Pengertian Jaringan Komputer : Manfaat, Tujuan dan Macam Jenisnya.

Pengertian Jaringan Komputer – Kalian mungkin sering dengar istilah jaringan komputer, apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang jaringan komputer mulai dari pengertian jaringan komputer secara umum, pengertian jaringan komputer menurut para ahli, manfaat, tujuan dan jenis jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari komputer dan perangkat lainnya yang dirancang untuk dapat bekerja sama untuk mencapai berbagai manfaat dan tujuan untuk dapat berkomunikasi, mengakses informasi,menerima maupun memberikan layanan informasi.

Definisi jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan jaringan komputer adalah agar bisa mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dalam jaringan komputer ada bagian yang bertugas menerima layanan yang disebut dengan Client, sedangkan bagian yang memberikan layanan disebut dengan Server. Sistem jaringan komputer ini disebut dengan sistem Client-Server.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data dan ada perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Jika ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Melwin Syafrizal

Menurut Melwin Syafrizal, Pengertian jaringan komputer adalah himpunan interkoneksi antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).

Izaas el Said

Menurut Izaas el Said, Pengertian jaringan komputer adalah sebuah sistem di mana komputer yang terhubung untuk berbagi informasi dan sumber daya.

Madcoms

Menurut Madcoms, Pengertian jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer dan peralatan penunjang lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi.

Techi Wire House

Menurut Techi Wire House, Pengertian jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung.

Kamus Besar dan Pakar

Menurut Kamus Besar dan Pakar, Pengertian jaringan komputer adalah sekelompok dari dua atau lebih sistem komputer yang dihubungkan bersama-sama.

English Wikipedia

Menurut English wikipedia, Pengertian jaringan komputer adalah sebuah kumpulan dari beberapa komputer dihubungkan secara elektronik.

Ensiklopedia

Menurut Ensiklopedia, Pengertian jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi secara bersama.

Manfaat Jaringan Komputer

Secara umum, manfaat jaringan komputer diantaranya yaitu:

  • Dapat dengan mudah melakukan pertukaran data atau berbagi sumber daya.
  • Dapat membantu mempertahankan informasi agar tetap handal dan up to date.
  • Dapat mempermudah komunikasi dan transaksi.
  • Membantu memberikan akses informasi secara cepat dan real time serta up to date.
  • Dengan jaringan komputer dapat mempermudah pekerjaan menjadi lebih cepat.
  • Dapat sharing resource (data, program, peripheral komputer).
  • Dapat menjaga keamanan data lebih terjamin (hak akses).
  • Memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi lebih efisien.
  • Memungkinkan penyampaian lebih terpadu.
  • Memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.

Tujuan Jaringan Komputer

Secara umum, tujuan jaringan komputer diantaranya yaitu:

  • Memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.
  • Membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up to date.
  • Membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
  • Memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
  • Membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Berdasarkan kategori, jaringan komputer dibedakan menjadi 5 kategori, yaitu berdasarkan jangkauan geografis, distribusi sumber informasi/ data, media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, dan berdasarkan jenis topologi yang digunakan.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauannya

LAN

Local Area Network (LAN) adalah sebuah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil, seperti warnet, kantor maupun sekolah. Jarak jangkauan LAN memiliki jangkauan sekitar 2 KM saja. Jaringan LAN biasanya terdiri dari komputer, printer dan perangkat lainnya.

MAN

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang memiliki jangkauan lebih luas dibanding dengan LAN. MAN mencakup jangkauan suatu kota sekitar 10-50 KM dengan dibekali kecepatan yang lebih tinggi. Dapat dikatakan pula bahwa MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.

WAN

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang jangkauannya mencakup geografis yang luas, seperti sebuah negara ataupun benua. WAN digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain yang berada dilokasi yang berbeda.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data

Jaringan Terpusat

Jaringan terpusat adalah jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server. Komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari komputer server.

Jaringan Terdistribusi

Jaringan terdistribusi adalah jaringan hasil gabungan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer client dan server saling terhubung membentuk sistem jaringan tertentu.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data

Jaringan berkabel (Wired Network)

Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan komputer menggunakan kabel yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain untuk dapat bertukar informasi data atau terhubung ke internet. Kabel UTP merupakan salah satu media transmisi yang digunakan pada jaringan berkabel.

Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Jaringan Nirkabel menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informsi atau data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Salah satu media transmisi nirkabel adalah Wireless Adapter.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Perannya

Jaringan Client-Server

Jaringan client server terdiri dari satu atau lebih komputer server dan client. Biasanyan sistem jaringan ini terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Komputer server bertugas menyediakan seumber daya data dan komputer client hanya dapat menerima dan menggunakan sumber daya tersebut.

Baca Juga :  Data Adalah

Jaringan Peer to Peer

Dalam jaringan Peer To Peer kedudukan antara komputer Client dan server memiliki kegunaan yang sama. Jadi dalam jaringan ini, komputer client dapat menjadi komputer server dan sebaliknya.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi Jaringan

Topologi adalah bentuk atau struktur jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan lainnya. Macam-macam topologi jaringan yaitu.

  • Topologi Bus, yaitu suatu metode atau cara untuk menghubungkan dua atau lebih komputer secara serial, dengan memakai.
  • Topologi Ring, yaitu topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
  • Topologi Tree, yaitu topologi kombinasi karakteristik antara topologi bintang dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau backbone.
  • Topologi Mesh, yaitu suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju.
  • Topologi Linier

Demikian pembahasan tentang jaringan komputer mulai dari pengertian jaringan komputer secara umum, pengertian jaringan komputer menurut para ahli, manfaat, tujuan dan jenis jaringan komputer. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.