Makanan yang Mengandung Antioksidan

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa antioksidan baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Tetapi, apa sebenarnya antioksidan itu? Apakah antioksidan juga bisa didapatkan dari makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari?

Antioksidan merupakan salah satu zat yang tubuh perlukan karena peran pentingnya dalam melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Untuk mendapatkan zat ini, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, cokelat hitam, dan berbagai suplemen.

Cara kerja zat penting satu ini sangat erat kaitannya dengan radikal bebas. Di dalam tubuh, radikal bebas bisa berupa molekul dengan elektron bebas yang harusnya berpasang-pasangan.

Elektron bisa membuat radikal bebas sangat reaktif sehingga dapat merusak sel-sel di dalam tubuh. Karena sifatnya yang berpasang-pasangan, elektron bebas pada radikal bebas akan menawarkan diri menjadi elektron molekul pada sel tubuh yang sehat. Keduanya akan bersifat sama jika sudah berpasangan sehingga bisa menimbulkan lebih banyak radikal bebas lainnya.

Makanan yang Mengandung Antioksidan

Karena peran pentingnya dalam menjaga kesehatan tubuh, antioksidan harus kamu penuhi sesuai kebutuhan tubuh. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa kamu coba termasuk cara alami yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung antioksidan.

Makanan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Strawberry

Jika kamu adalah penyuka buah-buahan asam manis segar, maka kamu bisa mengonsumsi strawberry. Strawberry juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi tentunya membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh sehingga kesehatan tetap terjaga. Buah satu ini juga mengandung asam folat yang tinggi yang tentunya baik untuk tubuh.

2. Blueberry

Serupa dengan strawberry, blueberry juga merupakan makanan yang mengandung antioksidan paling tinggi dibandingkan dengan buah atau sayuran lainnya. Buah yang berwarna biru ini mengandung senyawa kuat yang bernama anthocyanin yang membuatnya memiliki warna tersebut.

Konsentrasi antioksidan pada buah ini dinilai paling kaya menurut U.S department of agriculture USDA. Kandungan antioksidan akan membantu mengendalikan radikal bebas yang juga menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan dini. Dengan antioksidan, tubuh akan terlindungi dari berbagai dampak buruk dan risiko penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan demensia.

3. Ceri

Ada banyak sumber antioksidan alami termasuk ceri. Kandungan tersebut memberikan warna merah khas pada buah satu ini. For your information, setiap 100 gram buah ceri segar memiliki skor ORAC 4.873. Dengan mengonsumsi minimal 20 buah ceri setiap hari dapat mengurangi nyeri asam urat. Antioksidan yang terkandung dalam buah ini juga bisa menangkal penyakit jantung serta mencegah kanker.

4. Kacang Pecan

Meskipun sebelumnya belum pernah melihat seperti apa itu kacang pecan, tetapi makanan satu ini mengandung antioksidan yang tinggi. Ada sekitar 10,6 mmol antioksidan dengan skor ORAC 5.095 yang terkandung dalam setiap 100 gram kacang pecan.

Penelitian dalam jurnal Nutrition Research juga melaporkan rutin mengonsumsi kacang pesan bisa meningkatkan kadar antioksidan dalam darah. Makanan satu ini kaya akan polifenol flavonoid yang memiliki segudang manfaat termasuk menjaga kesehatan tulang, kulit, dan jantung. Selain itu, makanan ini juga bisa kamu gunakan untuk mencegah penyakit sembelit sehingga kamu bisa tetap nyaman menjalankan aktivitas sehari-hari.

5. Raspberry

Dari beri-berian, kamu juga bisa menemukan raspberry sebagai buah yang mengandung antioksidan. Per 100 gram buah ini mengandung 4 mmol antioksidan dengan skor OCRA 6.058. Kandungan vitamin C dan mineral mangan pada buah satu ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan kandungan antioksidan pada raspberry, tubuh bisa membunuh sel kanker dalam lambung, payudara, dan usus besar hingga 90 persen. Hal tersebut diperkuat dengan adanya penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research.

Antioksidan bisa melakukan fungsi tersebut dengan cara mengurangi peradangan serta stres oksidatif yang tidak lain dan tidak bukan menjadi penyebab kanker. Untuk menekan risiko penyakit jantung, tidak sedikit orang yang juga mengonsumsi buah dengan tampilan cantik satu ini.

6. Kubis Ungu

Pernah makan kubis ungu? Sebagai makanan yang mengandung antioksidan, kubis ungu sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh setiap individu. Bahkan kandungan antioksidannya ternyata mencapai hingga 4 kali lipat dari kandungan antioksidan pada kubis putih. Kandungan tersebut juga bisa meningkat saat kamu merebus makanan satu ini.

Kandungan antioksidan yang ada pada kubis ungu bernama antosianin seperti yang terkandung pada buah raspberry dan strawberry. Antioksidan jenis ini mampu mengurangi peradangan serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

7. Dark Chocolate

Dark chocolate merupakan makanan bergizi yang mengandung lebih banyak mineral, kakao, dan antioksidan dibandingkan dengan coklat biasa. Melansir dari Healthline, per 100 gram dark chocolate mengandung hingga 15 mmol antioksidan yang dinilai lebih tinggi dari blueberry dan raspberry.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan makanan yang mengandung antioksidan yang paling tinggi, jangan lupa untuk menambahkan dark chocolate ka dalam daftar konsumis. Beberapa manfaat dari antioksidan pada makanan satu ini adalah mengurangi peradangan dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

8. Bayam

Masih mencari makanan yang mengandung antioksidan? Bayam terutama bayam merah merupakan sumber alami untuk mendapatkan kandungan tersebut. Selain antioksidan, ternyata sayuran ini juga mengandung senyawa lain seperti karotenoid, vitamin C, betalain, da flavonoid.

Senyawa-senyawa tersebut memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan antioksidan yaitu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi bayam termasuk bayam merah bisa memberikan perlindungan bagi tubuh dari penyakit degeneratif.

9. Kale

Sebagai salah satu sayuran yang bergizi dan mengandung vitamin A, C, dan K, tidak heran jika kale juga menjadi sumber antioksidan yang tidak hanya baik tetapi tinggi. Sayuran ini juga ternyata merupakan sumber kalsium nabati. Dengan begitu, konsumsi sayuran ini dengan tepat akan turut menjaga kesehatan tulang serta kesehatan lainnya.

Baca Juga :  Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

10. Brokoli

Menambahkan sayuran hijau seperti brokoli ke dalam piring makan merupakan sebuah keputusan tepat. Mengapa demikian? Brokoli merupakan sumber antioksidan tinggi seperti sayuran berdaun gelap lainnya.

Sayuran ini memiliki kandungan fenolat yang tanaman produksi guna melindungi dari stres oksidatif. Jadi, tidak heran jika sayuran ini akan membantu mendapatkan kandungan antioksidan yang cukup serta mencegah sel kanker pada tubuh.