Manfaat Hyaluronic Acid bagi Wajah di dalam Skincare

Hyaluronic acid merupakan suatu zat lengket yang diproduksi tubuh secara natural dan memiliki tekstur yang licin. Selain dibuat secara natural, senyawa yang juga memiliki sebutan lain sebagai asam hialuronat ini juga terkandung di dalam skincare.

Zat tersebut turut menunjang kulit dalam menjaga ketahanan air, sehingga dapat menstabliksan struktur yang ada di luar kulit, mengoptimalkan penampilan kulit, menjadikan kulit terlihat lebih bercahaya, dan membuatnya selalu tampak muda.

Simak uraian selengkapnya di bawah ini mengenai manfaat hyaluronic acid yang terkandung di dalam skincare!

Manfaat Kandungan Hyaluconic Acid

Hyaluronic Acid

Perindustrian kosmetik memanfaatkan kandungan ini sebagai kandungan yang terdapat di dalam skincare dikarenakan ternyata mempunyai berbagai khasiat yang baik dalam berbagai hal. Inilah beberapa manfaat dari hyaluronic acid yang harus kalian ketahui.

1. Bekerja Sebagai Antipenuaan

Sebagai molekul gula, hyaluronic acid bisa menyokong agar kulit tetap tertarik, sehingga menjaga kelembapan kulit.

Alhasil, hal itu bisa mengurangi gejala-gejala penuaan dini. Selain itu, serum hyaluronic acid juga telah terbukti khasiatnya dalam mencegah kerutan, memaksimalkan elastisitas kulit, dan mengoptimalkan kekencangan kulit.

2. Melembapkan Kulit

Sebagai salah satu instrumen serum maupun pelembap, hyaluronic acid juga memiliki peran dalam melembapkan kulit. Senyawa tersebut menyokong regangan dan kelenturan kulit, serta mencegah kerutan di garis kulit. Kandungan di dalamnya juga memacu penyembuhan luka dan mencegah jaringan parut.

3. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Selain berbagai manfaat yang telah diuraikan di atas, hyaluronic acid juga bisa mencegah tingkat kerutan maupun memaksimalkan elastisitas dan kekencangan kulit. Inilah yang menyebabkan skincare yang mengandung zat ini disarankan untuk dipakai sebanyak dua kali sehari, setidaknya untuk menstabilkan elastisitas kulit.

4. Mengobati Kemerahan di Wajah

Produk skincare dengan kandungan hyaluronic acid yang digunakan dalam jangka panjang dapat memaksimalkan kesehatan kulit secara menyeluruh. Manfaatnya yang lain adalah mempercepat penyembuhan kemerahan di wajah, menutupi bekas luka yang disisakan oleh jerawat, dan mengatasi radang jerawat.

Skincare yang memiliki kandungan senyawa ini di dalamnya direkomendasikan untuk dipakai karena tergolong aman dan dijual secara bebas.

5. Mengurangi Kemunculan Kerutan

Kelembapan ekstra yang dihasilkan oleh hyaluronic acid bisa mengoptimalkan elastisitas dan membuat kulit semakin kencang, meskipun tidak dapat secara utuh melenyapkan kerutan maupun garis-garis halus. Dengan demikian, garis-garis kerutan akan terlihat lebih halus dan tersamarkan.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat hyaluronic acid yang berikutnya adalah dapat menyembuhkan suatu luka lebih cepat. Manfaat tersebut bisa diperoleh karena hyaluronic acid mampu mengatur peradangan di area kulit yang terluka dan merangsang pembentukan pembuluh darah yang mempercepat proses penyembuhan luka.

6. Membantu Meregenerasi Kulit

Hyaluronic acid dapat membantu regenerasi kulit atau proses pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat. Tidak mengherankan jika pelembap berbahan dasar hyaluronic acid sering kali disarankan setelah seseorang melakukan perawatan peeling wajah dan laser.

Manfaat Lainnya

Penjelasan sebelumnya telah menyinggung jika senyawa ini merupakan zat yang dibuat secara natural oleh tubuh. Tidak hanya sebagai bahan kecantikan saja, zat tersebut juga mempunyai beberapa manfaat yang lain, antara lain:

  • Menunjang persendian dalam upaya pencegahan rasa sakit maupun cedera yang berasal dari tulang yang saling bergesekan.
  • Menjaga bagian-bagian tubuh agar tetap terhidrasi. Inilah yang menyebabkan hyaluronic acid juga sering kali dipakai untuk menyembuhkan mata yang kering, sebagai losion, salep pelembap, dan serum.
  • Membuat kulit lebih fleksibel dikarenakan senyawa tersebut membantu peregangan dan pelenturan kulit, serta mencegah garis kulit dan kadar kerutan. Kandungan itu juga telah terbukti dapat menunjang lebih cepat proses penyembuhan luka dan menurunkan jaringan parut.

Itulah artikel terkait “manfaat hyaluronic acid” yang bisa kalian gunakan sebagai referensi. Jika ada saran, pertanyaan, dan kritik, silakan tulis di kotak komentar bawah ini. Bagikan juga tulisan ini di akun media sosial supaya teman-teman kalian juga bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Baca Juga :  Pengertian Doping, Sejarah, Jenis dan Bahayanya bagi Tubuh