Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami dan Cepat

Gigi kuning merupakan masalah yang sering ditemukan pada gigi dan mulut. Gigi akan menjadi lebih kusam semakin tua usiamu, tapi hal ini bisa menjadi lebih cepat karena beberapa hal. Contohnya dengan sering mengkonsumsi kopi, teh, dan berbagai riwayat penyakit. Bukan hanya menjadi kusam, gigi yang kuning juga bisa membuat penampilan menjadi lebih buruk. Kamu mungkin akan merasa insecure saat tersenyum atau berbicara dengan orang-orang.

Tanda dan Gejala

Sangat mudah untuk mengetahui tanda dan gejala dari gigi kuning. Perubahan warna gigi bisa terjadi pada satu gigi atau banyak gigi sekaligus. Warna gigi bisa berbeda-beda untuk setiap gigi. Kamu mungkin memiliki berbagai macam warna pada setiap gigi di mulut yang kamu miliki. Gigi yang berwarna kuning bisa memiliki berbagai macam gangguan mulut lain, seperti karies, bau mulut, dan banyak hal lainnya. Terkait karies, cek penyebab gigi berlubang di link!

Kapan Harus ke Dokter

Gigi kuning bukanlah hal yang terlalu serius. Namun, hal ini bisa menandakan kalau ada gangguan yang terjadi pada mulut atau gigi. Itulah kenapa kamu harus tetap memberikan perhatian pada kondisi gigi. Kalau kondisi ini belum kamu tangani dengan baik, kamu bisa mengalami kerusakan gigi yang parah. Kamu bisa langsung pergi ke dokter kalau kamu memiliki sakit gigi yang parah, gigi yang sensitif, gigi berdarah, bau mulut yang parah dan gigi copot.

Penyebab Gigi Kuning

Kalau kamu orang yang tidak mau memiliki gigi kuning, kamu mungkin harus mencari tahu hal apa saja yang menyebabkan gigi yang kamu miliki bisa menjadi kuning. Tentu, gigi kuning tidak terjadi dengan sendirinya, ada beberapa hal yang paling sering menyebabkan gigi kuning. Kalau kamu tidak ingin gigi kamu menjadi kuning, hindarilah hal-hal yang kami sajikan di bawah ini supaya gigi kamu bisa tetap putih bercahaya. Coba juga berbagai cara untuk memutihkan gigi yang sudah menguning serta cara untuk mencegah gigi kuning sebelum semuanya terlambat. Ketahuilah kalau penyebab gigi kuning biasanya adalah hal yang sering kamu lakukan sehari-hari.

1. Noda makanan dan minuman

Banyak orang yang tidak sadar kalau mengonsumsi makanan atau minuman yang ada di bawah ini bisa membuat gigi menjadi kuning.Buah-buahan yang terang seperti tomat, anggur, blueberry, dan cherry bisa membuat noda pada gigi.

Permen memiliki warna buatan yang bisa tertinggal pada gigi kalau dikonsumsi sering. Contoh permen yang bisa membuat gigi kuning adalah permen yang meninggalkan noda di lidah.

Kopi, teh, dan soda memiliki kromogen yang bisa membuat gigi menjadi kuning. Kandungan kopi dan soda yang sifatnya asam juga bisa membuat gigi rusak.

2. Penumpukan plak gigi

Menyikat gigi adalah cara termudah untuk membuat gigi putih alami. Namun, jarang menyikat gigi bisa membuat sisa makanan dan minuman terus menempel di gigi dan membuatnya kuning. Kalau kamu membiarkannya, gigi kamu bisa berlubang dan meningkatkan pertumbuhan bakteri.

3. Penipisan lapisan email gigi

Banyak orang yang berpikir kalau menyikat gigi sekeras mungkin akan membuat gigi menjadi bersih. Namun, hal ini salah. Gigi yang disikat terlalu keras bisa rusak emailnya dan bagian dentin gigi yang berwarna kuning menjadi terkespos. Hal ini membuat gigi kamu menjadi lebih kuning.

Diagnosis

Gigi kuning didiagnosis oleh dokter gigi. Kamu mungkin akan diminta untuk membuka mulut selama beberapa waktu dan gigimu akan dibandingkan dengan gigi peraga. Kamu juga mungkin akan ditanyakan mengenai riwayat kesehatan serta cara perawatan gigi yang kamu lakukan. Obat-obatan yang kamu konsumsi yang perlu diberitahukan kepada dokter. Infokan doktermu mengenai obat yang sedang kamu konsumsi. Hal itu bisa suplemen, vitamin, obat resep, dan semacamnya. Kalau perlu, kamu juga bisa melakukan rontgen gigi dan pemeriksaan lainnya untuk mendapat hasil yang lebih pasti.

Cara Memutihkan Gigi Kuning

Cara Memutihkan Gigi Kuning

Gigi kungin bisa mengurangi keelokan penampilan ketika dipandang. Oleh karenanya, banyak orang yang berusaha dengan keras untuk memutihkan gigi yang terlanjur menjadi kuning. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar dapat memutihkan gigi yang kuning. Cara itu mulai dari menyikat gigi dengan odol, menggunakan bahan alami seperti baking soda untuk memutihkan gigi, mengonsumsi buah dan juga sayuran yang tinggi akan kadar air, hingga pergi ke dokter untuk mendapatkan berbagai tindakan medis terkait memutihkan gigi kuning.

Menyikat gigi dengan odol

Menyikat gigi rutin selama 2 menit setelah mengonsumsi makanan bisa membuat masalah gigi kuning teratasi. Supaya gigi kamu bisa putih, kamu harus menggunakan pasta gigi pemutih sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Setelah kamu menyikat gigi, bersihkan gigi dengan benang gigi dan berkumurlah dengan mouthwash.

Menggunakan bahan alami untuk memutihkan gigi

Kamu bisa menggunakan bahan alami untuk membuat gigi kuning menjadi putih. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi Anda.

Pakai Minyak Kelapa

Minyak kelapa disebutkan bisa menghilangkan plak dan juga bakteri dari mulut, yang akan membantu tujuan Anda dalam memutihkan gigi. Pastikan Anda selalu berbelanja minyak kelapa berkualitas tinggi, yang dapat Anda beli secara online dan juga offline. Pilihlah minyak kelapa yang tidak mengandung bahan berbahaya.

Cara memutihkan gigi kuning dimulai dengan berkumur. Pastikan Anda berkumur 1 hingga 2 sendok teh minyak kelapa. Kumur minyak kelapa tersebut di mulut Anda selama 10 hingga 30 menit. Namun, jangan biarkan minyak kelapa tersebut menyentuh bagian belakang tenggorokan Anda. Pastikan juga bahwa minyak kelapa tersebut tidak tertelan karena setelah dikumur, minyak tersebut telah mengandung racun dan bakteri dari mulut Anda.

Ludahkan minyak kelapa yang sudah dikumur tersebut ke toilet dan atau keranjang sampah. Bilas mulut Anda dengan air dan kemudian minumlah segelas penuh air. Lalu, sikatlah gigi Anda.

Terkait dengan penggunaan minyak kelapa untuk memutihkan gigi kuning ini, tidak ada penelitian khusus yang mengkonfirmasi efek pemutihan giginya dari penarikan minyak.

Namun, sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa penggunaan minyak wijen dan minyak bunga matahari dapat mengurangi radang gusi yang disebabkan oleh plak. Penggunaan minyak dapat memiliki efek memutihkan pada gigi, ketika dikaitkan dengan penumpukan plak yang dapat mengakibatkan gigi menjadi kuning. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang pengaruh oil pull dengan minyak kelapa.

Baca Juga :  CHF Adalah: Pengertian, Gejala dan Penyebabnya

Pakai Cuka Apel

Cuka apel bisa dipakai dalam jumlah yang amat kecil buat memutihkan gigi. Cara memutihkan gigi kuning, pertama-tama dengan membuat obat kumur. Campurkan 2 sendok teh cuka apel dengan 6 ons air. Lalu, kumurlah larutan selama 30 detik. Kemudian bilaslah mulut dengan air dan sikat gigi Anda.

Pada penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014, para peneliti telah menemukan bahwa cuka apel memiliki efek pemutihan pada gigi sapi.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa penggunaan cuka apel tersebut berpotensi mengakibatkan kerusakan pada struktur permukaan gigi. Jadi, gunakan cuka apel dengan hati-hati, dan gunakan cuka apel hanya untuk waktu yang singkat. Lebih banyak penelitian efek pemutihan dari cuka apel pada manusia diperlukan untuk memperluas temuan ini.