Unsur Nitrogen

Definisi Nitrogen

Nitrogen

Nitrogen merupakan unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang N dan nomor atom 7. Unsur ini biasanya ditemukan dalam bentuk gas tanpa warna dan bau. Merupakan gas diatomik bukan logam yang stabil, sangat sulit bereaksi dengan unsur atau senyawa lainnya. Disebut zat lemah karena zat ini bersifat pasif, tidak aktif bereaksi dengan unsur lainnya.

Sifat-Sifat Nitrogen

Unsur nitrogen memiliki sifat-sifat fisis dan kimia, antara lain :

Sifat fisis :

  • Berupa gas diatomik N2 tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna, sedikit larut dalam air.
  • Bersifat non polar
  • Titik didih 77,36 K
  • Titik lebur 63,15 K
  • Berat jenis relatif 0,97
  • Berat molekul 28,013
  • Kalor peleburan 0,720 kJ/mol
  • Kalor penguapan 5,57 kJ/mol
  • Kapasitas kalor suhu kamar 29,124 J/mol.K

Sifat kimia :

  • Molekul N2 berikatan kovalen rangkap tiga
  • Mempunyai energi ikatan yang relatif besar, yaitu 946 kJ/mol sehingga sangat stabil atau sulit bereaksi pada suhu tinggi (endoterm) dengan bantuan katalis
  • Pada suhu ruangan N2 bereaksi sangat lambat dengan logam Li memperoleh Li3N.

Pembuatan Nitrogen

Pembuatan nitrogen ada 3 cara, antara lain :

  1. Di laboratorium dari komposisi termal senyawa amonium CNH4NO2 dengan cara dipanaskan
    Reaksi : CNH4NO2(s) → N2 + 2H2O
  2. Dalam industri dengan cara pencairan (destilasi udara cair) dan destruksi bertingkat
  3. Secara spektroskop, dibuat dengan dekomposisi termal Natrium Barium Azida
    Reaksi : 2NaN3 → 2Na + 3N2
  4. Pemanasan NH4NO2 melalui reaksi : NH4NO2 → N2 + 2H2O
  5. Oksidasi NH3 melalui reaksi : 2NH3 + 3CuO → N2 + 3Cu + 3H2O
  6. Penyulingan (destilasi) bertingkat dari udara yang cair, dengan cara udara bersih dimasukkan ke dalam kompresor, lalu didinginkan. Udara dingin mengembun melalui celah menghasilkan udara yang suhunya sangat dingin sehingga udara tersebut mencair. Setelah itu, udara yang cair disaring untuk memisahkan CO2 dan hidrokarbon, selanjutnya lakukan penyulingan. Udara cair masuk ke bagian puncak kolom nitrogen, komponen yang mudah menguap, keluar menjadi gas. Pada pertengahan kolom, gas argon keluar dan oksigen menjadi cair. Oksigen dengan komponen udara yang sulit menguap mengalami pengumpulan di dasar. Titik didih normal nitrogen, oksigen, dan argon ialah -195,80oC dan -183oC

Manfaat Nitrogen

Dalam bentuk amoniak, nitrogen dipakai sebagai bahan pupuk, asam nitrat, obat-obatan, urea, pendingin, dan hidrazin. Nitrogen juga sering dipakai dalam lingkungan yang inert (tidak aktif), misalnya pada bola lampu listrik untuk mencegah evaporasi filamen. Nitrogen cair banyak dipakai sebagai pendingin, kegunaan ini sangat efektif karena relatif murah. Dan banyak dipakai oleh laboratorium medis dan laboratorium penelitian sebagai pengawet bahan preservatif untuk jangka waktu yang lama, misal pada sperma, penyimpanan organ-organ tubuh manusia, darah, dll.

Itulah penjelasan dari rumushitung mengenai materi kimia tentang unsur oksigen dan nitrogen. Semoga dengan penjelasan ini dapat menambah pemahaman kalian. Sekian terima kasih.

Baca Juga :  Pengertian Psikotropika, Macam, Golongan dan Dampak Psikotropika Lengkap