Materi Golf

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Golf? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Golf

Golf merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia pada golongan atas, karena dalam olahraga ini membutuhkan peralatan yang cukup mahal, dimana tidak semua kalangan dapat membelinya. Tujuan dalam olaharaga golf yaitu memasukan bola ke dalam lubang dari arah yang jauh sesuai dengan daerah yang sudah ditentukan menggunakan stik golf.


Sejarah Golf

Pada abad ke 15 Masehi, Skotlandia telah memainkan olahraga golf di lapangan luas dengan pemukul dari kayu dan bola dari bahan karet. Namun, pada saat itu olahraga golf dilarang pemerintahan Skotlandia karena dianggap sebagai olahraga yang mengganggu jalannya pemerintahan. Kemudian golf dibawa ke Inggris dan pada benua Eropa golf mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Olahraga golf memiliki asal mula yang kurang jelas. Karena, masyarakat Tiongkok bilang mereka telah dahulu memainkan permainan golf sejak abad ke 11 Masehi tepatnya pada zaman dinasti song. Kemudian, penduduk Belanda pun mengatakan bahwa mereka telah memainkan golf peratama kali sejak abad ke 12 Masehi. Tetapi, Skotlandia mengatakan bahwa merekalah yang menciptakan awal mula olahraga golf pada abad ke 15 Masehi.

Para sejarawan dunia berpendapat bahwa olahraga golf berasal dari Skotlandia, setelah terjadinya perdebatan panjang antara Skotlandia, Inggris dan Belanda. Karena terdapat bukti – bukti kuat bahwa golf berasal dari Skotlandia, yakni lapangan golf pertama berada di Skotlandia, nama golf diambil dari bahasa Skotlandia, klub golf pertama juga berasal dari Skotlandia, dan pertandingan pertama golf juga berasal dari Skotlandia. Maka dari itu, Skotlandia merupakan awal mula adanya olahraga golf.

Seiring dengan berjalannya waktu, olahraga golf semakin populer hingga seluruh dunia, hingga dibentuklah IGF (International Golf Federation) pada tahun 1958 untuk mengatur seluruh masalah golf yang ada di dunia. Sampai saat ini, IGF berpusat di Switzerland dan telah memiliki 126 negara sebagai anggota.


Teknik Golf

1. Teknik Mengayun

Teknik mengayunkan stick yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut:

  • Teknik backswing : melakukan dengan cara dilakukan mengayunkan stick ke belakang bagian tubuh sampai melewati kepala dan mengarah ke depan.
  • Teknik downsing : melakukan backswing ini dengan cara dilakukannya ayunan downsing atau dapat melancarkan pukulan yang pas sampai terjadi pukulan yang mengenai bola

2. Teknik Memukul

Terdapat beberapa teknik  dasar memukul bola golf yang benar, yaitu sebagai berikut:

  • Putting, yaitu suatu teknik yang digunakan apabila bola golf sudah dekat dengan lubang supaya mudah dimasukkannya bola golf.
  • Tee shot,  yaitu suatu teknik yang dapat digunakan pada pukulan pertama untuk memulai pertandingan menuju lubang.
  • Fairway shot, yaitu suatu teknik yang dilakukan para pemain golf setelah melakukan tee shot pada bola.
  • Punch, yaitu teknik suatu yang dapat digunakan apabila angin yang berhembus pada dilapangan golf .
  • Bunker shot, yaitu suatu teknik yang digunakan apabila bola yang dipukul keluar area lapangan.

3. Teknik Memegang

Terdapat beberapa teknik memegang stik dengan benar, yaitu sebagai berikut:

  • Baseball gripyaitu suatu teknik yang dapat dilakukan dengan cara seperti memegang stick baseball pada tangan kiri dan tangan kanan.
  • Overlapping golf grip, yaitu suatu teknik yang dapat hanya menggunakan tangan kanan cukup sedikit ke atas sehingga jari kelingking berada di antara jari telunjuk
  • Interlocking golf grip, yaitu suatu teknik yang dapat dilakukan dengan penggunaan untuk para pemain golf yang profesional sehingga dapat melakukannya dengan baik.

Peraturan Permainan Golf

Peraturan – peraturan dalam permainan golf ialah sebagai berikut :

  • Pukulan pertama untuk memulai permainan harus dilakukan dari teeing ground.
  • Pemenang dalam permainan golf yaitu seorang pemain yang menempatkan bola dengan jumlah pukulan paling sedikit.
  • Pada setiap pukulan, pegolf harus berjalan untuk dapat melakukan pukulan selanjutnya.
  • Pemain dapat menganggap bahwa bola tidak dapat dimainkan di posisi mana pun di lapangan.
  • Jika anda memiliki pinalty, anda dapat mengangkat, membersihkan, dan bahkan mengganti bola.

Peralatan Golf

1. Stik Golf

Stik golf yakni suatu alat yang dirancang sedemikian rupa sebagai alat untuk memukul bola. Terdapat beberapa jenis stik yang memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda, yaitu sebagai berikut:

  • Hybrids
    Hybrids yakni suatu penggabungan antara woods dan irons dan digunakan untuk dapat melakukan pukulan jarak jauh di luar tee-box.
  • Irons
    Irons yakni suatu jenis stik golf yang dapat digunakani untuk melakukan pukulan jarak menengah dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi. Irons menjadi jenis stik yang paling banyak dibawa oleh para golfer.
  • Putter
    Putter yakni suatu jenis stik yang dapat digunakan untuk melakukan pukulan jarak pendek seperti menggulirkan bola ke dalam hole. Seringnya, golfer membawa sekitar 14 klab di dalam tas golfnya. Namun, sebagai pemain pula yang mempunyai dana terbatas, kamu dapat membawa stik golf kurang dari jumlah tersebut.
  • Woods
    Wood atau driver yakni suatu jenis stik yang digunakan untuk dapat menghasilkan pukulan jarak jauh. Dengan menggunakan wood, golfer dapat menghasilkan pukulan yang berjarak lebih dari 200 meter. Seringnya, ada 1 hingga 3 jenis wood yang dibawa oleh golfer. Tetapi, bagi pemain pemula mempunyai 1 wood saja dinilai sudah cukup.
  • Wedges
    Wedges yakni suatu sub bagian dari irons yang dipakai untuk dapat memukul bola jarak pendek. Stik ini mempunyai loft maupun head dengan derajat kemiringan yang berbeda karena diperuntukkan untuk melakukan fungsi khusus seperti mengarahkan bola ke green atau memukul bola keluar dari area pasir.

2. Lapangan Golf

Lapangan golf biasanya mempunyai sejumlah lubang atau hole yang dapat dijadikan sebagai sasaran yang pada umumnya terdiri dari 9 – 18 hole.


3. Tee

Tee atau yang sering disebut dengan pasak yaitu suatu alat yang digunakan untuk dapat meletakkan bola ketika hendak dipukul. Peralatan golf untuk pemula ini didesain agar dapat mengangkat bola dari atas tanah sehingga lebih mudah dipukul.


4. Pakaian Golf

Pakaian golf merupakan perlengkapan yang biasanya dimiliki para pemula. Biasanya pemain golf memakai baju dan celana khusus untuk golf yang berbahan nyaman dan tidak panas saat dipakai. Pemain juga dapat mengenakan hand sleeve sebagai pelindung tangan dari terik matahari terutama ketika mengenakan baju golf berlengan pendek.


5. Golf Bag

Peralatan golf untuk pemula selanjutnya yaitu golf bag atau tas golf. Golf bag dapat diperlukan untuk menyimpan semua perlengkapan golfer mulai dari stik golf, bola golf dan lainnya, sehingga mudah saat dibawa kemana-mana.


6. Sarung Tangan

Sarung tangan merupakan pelengkapan golf yang hanya digunakan sebagai aksesoris tambahan, tetapi ternyata sarung tangan memegang peranan penting bagi kualitas pukulan golfer. Sarung tangan dapat membantu cengkeraman tangan lebih stabil, sehingga tidak licin serta lebih menggigit. Sarung tangan juga dapat melindungi tangan agar tidak licin karena keringat.

Baca Juga :  Lompat Tinggi

7. Sepatu

Pemain golf biasanya harus melewati medan yang naik turun sehingga membutuhkan sepatu khusus agar tidak cepat lelah. Sepatu golf memiliki desain khusus sehingga nyaman dipakai untuk berjalan dalam jangka waktu lama. Desain sepatu golf yang menggunakan sole model hybrid dan spike merupakan sepatu golf yang paling diminati saat ini.


8. Topi

Golfer sebaiknya mengenakan topi untuk melindungi wajah dari terik matahari. Topi juga memiliki fungsi ganda yaitu sebagai tempat menyimpan tee dan marker. Terkadang golfer juga memakai kacamata UV untuk dapat melindungi mata serta menghindari silau cahaya matahari.


Manfaat Golf

1. Membakar lemak

Golf merupakan suatu olahraga yang terlihat santai dan tidak terlalu memerlukan tenaga yang banyak untuk dapat memainkannya. Namun, dalam peraturan bermain golf, pemain harus dapat berjalan terus untuk melakukan setiap pukulan selanjutnya. Banyak gerakan yang dilakukan seperti berjalan tersebut akan membakar lemak pada tubuh sehingga dapat membantu dalam menurunkan berat badan.


2. Menguatkan fisik

Olahraga golf, sangat tepat dilakukan untuk para pemula yang malas untuk melakukan banyak gerakan dan golf terlihat sebagai olahraga yang santau. Tetapi, meskipun olahraga ini dapat dilakukan dengan santai, apabila dilakukan dengan rutin setiap hari pasti akan dapat menguatkan fisik pegolf.


3. Meningkatkan konsentrasi

Permainan golf sendiri merupakan suatu jenis permainan yang memerlukan konsentrasi. Bagi yang merasa kurang konsentrasi maka akan merasakan kesulitan. Pegolf belajar bagaimana untuk dapat melakukan konsentrasi dalam memukul bola dan mereka juga berkonsentrasi dengan bagaimana buaian stik golf dapat memukul bola hingga ke jarak yang diinginkan dan masuk ke dalam lubang daerah yang sudah ditentukan.


4. Sebagai hiburan

Bermain golf juga dapat menjadi hiburan tersendiri seraya berolahraga. Apakah anda baru belajar ataukah telah profesional, bermain golf dapat menjadi urusan yang paling menyenangkan. Seperti sedang berekreasi dan bermain sebuah permainan. Kadang anda tak perlu terlampau memikirkan mesti menang dalam suatu permainan lagipula jika anda memandang lawan kita ialah teman sendiri.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Golf : Pengertian, Sejarah, Teknik, Manfaat, Perlengkapan & Peraturannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.