Lebih Sehat! Ini Manfaat Susu Jahe Untuk Tubuh

Jahe dan susu merupakan dua minuman yang berbeda. Namun siapa sangka jika kedua jenis minuman tersebut dapat dikombinasikan menjadi minuman susu jahe yang lezat. Ya, susu jahe merupakan salah satu minuman sehat dan menyegarkan yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan.
Dengan manfaat jahe yang luar biasa, tentu akan semakin baik jika ditambahkan dengan susu yang bernutrisi tinggi. Jadi bisa dikatakan bahwa susu jahe memberikan manfaat kesehatan yang sangat baik bagi tubuh.
Susu jahe dapat dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin. Rasa susu jahe yang manis pedas dapat melegakan tenggorokan serta menghilangkan lendir yang ada pada tenggorokan. Susu jahe dapat ditemukan di berbagai warung susu, restoran, maupun dibuat sendiri. Bahkan dalam perkembangannya, susu jahe dibuat dalam bentuk serbuk kemasan yang langsung bisa diseduh dengan air.

Kandungan Susu Jahe

Minuman sehat susu jahe merupakan salah satu minuman terbaik yang cocok untuk dinikmati setiap orang, terlebih di masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Susu jahe dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Susu jahe terdiri dari kombinasi atau campuran susu dengan jahe yang baik untuk tubuh.
Dalam satu gelas susu terdapat kandungan protein, mineral, serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Susu yang kaya nutrisi juga dapat melengkapi kebutuhan gizi harian yang belum atau kurang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi.

Protein pada susu bermanfaat untuk membangun sel serta menggantikan sel tubuh yang rusak. Perlu kamu ketahui bahwa sel tubuh akan rusak dan mati setelah menyelesaikan tugasnya, sel tersebut akan digantikan oleh sel baru yang terbentuk dari protein. Untuk itulah protein sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika tubuh kekurangan protein, maka daya tahan tubuh akan menurun.
Sedangkan kandungan aktif pada jahe seperti flavonoid, gingerol, serta antibakteri sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Jahe juga mampu menghangatkan tubuh serta mengurangi rasa mual. Tentunya jika susu dan jahe dicampur, maka dalam tubuh akan terbentuk kekebalan ganda sehingga bakteri dan virus enggan mampir ke dalam tubuh.

Manfaat Susu Jahe Untuk Kesehatan

Susu jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kehidupan, baik untuk wanita, pria, ibu hamil, serta anak-anak. Manfaat susu jahe juga dapat dirasakan oleh setiap orang yang rutin mengonsumsi minuman ini secara rutin.
Berikut ini 10 manfaat susu jahe untuk kesehatan yang perlu kamu tahu.

1. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat susu jahe yang pertama adalah meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan zat aktif pada jahe mampu membentuk antibodi pada tubuh sehingga kekebalan tubuh meningkat. Selain itu, protein pada susu jahe juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan rajin mengonsumsi susu jahe, kamu tidak akan mudah sakit karena memiliki imunitas yang tinggi. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, minum susu jahe sangat dianjurkan untuk menjaga diri dari paparan virus.

2. Manfaat Susu Jahe Membantu Mencegah kanker

Manfaat susu jahe untuk kesehatan berikutnya adalah membantu mencegah penyakit kanker. Terdapat kandungan omega-3 pada susu yang mampu mencegah dan mengurangi paparan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Tak hanya itu, susu organik murni juga baik untuk kesehatan usus sehingga dapat mencegah munculnya risiko kanker usus. Terlebih dengan kandungan jahe pada susu, manfaat ini akan semakin dirasakan. Jahe mengandung gingerol yang memiliki zat anti kanker.

3. Susu Jahe Bermanfaat untuk Menjaga Otot dan Sendi

Minuman susu jahe juga mampu menjaga kesehatan otot dan sendi. Susu jahe juga dapat meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan pada otot dan sendi. Manfaat ini bisa dirasakan karena adanya kandungan jahe pada susu jahe yang bersifat anti radang.

4. Mampu Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskuler

Selain mencegah kanker, susu jahe juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler. Omega 3 yang terkandung pada susu memiliki sifat antioksidan yang mencegah terjadinya penyakit. Jadi dengan rutin minum susu jahe, kamu akan terhindari dari penyakit jantung, stroke, dan sejenisnya.

5. Membantu Mengatasi Asam Lambung

Sifat jahe yang menghangatkan tubuh dapat mengurangi asam serta gas yang terdapat pada lambung. Jahe sebagai obat masuk angin ampuh dalam menghilangkan gejala asam lambung seperti mual dan muntah. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki penyakit asam lambung sangat disarankan untuk mengonsumsi susu jahe secara rutin.

6. Manfaat Susu Jahe untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat susu jahe berikutnya adalah meningkatkan fungsi otak. Nutrisi pada susu dapat meningkatkan fungsi otak serta mencegah turunnya fungsi otak seperti alzheimer atau pikun. Ditambah dengan kandungan antioksidan pada jahe, dapat melindungi otak dari stres serta peradangan. Perlu kamu ketahui bahwa stres dan peradangan dapat mengakibatkan penuaan dini. Jadi untuk menjaga fungsi otak agar tetap optimal, minumlah susu jahe secara rutin.

7. Dapat Membantu Mengurangi Reaksi Alergi

Berikutnya, susu jahe juga bermanfaat untuk mengurangi reaksi alergi. Jahe merupakan tanaman tradisional herbal yang memiliki d=sifat anti radang. Sifat anti radang ini dapat meredakan reaksi alergi.

8. Bermanfaat untuk Mencegah Osteoporosis

Manfaat susu jahe berikutnya adalah mencegah osteoporosis. Susu mengandung kalsium yang dapat meningkatkan kekuatan tulang dan otot. Selain itu, susu juga kaya akan potasium dan magnesium yang dapat mencegah terjadinya tulang keropos.
Disamping susu, terdapat kandungan jahe yang mengandung zat anti radang sehingga meminimalisir terjadinya peradangan pada tulang yang menyebabkan infeksi dan kelelahan. Jadi minum susu jahe sangat dianjurkan bagi orang dewasa, terutama usia 40 tahun ke atas untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

9. Membantu Memperlancar Pencernaan

Manfaat susu jahe berikutnya adalah membantu melancarkan pencernaan. Jahe merupakan salah satu rempah yang berkhasiat untuk meningkatkan kinerja pencernaan. Dengan rajin mengonsumsi susu jahe, kamu bisa terhindar dari sembelit, perut kembung, asam lambung, serta GERD. Waktu terbaik untuk minum susu jahe adalah setelah makan pagi.

10. Baik untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Kandungan susu jahe sangat baik untuk melegakan tenggorokan. Sakit tenggorokan yang mengganggu dapat diatasi dengan minum susu jahe hangat. Umumnya sakit tenggorokan disebabkan oleh flu, batuk, serta pilek. Dengan kandungan jahe yang hangat dan pedas, sangat disarankan bagi kamu untuk mengonsumsi susu jahe ketika mengalami sakit tenggorokan.

Manfaat Susu Jahe untuk Wanita

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, susu jahe juga memiliki manfaat luar biasa untuk wanita. Berikut ini deretan manfaat susu jahe untuk wanita yang perlu kamu tahu.

1. Berguna untuk Menjaga Produksi Kolagen Pada Kulit

Tidak ada yang menyangka jika susu jahe memiliki manfaat yang beragam untuk wanita, salah satunya adalah menjaga produksi kolagen pada kulit. Susu jahe mengandung antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas serta menjaga produksi kolagen. Alhasil, wanita yang rutin mengonsumsi susu jahe akan memiliki kulit yang kenyal dan sehat. Penuaan dini pun dapat dicegah dengan konsumsi susu jahe secara teratur.

2. Manfaat Susu Jahe untuk Meredakan Nyeri saat Haid

Tak hanya meredakan nyeri tubuh, susu jahe juga mampu meredakan nyeri ketika haid. Jahe memiliki sifat anti radang yang membantu meredakan nyeri tubuh akibat peradangan, termasuk nyeri haid. Tak hanya itu, susu juga dapat melemaskan tubuh sehingga membuat tubuh lebih rileks dalam menjalani hari-hari menstruasi. Oleh karena itu, wanita yang sedang menstruasi disarankan untuk minum susu jahe hangat di awal dan akhir periode menstruasi.

Baca Juga :  Macam-Macam Penyakit Gigi dan Mulut serta Asuransinya

3. Kandungan Susu Jahe Membantu Menyembuhkan Kulit Iritasi

Seperti yang dijelaskan di atas, susu jahe berguna untuk menjaga produksi kolagen pada kulit. Produksi kolagen yang terjaga dapat membantu menyembuhkan iritasi pada kulit. Jadi ketika kamu mengalami iritasi pada kulit, rutinlah minum susu jahe setiap hari agar iritasi kulit dapat teratasi dengan cepat. Minum susu jahe memang sangat baik bagi wanita yang kerap mengalami masalah kulit.

Cara Membuat Susu Jahe di Rumah

Susu jahe pada dasarnya mudah ditemukan di pasaran. Namun kamu bisa membuatnya sendiri di rumah untuk mendapatkan minuman yang lebih higienis dan memiliki cita rasa yang sesuai dengan lidah. Pada dasarnya bahan yang diperlukan untuk membuat susu jahe mudah ditemukan, cara membuatnya pun juga mudah. Kamu dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Bahan yang diperlukan

  1. 4 sendok makan susu kental manis atau susu organik
  2. 700 gram jahe (kupas, bakar lalu memarkan)
  3. Air matang secukupnya
  4. 10 buah kapulaga
  5. 3 batang kayu manis
  6. 10 butir cengkeh
  7. 700 gram gula pasir murni
  8. 100 gram gula merah

Cara membuat

  1. Bakar jahe yang sudah dipotong hingga aromanya keluar
  2. Memarkan jahe lalu iris tipis menggunakan pisau
  3. Siapkan panci yang diisi air matang lalu nyalakan api
  4. Masukkan jahe, kayu manis, kapulaga, gula merah, cengkeh, serta gula pasir ke panci lalu rebus hingga mendidih
  5. Siapkan gelas kosong, tuang susu ke dalam gelas tersebut lalu saring air rebusan jahe dan masukkan ke dalam gelas
  6. Campurkan susu dengan air rebusan jahe tersebut, aduk hingga kental dan merata
  7. Susu jahe siap disajikan selagi hangat