Materi Sepak Bola Pantai

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Sepak Bola Pantai?  Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Sepak Bola Pantai

Sepak bola pantai merupakan suatu jenis olahraga bola kaki yang kerap dilakukan dipantai. Pada tahun 1992 olahraga sepak bola pantai telah dimainkan secara professional dan tahun 1996 untuk pertama kalinya diadakan sebuah pertandingan internasional dengan nama Pro Beach Soccer Tour.


Sejarah Sepak Bola Pantai

Sepak bola pantai pertama kali dipermainkan di Brazil, tepatnya di Pantai Leme,Rio De Jainero. yang akhirnya menjadi permainan yang dapat dimainkan secara Internasional. Selama perkembangan sepak bola pantai ini mantan pemain bola yang bernama legenda Perancis Eric Cantona dan lagenda Brazil seperti Romario dan Zico ikut andil dalam perekembangan sepak bola pantai. Dimana mereka menyebarkan permainan tersebut melalui televisi dan berbagai macam kesempatan yang dapat mereka sampaikan.

Pada tahun 1994, perlombaan sepakbola pantai pertama yang disiarkan di televisi dan diadakan di Pantai Copacabana di Rio De Jainero. Kemudian, pada tahun berikutnya 1995, Rio de Jainero juga menjadi tuan rumah pada kejuaraan sepakbola pantai pertama. Dengan kelancaran acara perlombaan sepak bola pantai ini dibuatlah Pro Beach Soccer Tour pada 1996.

Pada awalnya, Pro Beach Soccer Tour ini telah dikenal di benua Amerika dengan membawa sekitar 60 negara dan nama- nama terkenal turut serta dalam penyelenggaraan perlombaan sepak bola pantai. Seiring berjalannya waktu, perlombaan ini mulai tercium di benua Eropa yang akhirnya dibuatlah European Pro Beach Soccer League pada tahun 1998. Dengan besarnya nama sepakbola pantai sekarang, turut mengundang banyak sponsor terkenal untuk dapat membantu perkembangan sepakbola pantai pada tahun berikutnya.

Pada beberapa kejuaraan tingkat internasional, Sepak Bola Pantai yang dikirim selalu diwakili oleh Tim Nasional Sepak Bola Pantai dari Bali. Kini saatnya Sepak Bola Pantai akan diperkenalkan secara luas pada masyarakat di seluruh wilayah lndonesia, khususnya didaerah pesisir pantai dan juga kota kota besar yang jauh dari pantai. Banyak sekali kemungkinan yang terjadi dalam permainan sepak bola pantai ini yang semakin banyak dikenal luas oleh masyarakat, sehingga nantinya akan diadakan turnamen tingkat regional maupun nasional. Dimana nantinya diharapkan mampu menjaring pemain pemain berbakat untuk membangun Tim Nasional yang diharapkan bisa meraih prestasi di tingat lnternasional dan Dunia, dengan pembinaan dan pelatihan yang berkesinambungan.


Peraturan Sepak Bola Pantai

1. Bola Sepak Bola Pantai

Sepak bola pantai menggunakan bola pantai yang memiliki ketentuan sebagai berikut:

  • Diameter Bola : 68 – 70 cm.
  • Berat Bola : 400 – 440 gram.

2. Lapangan Sepak Bola Pantai

Sepak bola pantai dilakukan di lapangan pasir yang memiliki ketentuan sebagai berikut:

  • Ukuran lapangan : 35 X 26 meter atau 37 X 28 meter.
  • Ukuran gawang : Panjang 5,5 meter dan Tinggi 2,2 meter.
  • Garis lapangan : Digunakannya bahan dari terpal (seperti lakban) dengan ukuran lebar sekitar 8 cm.
  • Panjang lapangan 35 – 37 meter, disetiap ujung garis dan tengah garis lapangan ditandai dengan bendera warna merah dan diantara bendera merah ditandai oleh bendera warna putih.
  • Lebar lapangan 26 – 28 meter, disudut pertemuan lebar dan panjang lapangan ditandai dengan bendera warna merah.

3. Pemain Sepak Bola Pantai

  • Masing masing Tim terdiri dari 5 orang Pemain.
  • 4 orang Pemain penyerang atau bertahan.
  • 1 orang Penjaga Gawang.

4. Durasi Waktu Sepak Bola Pantai

  • Durasi waktu bermain : 3 X 12 menit.
  • Dua kali masa istirahat.
  • Lama waktu istirahat 3 menit diantara babak.

5. Wasit Sepak Bola Pantai

  • Pertandingan dipimpin Wasit Pertama dan wasit Kedua digaris seberangnya.
  • Wasit Ketiga yang duduk bersama pencatat waktu akan memberikan sebuah aba aba memulai dan menghentikan pertandingan termasuk memastikan waktu 2 menit hukuman ketika seorang Pemain dikeluarkan.

6. Pergantian Pemain Sepak Bola Pantai

Pergantian pemain bebas yang sudah diganti dapat kembali bermain, hal ini dapat terjadi kecuali pemain yang sudah mendapatkan kartu merah harus menunggu selama 2 menit sebelum diizinkan kembali untuk menggantikan pemain lain.


7. Skor Sepak Bola Pantai
Jika kedudukkan skor masih sama sesudah waktu normal pertandingan, maka dapat dilakukan perpanjangan waktu 3 menit. Dan jika skor masih tetap sama setelah perpanjangan waktu, maka dilakukan tendangan dari titik pinalti khayal.


8. Pelanggaran Sepak Bola Pantai

  • Bola Keluar lapangan (out) : dapat dilakukan dengan tendangan atau lemparan kedalam (Pemain bertahan harus berjarak 5 meter).
  • Tendangan bebas karena pelanggaran bola tangan: Pada saat dilakukan tendangan bebas. Pemain bertahan tidak boleh membuat pagar.
Baca Juga :  Tenis Meja:Pengertian, Sejarah, Peralatan, Teknik dan Cara Bermain Tenis Meja Lengkap

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Sepak Bola Pantai : Pengertian, Sejarah & Peraturannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.