Persebaran Penduduk: Pengertian, Jenis, dan Faktornya

Persebaran penduduk adalah salah satu konsep yang paling penting dalam ilmu kependudukan.

Perlu diingat bahwa kondisi masyarakat selalu bersifat dinamis. Jumlah populasi, distribusi populasi, struktur populasi, dan pergerakannya selalu berubah seiring dengan waktu dalam skala yang berbeda-beda.

Dalam artikel ini, kita akan mencoba membahas lebih lanjut mengenai persebaran penduduk, mulai dari pengertiannya, hingga jenis dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Daftar Isi

Pengertian Persebaran Penduduk

Pada dasarnya, persebaran penduduk menjelaskan mengenai persebaran manusia pada permukaan bumi. Gampangnya adalah dimana orang-orang hidup dan tinggal di permukaan bumi.

Persebaran ini umumnya tidak bersifat rata dan sering berubah secara drastis seiring dengan berjalannya waktu. Persebaran penduduk ini sangat bergantung pada faktor-faktor yang nanti akan dibahas setelah ini.

Persebaran penduduk dan juga kepadaan penduduk merupakan informasi yang sangat penting untuk dipahami dan dianalisis dalam penelitian mengneai kondisi demografis suatu wilayah.

Jenis-Jenis Persebaran Penduduk

Jenis persebaran penduduk

Secara umum, terdapat 2 jenis persebaran penduduk yaitu persebaran secara geografis dan juga persebaran secara administratif atau sesuai dengan pemerintahan.

Agar kalian lebih paham, dibawah ini kita akan membahas secara lebih detail mengenai kedua jenis persebaran ini.

Persebaran Penduduk Geografis

Persebaran penduduk secara geografis adalah persebaran penduduk yang dilihat dari posisinya relatif terhadap bentang alam dan kenampakan-kenampakan alam lain yang ada di suatu wilayah.

Contoh dari penggunaan pandangan ini adalah ketika melihat persebaran penduduk yang memusat di bagian selatan Canada karena iklim yang lebih hangat.

Contoh lainnya adalah persebaran penduduk Amerika Serikat yang terpusat di pesisir Barat dan juga Timur negara tersebut karena aksesibilitasnya lebih tinggi dan terdapat banyak infrastruktur publik yang sudah berkualitas tinggi.

Persebaran Penduduk Administratif

Persebaran penduduk secara administratif adalah persebaran penduduk yang dilihat sesuai dengan batas-batas administratif yang telah ditetapkan oleh suatu negara.

Contohnya adalah persebaran penduduk pada desa A, desa B atau pada provinsi A dan provinsi B.

Contoh lainnya adalah persebaran penduduk Amerika Serikat yang berpusat pada negara bagian tertentu seperti California, Texas, Florida, dan New York.

Begitu pula dengan Canada, dimana penduduknya terpusat di provinsi Ontario, Quebec, dan British Columbia.

Faktor Yang Mempengaruhi Persebaran Penduduk

Dari peta-peta yang sudah disajikan diatas, kita dapat melihat bahwa terdapat wilayah-wilayah tertentu yang memiliki penduduk banyak dan wilayah-wilayah yang memiliki penduduk sangat sedikit. Mengapa hal ini dapat terjadi?

Ternyata, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi apakah wilayah tersebut akan menjadi daerah padat penduduk atau tidak.

Faktor-faktor tersebut antara lain adalah

  • Faktor fisik
  • Faktor iklim
  • Faktor tanah
  • Faktor vegetasi
  • Faktor suplai air
  • Faktor kebencanaan & penyakit
  • Faktor komunikasi
  • Faktor ekonomi
  • Faktor politis
  • Faktor sumber daya alam
Baca Juga :  Jenis-Jenis Erosi: Korasi, Ablasi, Deflasi, Abrasi dan Eksarasi