Mengenal Fungsi Hipotalamus dan Hormon yang Dihasilkan

Otak merupakan salah satu organ vital manusia yang menjadi titik sentral pengontrol seluruh fungsi tubuh. Artinya, jika kalian ingin melakukan sesuatu, otak yang akan mengatur dan memerintahkannya. Nah, saat itulah hipotalamus menjalankan fungsinya sebagai salah satu bagian dari otak.

Dengan mengetahui lebih lanjut lagi seputar hiptalamus akan menambah wawasan kita. Tak perlu bingung untuk mencari tahu tentang hipotalamus, karena di artikel ini, kita akan membahas hipotalamus lebih jauh lagi.

Pada artikel ini akan dibahas pengertian hingga hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus. Jadi, tunggu apalagi tetap simak ulasan ini sampai selesai, ya.

Pengertian Hipotalamus

Fungsi Hipotalamus

Kata “hypothalamus” atau “hipotalamus” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “hypo” dan “thalamus” yang memiliki pengertian “di bawah talamus”. Talamus sendiri merupakan bagian dari otak yang memiliki fungsi menyampaikan informasi sensorik dan bekerja sebagai titik persepsi nyeri.

Berdasarkan pengertiannya, hipotalamus dapat didefinisikan sebagai wilayah kecil yang berukuran seperti kacang almond, tetapi memiliki peran penting di tengah otak.

Fungsinya adalah menjalankan peran sentral dalam memproduksi hormon dan menyokong rangsangan dari berbagai proses penting dalam tubuh dan berada di otak, yaitu di antara kelenjar talamus dan pituitari.

Hipotalamus merupakan salah satu bagian otak yang menghasilkan hormon yang berfungsi mengendalikan fungsi organ maupun sel tubuh. Fungsi hipotalamus yang paling pokok adalah homeostastis, yaitu mempertahankan dan memastikan semua sistem anggota tubuh tetap berjalan dengan stabil.

Hipotalamus mengeluarkan hormon ke bagian lain di otak, yaitu kelenjar pituitari. Kelenjar itu lantas akan membawa hormon-hormon ke bermacam-macam organ tubuh yang lainnya. Berbagai hormon yang diproduksi oleh hipotalamus memiliki berbagai peran penting di dalam tubuh.

Apabila fungsi hipotalamus terserang gangguan, tentunya juga akan memengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh secara total.

Anatomi Hipotalamus

Hipotalamus mempunyai tiga area utama, yang masing-masing di antaranya mempunyai inti yang juga berbeda. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahasnya satu per satu wilayah utama di bagian otak ini.

1. Wilayah Anterior

Wilayah otak ini juga disebut dengan wilayah supraoptik, yang inti utamanya merupakan inti supraoptik maupun paraventrikular, serta inti kecil lainnya.

Mayotitas area hipotalamus ini mempunyai fungsi dalam menghasilkan berbagai hormon. Beberapa hormon yang diproduksi ada yang menghasilkan hormon tambahan dan melakukan interaksi dengan kelenjar pituitari.

2. Wilayah Tengah

Wilayah otak ini juga disebut dengan area tubera, yang inti utamanya merupakan inti ventromedial maupun arkuata.

Inti ventromedial menyokong tubuh dalam mengatur pola nafsu makan, sedangkan inti arkuata berkaitan dalam pelepasan growth hormone-releasing hormone (GHRH), yaitu hormon yang berperan dalam memicu pertumbuhan.

3. Wilayah Posterior

Wilayah otak ini juga disebut dengan area mammillary, yang inti utamanya merupakan inti dari mammillary dan hipotalamus posterior.

Fungsi utama dari inti hipotalamus posterior adalah menyokong suhu tubuh manusia dan memberikan rangsangan tubuh untuk memunculkan respons menggigil.

Sementara itu, fungsi dari inti mammilarity tidak dapat diketahui secara pasti, tetapi para peneliti beranggapan jika bagian tersebut memiliki keterkaitan dengan daya ingat.

Baca Juga :  Makanan & Minuman Pantangan Asam Lambung yang Perlu Kamu Tahu