Contoh Announcement Text, Rumus & Latihan Soal

Announcement Text adalah informasi yang disampaikan kepada publik atau khalayak ramai baik yang telah atau akan terjadi. Informasi ini umumnya disampaikan secara lisan di tempat umum karena menyangkut kepentingan banyak orang. Pengumuman ini juga dapat diunggah melalui media sosial.

Pengumuman disampaikan dengan tujuan memberikan informasi pada pembaca mengenai hibauan, suatu acara, aturan, kejadian, dan lain-lain.  Jenis-jenis pengumuman sendiri dapat dilihat dari fungsinya. Beberapa diantaranya:

  • Berita duka berita pernikahan, ulang tahun, peresmian dan kelahiran
  • Pengumuman pemenang suatu kompetisi
  • Lowongan pekerjaan
  • Iklan laporan kegiatan /acara pemberitahuan/ himbauan Dari pemerintah, dan masih banyak lagi.

Contoh Announcement Text

Fungsi teks pengumuman diantaranya menyampaikan informasi mengenai sesuatu hal seperti suatu acara, penerimaan siswa baru dan lain sebagainya. Informasi ini juga disampaikan secara formal dan ditujukan kepada masyarakat umum atau secara spesifik kepada kalangan tertentu. Berikut ini beberapa contoh penggunaan Announcement Text:

1. Attention, due to technical problems with Air Asia Airlines, flight number GA 528 departing for Jakarta and Bogor scheduled at 10:15 will be delayed by about 30 minutes Thank you

(Perhatian, karena adanya masalah teknis Air Asia Airlines, dengan penerbangan nomor GA 528 berangkat ke Jakarta dan Bogor dijadwalkan di 10:15 akan tertunda sekitar 30 menit Terima kasih).

2. In fond memory with serious hearts, the Tardjono family regrets to announce the passing of our beloved Hari Rudy Tardjono on June twenty two, 2020. His love always, passion, sense of humor, and kindness are going to be incomprehensible. A tiny family memorial is going to be held on June twenty two, 2020, at Rumah Duka Citra Hati, Jakarta.

3. (Dengan segala kerendahan hati, keluarga Tardjono dengan berat hati memberitahukan terkait meninggalnya Keluarga tercinta kami yaitu Hari Rudy Tardjono pada tanggal 22 Juni 2020. Cinta kasihnya, semangat, canda tawa nya, dan kebaikannya akan selalu terkenang. Sebuah peringatan dari keluarga kecil akan diadakan pada tanggal 22 Juni 2020, di Rumah Duka Citra Hati, Jakarta)

Kalian juga diingatkan untuk memperhatikan hal-hal sederhana, seperti cara menyusun kalimat, membuat kerangka karangan, dan menulis rangkuman/ringkasan. Lebih istimewa lagi, buku ini dilengkapi latihan soal dan writing checklist untuk menguji pemahaman kalian.

Rumus Announcement Text

Pada Announcement text, rule yang digunakan adalah simple future dan simple present tense. Simple Present merupakan suatu tenses yang digunakan pada waktu saat ini atau kejadian yang berulang, sementara Simple Future tenses digunakan pada masa mendatang dan berakhir di masa mendatang pula. Dalam Struktur Announcement text, terdapat 2 hal yang sangat penting yaitu Explanation dan judul atau Title:

1. Title (judul)

Title sebagai bagian yang sangat penting, sebab berfungsi menjabarkan keseluruhan pengumuman atau informasi dalam headline utama

2. Clarification  (Penjelasan)

Explanation pada bagian ini diisi dengan informasi lanjutan Dari judul. Clarification  terdiri dari Jenis Kegiatan (Type of Event), Tanggal dan Waktu (Date and Time), Tempat (Place), Partisipan (Participant), Alamat (Address), Contact yang Dapat Dihubungi (Contact Person).

Baca Juga :  Rumus Future Perfect Continuous Tense: Pengertian, dan Contoh Kalimatnya