Pengertian Website : Unsur, Manfaat dan Jenis Website Lengkap

Pengertian Website – Kalian mungkin sering mendengar istilah website, apa itu website? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian website secara umum, pengertian website menurut para ahli, unsur, manfaat dan jenis website secara lengkap.

Pengertian Website Secara Umum

Secara umum, Pengertian Website atau Web adalah sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman dan berisi tentang insormasi dalam bentuk digital baik itu tulisan (teks), gambar animasi yang disediakan melalui internet sehingga dapat diakses oleh banyak orang diseluruh dunia yang memiliki koneksi internet.

Definisi website adalah halaman web atau situs yang saling berhubungan oleh perorangan, kelompok atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet atau jaringan area lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenal dengan URL. Kombinasi dari semua situs yang dapat diakses publik di internet juga dikenal dengan World Wide Web atau disingkatan WWW.

Umumnya, halaman website atau web berbentuk dokumen dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP atau HTTPS, suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Sukarno & Hianoto

Menurut Sukarno & Hianoto, Website adalah aset sama seperti halnya rumah, dan saat ini mulai lumrah di perjual belikan.

Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom

Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom, Layanan Web adalah salah satu Internet yang paling banyak dipergunakan dibandingkan dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.

Wahana Komputer

Menurut Wahana Komputer, Web adalah bentuk interaktif komunikasi yang digunakan dalam jaringan komputer satu.

A. Taufiq Hidayatullah

Menurut A. Taufiq Hidayatullah, Web adalah bagian yang paling terlihat sebagai jaringan terbesar di dunia, yaitu intrenet.

Haer Talib

Menurut Haer Talib, Website adalah tempat di Internet yang mempunyai nama serta alamat.

Ali Zaki & Smitdev Community

Menurut Ali Zaki & Smitdev Community, Website adalah beberapa kumpulan dari halaman web yang terdapat pada satu domain, yang terdiri dari 2 atau lebih halaman web.

Boone (Thomson)

Menurut Boone (Thomson), Website adalah kumpulan grafis yang kaya sumber daya yang saling berhubungan satu sama lain di Internet yang lebih besar.

Feri Indayudha

Menurut Feri Indayudha, Website adalah sebuah program yang dapat memuat film, gambar, suara & musik yang ditampilkan di internet.

Yuhefizar

Menurut Yuhefizar, Website adalah metode untuk menampilkan informasi di internet, baik itu berupa teks, gambar, video & suara maupun interaktif memiliki keuntungan yang menghubungkan (link) dari dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui browser.

Jasmadi

Menurut Jasmadi, Website adalah kumpulan halaman-halaman web beserta file-file pendukungnya, seperti gambar, video, dan file digital lainnya yang diletakkan di host atau web server yang umumnya diakses melalui internet.

Gregorius (2000:30)

Menurut Gregorius, Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. Web terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman-halaman terkait berada di bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web.

Hakim Lukmanul (2004)

Menurut Hakim Lukmanul, Website merupakan fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan web page dan link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik diantara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome dan aplikasi browser lainnya.

Sibero

Pengertian website menurut Sibero adalah suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, multimedia dan lainnya pada jaringan internet.

Hidayat

Menurut Hidayat, Website adalah keseluruhan halaman-halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang mengandung informasi. Sebuah website biasanya dibangun atas banyak halaman web yang saling berhubungan.

Arief (2011 : 8)

Menurut Arief, Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, video) didalamnya yang menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut browser.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, Wibesite adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Peladen merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Abdullah (2015:1)

Menurut Abdullah, Website adalah ekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk data digital baik berupa text, gambar, video, audio, dan animasi lainnya yang disediakan melalui jalur koneksi internet.

Nilasari (2014:2)

Menurut Nilasari, Website atau sering disebut situs merupakan kumpulan halaman web yang dijalankan dari suatu alamat web domain.

Bekti (2015:35)

Menurut Bekti, Website adalah kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing- masing masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman.

Sukarno dan Hianoto

Menurut Sukarno dan Hianoto, Website adalah aset sama seperti halnya rumah dan saat ini mulai lumrah di perjualbelikan.

Suwanto Raharjo

Menurut Suwanto Raharjo, Website adalah salah satu Internet yang paling banyak dipergunakan dibandingkan dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.

Nugroho

Menurut Nugroho, Website adalah server sebagai sebuah pusat, dan juga difungsikan sebagai pelayan yang berguna untuk pengeriman dan juga penerimaan data.

Unsur-Unsur Website

Di dalam sebuah website ada dua komponen penting yaitu Domain dan Hosting. Tanpa komponen tersebut maka website tidak dapat diakses.

Nama Domain

Nama domain adalah nama unik sebuah website untuk mengidentifikasi nama server komputer di internet. Setiap website pasti memiliki domain unik, contohnya Google.com, pro.co.id, atau Facebook.com.

Domain bisa disewa dari perusahaan pengelola domain internet (registrar). Beberapa perusahaan registrar domain diantaranya:

  • Godaddy.com
  • Namecheap.com
  • Name.com
  • Masterweb.com
  • Rumahweb.com
  • Dan lain-lain

Web Hosting

Web hosting adalah tempat atau lokasi penyimpanan database (teks, suara, gambar, video, dan lain-lain) dari sebuah website. Umumnya pemilik website menyewa jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Beberapa perusahaan jasa web hosting diantaranya:

  • Hawkhost.com
  • Rumahweb.com
  • Niagahoster.co.id
  • Hostinger.co.id
  • Dan lain-lain

Konten Website

Konten website adalah komponen yang sangat penting dalam keberadaan website di internet. Tanpa adanya konten website tentu tidak ada yang ditawarkan pada pengunjung. Umumnya, konten website diciptakan atau dibuat oleh pemilik website, misalnya website berbentuk blog yang isinya adalah artikel atau gambar sesuai dengan topik website tersebut.

Akan tetapi, ada juga website yang kontennya diciptakan atau dibuat oleh para penggunanya, baik itu konten berbentuk teks, gambar, atau video. Beberapa contoh website yang kontennya dibuat oleh penggunanya,

  • Media Sosial (YouTube.com, Twitter.com, Facebook.com, dan lainnya)
  • Situs forum (Bersosial.com, Ads.id, Forum.idws.id dan lainnya)

Manfaat Website

Manfaat website yang paling utama adalah penyebaran informasi yang lebih cepat kepada masyarakat luas. Internet dan website berperang penting dalam proses pertukaran informasi, baik secara lokal maupun internasional.

Secara umum, manfaat website diantaranya yaitu:

  • Sebagai sarana informasi yang lebih mudah dan cepat untuk didapatkan.
  • Memberikan kemudahan dalam kegiatan pemasaran dan promosi bisnis karena dapat menjangkau banyak orang dalam waktu yang bersamaan.
  • Website menjadi sarana berkomunikasi bagi manusia di berbagai belahan dunia.
  • Sebagai sarana edukasi bagi masyarakat.
  • Sebagai saran hiburan yang murah.

Jenis-Jenis Website

Website dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis, diantaranya yaitu:

Website Statis

Pengertian website statis adalah suatu halaman website yang tampilannya tidak berubah-ubah (statis). Jika si pemilik website ingin mengubah tampilan maka harus dilakukan secara manual, yaitu dengan mengedit kode-kode struktur websitenya.

Jenis website statis umumnya memiliki setidaknya 5 halaman utama untuk menjelaskan informasi mengenai website tersebut. Selain itu, website statis umumnya tidak memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara pemilik/ pengelola website dan pengunjung di website tersebut. Berikut beberapa contoh website statis, diantaranya:

  • Website perusahaan (company profile)
  • Search Engine (Google, Bing)
Baca Juga :  Arsitektur Komputer

Website Dinamis

Pengertian website dinamis adalah jenis website yang dirancang khusus untuk dapat menampilkan update konten sesering mungkin. Website dinamis bisa disesuaikan dengan kebutuhan, baik dari sisi tampilannya maupun dari sisi fiturnya.

Umumnya, website dinamis dirancang dengan konsep visual dan kemampuan interaksi tinggi dengan penggunanya. Beberapa fitur yang bisa ditambahkan pada website dinamis yaitu, kolom komentar, fitur live chatting, formulir pendaftaran, dan lain-lain. Berikut beberapa contoh website dinamis, diantaranya yaitu:

  • Blog/website pribadi
  • Situs E-commerce
  • Website Portal
  • Situs Berita
  • Katalog online
  • Dan lain-lain

Website Interaktif

Pengertian website interaktif adalah jenis website yang digunakan untuk tujuan berinteraksi dengan orang lain secara online. Umumnya pengguna website interaktif adalah komunitas atau pengguna internet aktif. Berikut beberapa contoh website interaktif, diantaranya yaitu:

  • Situs Media sosial
  • Situs forum online
  • Blog

Di Indonesia ada beberapa bentuk jenis website yang sangat populer dan paling umum digunakan diantaranya website pribadi, website berbagi foto, website komunitas/forum, website media sosial, dan website E-commerce.

Website Pribadi

Website pribadi adalah jenis website yang umumnya digunakan untuk menampilkan biografi diri. Kategori website ini biasanya berisi tentang profesi seseorang, pengalaman seseorang dan hal-hal yang memuat tentang apa yang sedang dikerjakannya.

Melalui website ini, biasanya seseorang mengharapkan bahwa dia akan mendapatkan tempat untuk berbagi cerita atau pengalaman yang dimilikinya. Website jenis ini juga sering disebut dengan nama “blog”

Website Berbagi Foto

Website berbagi foto adalah jenis website yang digunakan untuk membagikan momen-momen menarik dan menyenangkan yang kemudian diabadikan di dunia maya. Pada umumnya website ini akan melibatkan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dalam dunia fotografi, entah sebagai amatiran maupun profesional.

Walaupun begitu, semua orang dari berbagai kalangan dan usia saat ini banyak yang menggunakan website jenis ini (jadi tidak harus memiliki hobi fotografi). Salah satu contoh website berbagi foto yang paling populer adalah Instagram.

Website Media Sosial

Website ini merupakan jenis yang paling populer. Mereka yang tergabung dalam website seperti ini umumnya mereka yang ingin mengekspresikan dirinya di dalam dunia maya. Pengguna website ini sangat beragam, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Dengan website ini, penggunanya berbagai pengalaman pribadi apapun. Termasuk di dalamnya adalah saling membagikan video dan gambar. Beberapa website sosial media yang paling populer saat ini adalah Facebook dan Twitter.

Website Komunitas/Forum

Website Komunitas/Forum adalah jenis halaman di dunia maya yang memberikan fasilitas bagi yang senang berdiskusi dengan banyak orang. Topik yang didiskusikan bisa mencakup banyak hal.

Pada umumnya mereka yang tergabung dalam forum seperti ini adalah mereka yang mengalami permasalahan dan mencoba mencari tahu jawabannya di dalam website tersebut. Salah satu contoh website komunitas/forum yang paling populer di Indonesia adalah Kaskus.

Website E-commerce

Website ini digunakan untuk mempromosikan produk-produk untuk keperluan bisnis. Di Indonesia, baik bisnis besar maupun kecil telah dipublikasikan secara online.Melaui website E-commerce ini maka tidak perlu melangkahkan kaki meninggalkan rumah untuk membeli barang yang diinginkan. Jadi kehadiran website ini akan mempermudah aktivitas dalam melakukan kegiatan berbelanja. Beberapa contoh website e-commerce yang saat ini naik daun adalah Shopee, Blibli dan Tokopedia.

Demikian pembahasan tentang pengertian website secara umum, pengertian website menurut para ahli, unsur, manfaat dan jenis website secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.