Ketahui Contoh Pembukaan Pidato Islami

Pada umumnya, pidato merupakan suatu kegiatan dalam menyampaikan pendapat dalam banyak orang dan mengangkat suatu tema untuk dibahas. Biasanya, dalam penyampaian pidato sendiri akan bergantung pada sebuah tema yang diangkat seperti halnya sosial, keresahan, pendidikan atau bahkan keagamaan.

Jika mengangkat tema keagamaan, maka seseorang akan menyampaikan sebuah pidato dengan nuansa yang Islami dan pada umumnya bisa kita jumpai dalam acara pengajian, khotbah dan acara keagamaan lainnya.

Topik maupun sebuah tema yang diangkat dalam pidato tentunya sangat beragam, begitu halnya dengan penyampaian pidato sendiri yang juga bergantung pada tema yang diangkat. Dalam tema keagamaan, seorang muslim akan menyampaikan sebuah pidato yang bernuansa Islami. Biasanya, nuansa Islami dari pidato sudah dibangun pada bagian awal, atau pada pembukaan pidato.

Maka dari itu, pada pembukaan pidato menjadi salah satu penentu sukses tidaknya pidato. Pembukaan pidato yang baik tentunya akan memancing perhatian bagi para pendengar. Dengan begitu, mereka juga akan siap untuk mendengarkan isi dari pidato yang telah disampaikan tersebut bahkan sampai selesai.

Penasaran dengan contoh pembukaan pidato Islami? Tenang, kamu bisa akan mudah mengetahui atau bahkan membuat pembukaan pidato Islami. Jadi, tetap simak ulasan ini sampai selesai, ya.

Kumpulan Contoh Pembukaan Pidato Islami

Contoh Pembukaan Pidato Islami 1 

Assalamu’alaikum, Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bismillahirrahmanirrahim.

Kaum muslimin muslimat Rahimakumullah, marilah kita tidak henti-hentinya memanjatkan puji syukur kepada Allah.

Karena dengan nikmat-Nya, Allah masih memberikan kita kesempatan untuk hadir dalam acara mulia ini.

Semoga dalam acara mulia ini, kita semua mendapatkan rahmat dan ampunan Allah SWT.

Contoh Pembukaan Pidato Islami 2

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji hanya milik Allahu Rabbi.

Segala zat yang Maha Ghafur, zat yang Maha Syukur yang telah memberikan beribu-ribu nikmat yang tidak terukur.

Nikmat iman, nikmat islam, sampai nikmat sehat wal afiat sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang insya allah diberkahi Allah SWT.

Shalawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi akhiruzzaman, seorang Nabi yang lahirnya saja membuat goncang alam semesta, membuat heboh para malaikat Allah SWT, yang kalau bukan karenanya tidak akan Allah ciptakan alam semesta ini.

Siapakah dia, tidak lain dan tidak bukan yaitu Nabi Muhammad SAW.

Semoga keluarganya, sahabatnya, dan kita selaku umatnya yang mengikuti sunnah-sunnahnya semoga mendapatkan syafaatnya.

Contoh Pembukaan Pidato Islami 2

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah segala puji bagi Allah. Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Yang membalas doa hamba-hamba-Nya, apabila kita berdoa dan mengingat-Nya.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji kehadirat Allah SWT yang mana telah mempertemukan kita di sini dengan keadaan sehat wal afiat.

Sholawat serta salam tak lupa mari kita junjung tinggi kepada Baginda Nabi Muhammad SAW bersama ahlul baitnya, juga kepada guru-guru kami, orang tua kami saudara kami, pemimpin-pemimpin kami, muslimin dan muslimat, yang terdahulu juga yang akan datang.

Contoh Pembukaan Pidato Islami 3

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Innalhamdalillah washolatu wasalamu ala rosulillah sayyidina Muhammad ibni abdilah waala alihi wasohbihi waman walah (amma ba’du).

Hadirin sidang majelis muslimin wal muslimat yang semoga Allah muliakan dunia dan akhirat.

Alhamdulillah, dengan izin Allah kita bisa berkumpul di masjid ini. Mudah-mudahan berkumpulnya kita di sini, merupakan amal soleh sehingga kita bia bertawasul dengan amal soleh tersebut.

Berharap Allah jadikan hari yang akan datang dalam kehidupan kita lebih baik dibandingkan hari ini. Insyaallah.

Contoh Pembukaan Pidato Islami 4

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, hari ini kita diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk menjalani sebagian dari aktivitas kita.

Dan masyaallah dari sekian hamba Allah yang beraktivitas hari ini, ternyata bapak/ibu, teman-teman sekalian yang terpilih oleh Allah SWT untuk bisa diringankan langkahnya, dilembutkan hatinya, hadir di sini untuk mempelajari sebagian dari tuntunan agama kita.

Semoga yang hadir saat ini mendapatkan karunia Allah, seperti yang dijanjikan oleh Rasulullah SAW sehingga keluar dari sini mendapatkan petunjuk dan kebaikan dari Allah SWT.

Contoh Pembukaan Pidato Islami 5

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, was sholatu wassalamu ‘ala, asyrofil ambiyaa iwal mursalin, wa a’laa alihi wa sahbihi ajmain amma ba’du. 

Marilah terlebih dahulu kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih, yang telah melimpahkan rahmat-Nya pada kita, sehingga pada pagi yang cerah ini, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat untuk melaksanakan (nama acara).

Contoh Pembukaan Pidato Islami 6

Alhamdulillahilladzi an’amana bini’matil iimaani wal islam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajmain imaa.

Sebelum menyampaikan apa yang akan saya sampaikan, tidak lupa dalam kesempatan ini lebih dahulu saya sampaikan rasa syukur yang sedalam-dalamnya, karena saya dapat memenuhi permintaan panitia untuk berbicara tentang (topik pidato) di hadapan hadirin yang  terhormat ini.

Contoh Pembukaan Pidato Islami 7

Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

Sebagai umat beragama, rasanya tak ada yang lebih baik kita ucapkan dalam kesempatan ini selain puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberi nikmat berupa kesehatan pada kita semua, sehingga pada malam ini kita dapat berkumpul di ruang baca perpustakaan ini untuk (nama acara).

Contoh Pembukaan Pidato Islami 8

Alhamdulillahi robbil alamin hamdan yuawfi niamahu wa yukafiu mazidahu wa shollallahu wasallam ala imamil muhsinina sayyidana muhammadin sholawatu robbihi wa salamuhu alaihi wa ala alihi wa shohbihi wa sallim tasliman kairo.

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, aku memuji orang-orang yang bersyukur, pujian orang yang berzikir, pujian orang yang memperoleh nikmat, pujian yang cukup untuk segala nikmat-Nya, dan cukup untuk mencukupi tambahan nikmat-Nya.

Shalawat serta salam dipanjatkan pada pemimpin muhsinin Nabiyullah Muhammad SAW.. Semoga kedamaian dan berkah terus tercurah pada keluarga dan sahabatnya.

Baca Juga :  Pengaruh Pembaruan Islam Abad Modern Bagi Umat Islam di Indonesia

Contoh Pembukaan Pidato Islami 9

Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

Sebagai umat beragama, rasanya tak ada yang lebih baik kita ucapkan dalam kesempatan ini selain puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberi nikmat berupa kesehatan pada kita semua, sehingga pada malam ini kita dapat berkumpul di ruang baca perpustakaan ini untuk (nama acara).

Contoh Pembukaan Ceramah Islami 10

Mengutip Integrated Website of Nahdlatul Ulama Taiwan, berikut contoh pembukaan ceramah Arab lain beserta artinya.

الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin was sholaatu was salaamu ‘ala asyrafil anbiyaaa’i walmursaliin, wa ‘alaa aalihi wa shohbihi ajma’iin ammaa ba’du.

Artinya: “Segala puji bagi Allah Sang Penguasa alam semesta. Semoga salawat dan keselamatan tercurahkan selalu pada Nabi dan Rasul termulia. Beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya, semuanya.”