Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dengan Artinya Disini!

Sebagai seorang muslim melaksanakan ibadah shalat merupakan pengamalan rukun islam yang kedua dan wajib hukumnya. Sholat dikatakan sebagai tiang agama karena sholat diibaratkan seperti sebuah pondasi utama dari keimanan seseorang.

Jika kita meninggalkan sholat maka diibaratkan bahwa tiang agama kita akan rubuh beriringan dengan keimanan kita maka dari itu kita harus selalu melaksanakan ibadah sholat terutama sholat wajib 5 waktu.

Jika melaksanakan sholat 5 waktu, kita akan mendapat imbalan berupa pahala dan jika meninggalkannya mendapat dosa lain hal dengan sholat sunnah yang jika mengerjakannya mendapat pahala namun bila tidak mengerjakannya tidak mendapat dosa.

Sholat sunnah adalah suatu ibadah tambahan bagi kita yang ingin memperoleh rahmat dan kasih sayang-Nya. Ibadah sholat sunnah ada banyak macamnya dan kita bisa memilih dari sekian banyaknya ibadah sholat sunnah tersebut untuk dikerjakan.

Salah satu dari sekian banyak ibadah sholat sunnah tersebut ada sholat  yang waktu pelaksanaannya harus dikerjakan di waktu ⅓ malam yang disebut dengan sholat tahajud. Sholat tahajud biasanya dikerjakan ketika seseorang terbangun dari tidurnya pada waktu pagi buta dan melaksanakan ibadah sholat sunnah 2 rakaat.

Dikatakan sholat sunnah tahajud adalah waktu yang paling tepat untuk memohon doa dan jaminan akan dikabulkan doanya ibarat sebuah anak panah yang tepat mengenai sasarannya.

Selanjutnya, pembahasan terkait doa setelah sholat tahajud dapat kalian simak di bawah ini.

Tentang Sholat Tahajud

Shalat Tahajud atau shalat malam merupakan salah satu bentuk ibadah sunnah yang tidak pernah ditinggalkan Nabi Muhammad SAW. Barangsiapa yang rutin melaksanakan shalat Tahajud, maka Allah SWT akan memudahkan segala urusannya, menjauhkannya dari kesengsaraan dan kesulitan hidup serta memuliakan hidupnya.

Shalat Tahajud biasanya dilakukan pada sepertiga malam saat orang lain sedang tidur dalam kesunyian. Meskipun shalat ini merupakan amalan sunnah, namun Allah SWT menjanjikan banyak manfaat dalam ibadah ini.

Tahajud berasal dari kata kerja “tahajjada” yang berarti terjaga di malam hari, terjaga di malam hari. Asy Syafi’i mengatakan bahwa shalat malam, baik sebelum tidur maupun sesudah tidur dan shalat dengan witir, disebut shalat tahajud.

Orang yang melakukan ibadah Tahajud disebut Mutahajjid. Shalat malam tergolong “sunnatun raatibun mu’akaadah” atau ibadah sunnah yang ditentukan waktunya. Banyak ayat dalam Al-Qur’an yang menganjurkan ibadah malam ini dan ayat-ayat lain yang menunjukkan jenis ibadah ini, namun ibadah ini harus tetap ikhlas dan pilihan, karena hukumnya adalah sunnah.

Umat ​​​​Muslim melakukan sholat tengah malam dengan cara yang meniru Nabi Muhammad, yang tetap terjaga di malam hari bahkan setelah sholat lima waktu. Menurut fikih Islam, mencegah seseorang dari shalat tahajud sesering mungkin adalah hal yang memalukan.

Di bulan Ramadhan, Tahajud dianggap lebih berharga, sehingga umat Islam sering menghabiskan malam di bulan Ramadhan dengan membaca Al-Quran, Tahajud hingga subuh. Bahkan, di banyak negara azan juga dikumandangkan dalam sholat malam.

Biasanya, amalan salat tahajud dilanjutkan dengan salat witir. Witir adalah istilah yang diberikan untuk satu rakaat tertentu dalam doa, atau nama yang diberikan untuk doa atau jumlah rakaat yang ganjil seperti lima, tujuh atau sembilan rakaat.

Sholat Witir adalah akhir dari sholat malam. Al Hafiz Ibn Hajar Al Asqalani mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak memiliki waktu khusus untuk melakukan shalat tahajud tetapi mengikuti waktu yang menurutnya mudah untuk dilakukan. Namun, yang terbaik adalah menundanya hingga sepertiga malam terakhir.

Abu Muslim bertanya kepada Abu Dzar, “Jam berapakah waktu yang paling baik bagi kami untuk shalat malam?” Abu Dzar menjawab: “Saya pernah bertanya kepada Rasulullah bagaimana Anda bertanya kepada saya. Rasulullah pun menjawab:” Pada saat sudah lewat tengah malam dan hanya sedikit dari mereka yang mengerjakannya.

Doa Setelah Selesai Shalat Tahajud

Jika Anda melakukan shalat Tahajud di sepertiga malam pertama dan kedua. Kemudian berbaring dan kembali tidur sambil membaca ayat Kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas.

Sebaliknya, jika dilakukan pada sepertiga malam, menunggu fajar sebelum sholat subuh. Perbanyak berdzikir dan berdoa untuk menyerahkan segalanya kepada Allah. Panjatkan semua doa dan harapan kepada-Nya.

Berikut ini doa setelah selesai sholat tahajud:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Latin:

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq.

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Arti:

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkaulah Pemelihara langit dan bumi dan makhluk di dalamnya. Segala kemuliaan bagiMu, Engkaulah penguasa langit, bumi dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi Engkau, Engkau adalah cahaya langit, bumi dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau yang Maha Benar. Janji-Mu benar, pertemuan denganMu nanti itu benar.FirmanMu benar, Surga itu nyata. Neraka memang seperti itu. Para nabi itu benar. Demikian juga Nabi Muhammad SAW benar. Hari penghakiman itu nyata.

Baca Juga :  Ketahui Bacaan Untuk Ziarah Kubur

Ya Tuhan, aku menyerahkan diriku hanya kepada-Mu. Aku hanya percaya padamu, aku memberikan diriku untukmu. Aku akan kembali hanya padamu. Karenamu aku siap berjuang. Hanya Kau yang menjadi dasar keputusan saya. Karena itu, ampunilah dosa-dosa saya yang lalu dan yang akan datang, dosa-dosa yang saya sembunyikan dan ungkapkan, dan dosa-dosa lain yang lebih Anda ketahui daripada saya. . Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Doa setelah shalat tahajud dapat diakhiri dengan doa berikut:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbana Atina fiddunya hasanah wa fil Akhirati hasanah, waqina adzabannar.”

Itu berarti:

Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia ini, berilah kami kebaikan di akhirat dan lindungi kami dari siksa Neraka. (QS. Al-Baqarah:201).