantan tentara Amerika Serikat. Keduanya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik, sehingga kemudian berkolaborasi untuk menciptakan sebuah kamus. Kamus Inggris Indonesia populer ini sudah diterbitkan sebanyak tiga kali, yaitu pada tahun 1975, 2014, dan 2015.

2. Kamus Indonesia Inggris Edisi Ketiga yang Diperbarui – John M. Echols, Hasan Shadily

Bagi para pemula yang ingin belajar bahasa Inggris, kamus menjadi pegangan penting. Jikahttps://www.gramedia.com/products/kamus-indonesia-inggris-edisi-ketiga-yang-diperbarui-hc-1 kalian ingin sungguh-sungguh belajar, tak hanya kamus bahasa Inggris – Indonesia yang bisa dipakai, kalian juga dapat menggunakan kamus Indonesia – Inggris.

Salah satu kamus yang recomended untuk kalian pakai adalah Kamus Indonesia Inggris karya John Echols dan Hassan Shadily. Kenyamanan setiap orang dalam mempelajari bahasa memang berbeda-beda. Ada yang lebih memilih kamus Inggris Indonesia, ada pula yang menggunakan kamus Indonesia Inggris. Kalian bisa saja memilih salah satunya.

Kamus Indonesia Inggris yang diterbitkan tahun 2014 dan 2015 ini dilengkapi dengan banyak sekali kosa kata. Tak hanya itu, kalian juga akan menemukan arti kata beserta turunannya, seperti kata kerja, kata benda, kata sifat, dan lain-lain. Jadi, bagi kalian yang masih pemula, kamus ini akan sangat membantu dalam mempelajari setiap kata.

Apalagi saat awal belajar, tentunya kalian akan lebih sering membuat esai berbahasa Indonesia yang kemudian diterjemahkan ke bahasa Inggris sebagai salah satu metode belajar. Kamus ini merupakan kamus yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

3. Paperback Oxford English Dictionary – Oxford University Press

Paperback Oxford English Dictionary merupakan kamus bahasa Inggris paling populer berikutnya yang harus kalian punya. Paperback Oxford ini juga diterbitkan langsung oleh Oxford University Press. Kamus ini termasuk salah satu kamus bahasa Inggris terbaik yang pernah ada. Isi di dalamnya mengandung pembahasan yang sangat lengkap dan mendalam.

Namun tingkatan pembahasannya memang cukup sulit, terutama bagi kalian yang belum menguasai bahasa Inggris secara dasar. Jadi kamus ini lebih ditujukan bagi mereka yang sudah menguasai bahasa Inggris dasar dan ingin meningkatkan kemampuan berbahasanya. Dengan mempelajari kamus ini, kemampuan kalian dijamin akan berkembang dengan baik.

Di dalam paperback Oxford ini ada sekitar 120 ribu kata berbahasa Inggris dilengkapi juga dengan definisinya panjangnya. Melalui kamus ini, tak hanya kata saja bisa dipelajari, namun juga makna dan definisi dari kata tersebut. Termasuk juga penggunaan kata atau waktu yang tepat untuk memakai kata tersebut. Wah, lengkap sekali bukan? Maka dari itu, buku dengan 1056 halaman ini wajib kalian miliki jika ingin lebih dalam mempelajari bahasa Inggris.

4. Kamus Pocket Bahasa Inggris – Kirizki Setiana

Kamus berikutnya yang juga bisa menambah kemampuan berbahasa Inggris kalian adalah kamus pocket bahasa Inggris karya Kirizki Setiana. Jangan salah, orang Indonesia ternyata juga memiliki bakat yang luar biasa. Kamus pocket ini diciptakan oleh Kirizki yang merupakan orang Indonesia.

Kamus yang diterbitkan oleh Quantum ilmu ini berisi arti kata, pelafalan, ejaan, dan lain sebagainya. Dengan bentuknya yang ramping, kalian akan lebih mudah belajar bahasa Inggris di mana pun. Selain itu, kualitas isi di dalamnya juga tak perlu diragukan lagi.

Kamus saku yang terbit tahun 2018 ini memiliki penjelasan yang lugas dan sederhana. Sehingga sangat mudah dipahami, bahkan bagi kalian yang baru hendak memulai belajar bahasa. Pembahasannya yang disampaikan Kirizki tidak bertele-tele, sehingga lebih mudah dicerna.

Selain itu, buku bersampul biru ini juga akan menambah kemampuan kalian dalam mempelajari percakapan sehari-hari. Kamus kecil ini memang tidak selengkap Oxford Dictionary, namun kata-kata di dalamnya adalah kata-kata yang paling sering digunakan. Sehingga sangat recomended untuk para pemula yang ingin belajar bahasa Inggris.

5.  Cambridge English Pronouncing Dictionary – Daniel Jones, Peter Roach, Jane Setter, John Esling

Kamus Bahasa Inggris Paling Populer berikutnya adalah Cambridge English Pronouncing Dictionary. Buku satu ini  diterbitkan langsung oleh Cambridge University Press. Buku yang diterbitkan pada  tahun 2011 ini berisi tentang pelafalan kata. Bagi kalian yang sudah merasa memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan baik, kamus satu ini sangat recommended untuk dimiliki.

Baca Juga :  Materi dan Soal Exercise Asking for Repetition Kelas 9 SMP

Kamus ini lebih dikhususkan bagi kalian yang hendak mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Terutama untuk belajar aksen pelafalan setiap kata, baik itu aksen american english maupun british english. Buku karangan Daniel Jones dan timnya ini akan sangat membantu kalian dalam mempelajari kosakata dan pelafalan.

Secara keseluruhan ada sekitar 230 ribu kata bahasa Inggris, termasuk nama dan frasa yang dilengkapi dengan cara melafalkan. Jika kalian sedang berlatih untuk meningkatkan kemampuan berbicara, tentu aksen dan pelafalan sangat penting dipelajari. Jadi, dengan buku ini, kalian bisa meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara. Apalagi bagi yang hendak menggunakan bahasa Inggris dalam ranah profesional.