Hotspot Adalah

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Hotpost? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Hotspot : Pengertian, Jenis, Sejarah, Fungsi dan Tips Terlengkap

Pengertian Hotspot

Hotspot merupakan istilah untuk suatu area dimana user atau orang apat mengakses jaringan internet, asalkan menggunakan PC, laptop atau perangkat lainnya yang memiliki fitur berupa WiFi (Wireless Fidelity) sehingga bisa mengakses internet tanpa media kabel.

Hotspot juga adalah salah satu lokasi fisik dimana orang bisa mendapatkan akses Internet, biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network, disingkat WLAN) menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider (ISP)).


Sejarah Hotspot

Konsep hotspot pertama kali diusulkan oleh Henrik Sjödin pada saat konferensi NETWORLD + Interop di Moscone Center di San Francisco pada Agustus 1993.

Akan tetapi pada saat itu, Sjödin tidak menggunakan istilah hotspot namun wireless local area networks (wireless LANs) yang bisa diakses publik.

Perusahaan komersial pertama yang mencoba membuat public local area access network yaitu perusahaan yang didirikan di Richardson, Texas yang dikenal sebagai PLANCOM (Public Local Area Network Communications). Pada tahun 1998, para pendiri perusahaan, Mark Goode, Greg Jackson, dan Brett Stewart membubarkan perusahaan tersebut.

Kemudian, Goode dan Jackson menciptakan MobileStar Networks. Perusahaan tersebut merupakan salah satu yang pertama dalam menandatangani lokasi akses publik seperti Starbucks, American Airlines dan Hilton Hotel.

Pada tahun 2001, perusahaan tersebut kemudian dijual ke Deutsche Telecom dan namanya diubah menjadi “T-Mobile Hotspot”.

Pada saat itulah istilah “hotspot” menjadi populer sebagai acuan untuk lokasi di mana Wireless LAN tersedia untuk diakses oleh publik, agar terhubung ke internet.


Fungsi Hotspot

  • Sangat simpel
  • Bisa dipakai dimana pun kita berada, bisa dipakai kapapun dan bisa dipakai sama siapa saja
  • Hotspot bisa menjakau sampai ±100 meter
  • Tidak memakai nirkabel
  • Bisa dipakai buat internetan, browsing dan lain-sebagainya.

Jenis-Jenis Hotspot

1. Hotspot Gratis

Hotspot gratis ialah jenis hotspot dimana pengguna dapat mengakses jaringan dengan leluasa tanpa bayar alias gratis.

Layanan hotspot gratis umumnya dihadirkan seperti layanan lanjutan untuk konsumen hotel, Cafe maupun tempat lainnya. Hotspot gratis juga dapat dipasang di berbagai tempat maupun acara seperti tempat bazar komputer atau tempat seminar.


2. Hotspot Berbayar

Untuk bisa memakai Hotspot Berbayar, anda harus mengganti maupun menyewa hotspot langsung ke pemilik gedung, umumnya seperti ruangan hotel, restoran maupun tempat cafe.


3. Hotspot Berbayar ke Operator WiFi Hotspot

Jenis Hotspot berbayar semacam Boingo dan iPASS ialah sebuah jaringan internasional yang mempunyai berjibun pengguna maupun pemakai mobile secara internasional.

Jenis HotSpot ini umumnya benar digemari oleh semua orang yang sering berjalan-jalan jauh bahkan ke luar negeri misalnya traveler maupun pengusaha yang sering mengadakan bisnis di luar negeri.


Tips Penggunaan Jaringan Hotspot Agar Aman

  • Jangan mengaktifkan file sharing folder PC atau Laptop apabila terhubung dengan jaringan publik, karena bisa jadi orang dapat mengakses folder yang anda sharing.
  • Matikan juga sharing printer PC atau Laptop kalian.
  • Selalu aktifkan anti virus dengan melakukan update yang terbaru.
  • Jangan memberikan usernam dan password anda kepada orang lain.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai Hotspot : Pengertian, Jenis, Sejarah, Fungsi dan Tips Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga :  23 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Lengkap