Doa Sebelum Belajar Beserta Artinya

Mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim. Kita bisa bersekolah maupun belajar secara pribadi untuk menambah ilmu serta wawasan yang dimiliki. Sebaiknya, sebelum belajar, kita berdoa terlebih dahulu supaya apa yang kita kerjakan diberi kelancaran, keberkahan, dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda, “doa itu ibadah.” Dan “Tiada sesuatu yang paling mulia dalam pandangan Allah SWT., selain berdoa kepada-Nya, sedang kita dalam keadaan lapang”.

Jadi, apabila seseorang  yang hendak menuntut ilmu mengharapkan untuk mendapatkan banyak pahala dalam belajar dan juga mendapatkan pahala dalam berdoa. Lalu, bagaimana bacaan doa sebelum belajar dan artinya? Yuk biar nggak penasaran dengan bacaan doa sebelum belajar, maka simak ulasan ini, ya.

Membaca Doa Sebelum Belajar

Membaca doa sebelum belajar memang dianjurkan dibaca supaya Allah SWT berkenan memberikan kemudahan dan memberikan pemahaman mengenai sesuatu yang tengah dipelajari.

Sedangkan dalam membaca doa setelah belajar berharap supaya ilmu yang dipelajari bisa diamalkan, tersimpan dengan baik dalam ingatan, dan juga memberikan manfaat yang banyak. Berdoa merupakan salah satu hal yang sangat melekat dalam semua umat yang beragama.

Berdoa menjadi salah satu sarana dalam penyampaian isi hati hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Apalagi bagi umat Islam, maka berdoa menjadi salah satu kegiatan yang harus dibiasakan bahkan sejak dini. Bahkan setiap apapun yang hendak dilakukan memiliki doanya tersendiri.

Sebelum berdoa tentunya diperlukan juga untuk memahami adab dalam berdoa, agar apa yang diniatkan semakin sempurna amalannya. Belajar dan menuntut ilmu adalah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap manusia. Belajar tidak hanya bertujuan mencapai nilai akademik, tapi juga agar mendapat ilmu yang bermanfaat. Untuk mencapainya, setiap muslim dianjurkan untuk membaca doa sesudah belajar maupun sebelumnya.

Bahkan, ilmu juga dipercaya menjadi salah satu aspek penting bagi perkembangan di suatu negara. Ilmu pengetahuan tidak hanya dipelajari tetapi juga berusaha diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, dengan adanya ilmu diharapkan mampu membuat seseorang lebih mengenal tentang alam, kehidupan sosial, dan juga kemanusiaan.  Dalam Islam, menuntut ilmu sebenarnya tidak ada batas usianya. Asalkan masih hidup, manusia wajib hukumnya mencari ilmu.

Dalam Al-Qur’an surat al-Ghafir ayat 60 telah disinggung tentang anjuran berdoa. Dalam ayat tersebut disebutkan bahwa Allah akan mengabulkan permintaan bagi orang yang berdoa kepada-Nya.

“Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembahKu akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina’,” demikian arti dari ayat tersebut.

Dalam  proses memperoleh ilmu pengetahuan, seseorang harus selalu rajin belajar. Terkadang ada godaan dalam belajar, bisa membuat seseorang menjadi malas untuk belajar. Oleh sebab itulah berdoa sebelum belajar dan sesudah belajar merupakan anjuran yang sangat penting yang perlu dilaksanakan.

Kewajiban untuk menuntut ilmu dan belajar ini sudah dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang dikutip dari buku 1100 Hadits Terpilih oleh Muhammad Faiz Almath, yang artinya :

“Tuntutlah ilmu dan belajarlah untuk ketenangan dan kehormatan diri. Bersikaplah rendah hati ke orang yang mengajarimu.” (HR. Thabrasi)

Seseorang akan memiliki bekal dalam menjalani hidup dan menyelesaikan masalah apabila memiliki ilmu dan wawasan yang luas. Ilmu yang bermanfaat juga menjadi ladang amal jariah yang tidak terputus.

Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Jika seseorang meninggal dunia, terputuslah amalannya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang saleh.” (HR. Muslim nomor 1631).

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodhitu billahi robba, wabil islaami diina, wabi-muhammadin nabiyya warasula. Robbi zidnii ‘ilmaa warzuqnii fahmaa

Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilma warzuqni fahma, waj’alnii minash-shoolihiin

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”

Doa Sesudah Belajar

Setelah selesai membaca sebaiknya membaca doa setelah belajar supaya apa yang dilakukan benar-benar diterima oleh Allah SWT.

Radhitu billahi rabba. Sesungguhnya amalan bacaan doa hendak belajar dan doa selesai belajar dalam Islam telah diajarkan Rasulullah Muhammad SAW. (Istimewa)

اَللّ هُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma inni astaudi’uka maa ‘allamtanihi fardudhu ilayya ‘inda haajati wa la tansanihi ya robbal ‘alamiin

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

اَللّ هُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa’ah. Wa arinal baathila ba-thilan warzuqnaj tinaabahu

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّ هِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kullihal

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Adapun tujuan dari membaca doa sesudah belajar adalah supaya mendapat ridha dari Allah SWT, sehingga ilmu yang didapatkan bisa memberi manfaat ke diri sendiri dan orang lain. Di samping itu, doa membuat kita tetap ingat pada Allah Tuhan semesta alam. Dalam hal ini, berdoa termasuk bagian dari bentuk etika, adab, dan akhlak seorang hamba pada Allah SWT.

Baca Juga :  Memahami Perbedaan Haji Furoda dan Haji Plus serta Hukumnya!

Adab Belajar

Sebelum seorang muslim hendak melakukan kegiatan belajar, maka perlu untuk melakukan beberapa adab dan tata cara berikut ini.

1. Niatkan Belajar untuk Mencari Ridha Allah SWT

Pada saat hendak belajar, maka hak yang utama adalah niat. Anda harus niat di dalam hati dengan ikhlas supaya memperoleh manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain dengan belajar.

2. Membaca Doa Ketika Sebelum dan Sesudah Belajar

Setelah meniatkan hati untuk belajar dengan ikhlas, maka selanjutnya harus membaca doa. Anda dapat membaca doa sebelum belajar dan sesudah belajar.

3. Konsentrasi Saat Belajar

Pada saat belajar, harus konsentrasi dan bersungguh-sungguh supaya apa yang dikerjakan mendapatkan hasil yang baik.

4. Fokuskan Pandangan

Pada saat belajar, fokuslah pada buku atau sesuatu yang sedang Anda pelajari. Saat belajar, tujuan mata kita haruslah berfokus hanya pada buku atau sesuatu yang memang sedang kita pelajari. Jangan biarkan pikiran kita berpikir macam-macam.