Memanfaatkan Augmented Reality (AR) dalam Transformasi Bisnis Logistik Modern

Bisnis logistik adalah sektor penting dalam perekonomian global yang bertanggung jawab untuk mengelola pergerakan, penyimpanan, dan distribusi barang dari sumber ke konsumen akhir. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan tuntutan pelanggan yang lebih tinggi, perusahaan logistik harus terus berinovasi dan mengadopsi teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka. Salah satu teknologi yang mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir adalah Augmented Reality (AR). Di artikel ini haidunia akan mengulas bagaimana penggunaan AR dalam bisnis logistik telah mempengaruhi operasi, manajemen rantai pasokan, dan kepuasan pelanggan.

Apa itu Augmented Reality (AR)?

AR adalah teknologi yang menggabungkan dunia fisik dengan elemen virtual, memperkaya pengalaman pengguna dengan informasi tambahan yang disajikan secara real-time. Pengguna AR biasanya melihat lingkungan nyata mereka melalui perangkat seperti smartphone, tablet, atau kacamata khusus yang dilengkapi dengan sensor dan kamera. Elemen virtual seperti gambar, teks, atau objek 3D kemudian ditampilkan di atas pandangan dunia nyata, memberikan informasi tambahan yang berharga.

Penerapan AR dalam Proses Penerimaan dan Pengiriman Barang

Salah satu area utama di bisnis logistik yang mendapatkan manfaat dari AR adalah proses penerimaan dan pengiriman barang. Dalam gudang dan pusat distribusi, karyawan dapat menggunakan perangkat AR untuk membantu mereka mengenali dan memverifikasi barang yang tepat dengan cepat. Misalnya, kamera AR dapat membaca kode QR atau kode batang pada produk dan memberikan informasi tentang nama produk, nomor seri, tanggal kedaluwarsa, dan instruksi penanganan khusus.

Baca Juga:  Cara Terbaik Memilih Cloud VPS Untuk Kebutuhan Website Anda!

Perusahaan logistik terkenal seperti DHL, sudah menerapkan inovasi ini dalam sistem kerja mereka loh. Perusahaan logistik DHL menerapkan sistem Vision Picking dalam bisnisnya dalam rangka meningkatkan produktivitas dengan menggunakan perangkat smart glasses bagi setiap karyawannya.

Selain itu, AR juga dapat memandu pekerja untuk mengatur dan memuat barang dengan tepat di dalam truk pengiriman. Dengan menggunakan penanda visual yang diproyeksikan pada permukaan, pekerja dapat dengan mudah mengidentifikasi area di truk yang ditentukan untuk setiap barang, mengurangi risiko kesalahan dan mempercepat proses beban dan bongkar muat.

Optimalisasi Layout Gudang

Mengatur gudang dengan efisien adalah tantangan besar dalam bisnis logistik. AR dapat membantu memecahkan masalah ini dengan memungkinkan manajer gudang untuk merencanakan layout yang optimal. Dengan AR, manajer dapat “memproyeksikan” tata letak alternatif di atas gudang fisik dan menganalisis cara terbaik untuk mengatur rute pick-up dan delivery, mengurangi waktu tempuh dan jarak perjalanan.

Pelatihan Karyawan

AR juga berperan penting dalam melatih karyawan baru atau memberikan pelatihan lanjutan untuk karyawan yang sudah ada. Melalui AR, para pekerja dapat belajar tentang prosedur operasional standar dengan lebih interaktif dan mendalam. Mereka dapat melihat instruksi visual secara real-time saat mereka melaksanakan tugas, yang dapat mengurangi tingkat kesalahan dan waktu yang diperlukan untuk membiasakan diri dengan tugas-tugas baru.

Peningkatan Keamanan dan Keandalan

Keamanan merupakan aspek kritis dalam bisnis logistik, terutama ketika melibatkan transportasi barang berbahaya atau dalam situasi lingkungan yang kompleks. Dengan AR, pengemudi truk dapat menerima informasi real-time tentang kondisi jalan, lalu lintas, dan kondisi cuaca saat mengemudi. Informasi ini membantu mereka untuk mengambil keputusan yang tepat dan mengurangi risiko kecelakaan serta penundaan.

Pengalaman Pelanggan yang Ditingkatkan

AR juga memberikan potensi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam proses pengiriman dan penerimaan barang. Dengan AR, pelanggan dapat melacak kiriman mereka dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Mereka dapat menggunakan smartphone mereka untuk “menghidupkan” kotak pengiriman dan melihat status pengiriman secara real-time. Hal ini dapat meningkatkan transparansi dan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan logistik.

MetaNesia, Penyedia Jasa AR Terbaik di Indonesia

MetaNesia adalah sebuah platform interaksi virtual sebagai media experience baru, di mana user dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang sangat mendukung. Layaknya dunia real, MetaNesia mempunyai banyak environment yang dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan user.

MetaNesia sebagai bagian dari Telkom Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa AR dan juga menyediakan layanan jasa virtual tour, metaverse dan produk teknologi seperti VR dan AR.

MetaNesia sudah banyak dipercaya oleh lebih dari 100 brand di Indonesia. Diantaranya adalah Bank Indonesia, Bio Farma, AHM, Peruri, Pertamina, DHL dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Fungsi SUMIF dan SUMIFS pada Excel Lengkap dengan Contohnya