Pengertian Flowchart : Tujuan, Jenis, Simbol, Cara Membuat dan Contohnya Lengkap

Pengertian Flowchart (Diagram Air) – Kalian mungkin sering mendengar istilah bagan atau juga flowchart, apa yang dimaksud dengan flowchart? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian flowchart, simbol, jenis, cara membuat dan contohnya lengkap.

Pengertian Flowchart

Pengertian flowchart atau diagram alir adalah suatu jenis diagram yang mewakili algoritme, alir kerja atau proses, yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis, dan urutannya dihubungkan dengan panah. Diagram ini mewakili ilustrasi atau penggambaran penyelesaian masalah. Diagram alir digunakan untuk menganalisa, mendesain, mendokumentasi atau memanajemen suatu proses atau program di berbagai bidang.

Definisi flowchart adalah adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.

Pada awalnya, flowchart memang berkembang dari industri komputer yaitu untuk menggambarkan urutan proses penyelesaian masalah. Bagan alir (flowchart) digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. Flowchart diterima di kalangan lain seperti manufaktur, militer, manajemen, sains, dan lain sebagainya.

Lebih singkatnya, pengertian bagan air (flowchart) adalah urutan dari logika suatu prosedur dalam pemcahan suatu masalah yang dituliskan berupa simbol-simbol tertentu.

Tujuan Flowchart

Tujuan flowchart adalah untuk menggambarkan suatu tahapan penyelesaian terhadap suatu masalah secara sederhana, terurai, rapi dan jelas dapat menggunakan simbol-simbol yang standar.

Jenis Jenis Flowchart

Berikut ini macam macam jenis flowchart diantaranya, yaitu:

Flowchart Sistem (System Flowchart)

Pengertian flowchart sistem adalah bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur yang ada dalam sistem.

Flowchart Sistem terdiri dari data yang mengalir melalui sistem dan proses yang mentransformasikan data tersbeut. Data dan proses dalam flowchart sistem dapat digambarkan secara online atau offline.

Flowchart Dokumen (Document Flowchart)

Pengertian flowchart dokumen (document flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart adalah bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusannya. Bagan alir dokumen ini menggunakan simbol yang sama dengan yang digunakan di dalam bagan alir sistem.

Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)

Pengertian flowchart skematik (schematic flowchart) adalah bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya yaitu bagan alir skematik selain menggunakan simbol bagan alir sistem, juga menggunakan gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan. Maksud penggunaan gambar tersebut yaitu untuk memudahkan komunikasi pada orang yang kurang paham dengan simbol bagan alir. Penggunaan gambar tersebut memudahkan untuk dipahami, namun sulit dan lama menggambarnya.

Flowchart Program (Program Flowchart)

Pengertian flowchart program (program flowchart) adalah bagan alir yang menjelaskan secara rinci langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem.

Flowchart ini dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart). Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan setiap langkah dalam program komputer secara logika. Bagan alir logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem.

Flowchart Proses (Process Flowchart)

Pengertian flowchart proses adalah teknik penggambaran rekayasa industrial yang memecah dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem.

Flowchart Proses digunakan oleh perekayasa industrial dalam mempelajari dan mengembangkan proses manufacturing.

Simbol Flowchart dan Fungsinya

Berikut ini simbol-simbol yang digunakan dalam flowchart beserta keterangan kegunaannya:

Cara Membuat Flowchart

Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan bisa bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.

Secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, diantaranya:

  • Input berupa bahan mentah
  • Proses pengolahan
  • Output berupa bahan jadi

Untuk pengolahan data dengan komputer, bisa dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, diantaranya yaitu:

  • START : Berisi intruksi untuk persiapan peralatan yang di perlukan sebelum menangani pemecahan masalah
  • READ : Berisi instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan input.
  • PROCESS : Berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca.
  • WRITE : Berisi instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke peralatan output.
  • END : Mengakhiri kegiatan pengolahan

Jika seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti:

  • Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
  • Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat di mengerti oleh pembacanya.
  • Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
  • Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja
  • Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
  • Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakkan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
  • Gunakan simbol flowchart yang standar.

Contoh Flowchart

Berikut ini contoh diagram flowchart atau diagram air:

Perbedaan DFD (Data Flow Diagram) dan Flowchart

Berikut ini perbedaan DFD (Data Flow Diagram)

  • DFD menunjukkan alur data di suatu sistem sedangkan flowchart sistem menjelaskan alur kerja atau prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem.
  • DFD prosesnya dapat dilakukan serentak atau pararel sedangkan flowchart alur datanya harus urut.
  • DFD tidak ada looping sedangkan flowchart ada looping.
  • DFD tidak ada proses perhitungan sedangkan flowchart ada proses perhitungan.
Baca Juga :  Proyektor Adalah

Demikian artikel tentang flowchart, mulai dari pengertian, simbol, jenis, cara membuat dan contohnya lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.